3 Februari 2023

Citranews Indonesia

Berani , Kritis Dan Membangun

Disporapar Menggelar Pelatihan Entrepreneur Pemuda

2 min read

Kab. Cilacap | CitraNewsIndonesia.com – Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Cilacap menggelar pelatihan entrepreneur pemuda.

Acara dilaksanakan di Hotel Sindoro, Cilacap dan diikuti ratusan pemuda yang tergabung dalam Organisasi Kepemudaan (OKP) di wilayah Kabupaten Cilacap.

Paiman Kepala Disporapar Cilacap, menjelaskan pelatihan entrepreneur muda ini untuk menggali potensi anak-anak muda agar mengembangkan diri menjadi entrepreneur muda di Kabupaten Cilacap, Senin, (28/11/2022).

“Selain itu, Disporapar Cilacap berupaya memfasilitasi para generasi muda tersebut melalui pelatihan entrepreneur untuk mendorong mereka agar nantinya mempunyai kemampuan diri untuk bisa berwirausaha”, ungkapnya.

Lebih lanjut Paiman memaparkan hari ini diberikan pelatihan entrepreneur yang dimulai dengan teman-teman di struktur OKP yang ada di Kabupaten Cilacap.

Ia menyebut, tidak semua pemuda berkerja, banyak yang menganggur dan penyebabnya karena beberapa faktor, salah satunya mencari pekerjaan sulit atau mereka ingin berwirausaha namun tidak memiliki kemampuan.

“Untuk itu, kita coba untuk memfasilitasi para generasi muda melalui pelatihan ini agar mereka mempunyai kemampuan diri untuk bisa berwirausaha,” ucap Paiman.

BACA JUGA :   Pelayanan Kantor Desa Matagara Kab.Tangerang Di Duga Lumpuh

Dengan adanya pelatihan ini diharapkan jumlah pengangguran di Kabupaten Cilacap nantinya menjadi berkurang serta salah satu upaya dalam mengentaskan kemiskinan.

“Kita juga mensupport para generasi muda dan fokus bagaimana anak-anak muda di Kabupaten Cilacap ini berjiwa entrepreneur sehingga mereka dapat membangun kemandirian pada dirinya sendiri melalui wirausaha,” imbuhnya.

Melalui pelatihan ini, diharapkan nantinya memiliki pengetahuan dan untuk para pimpinan OKP yang mengikuti pelatihan agar dapat mensosialisasikan kepada para anggota.

“Karena salah satu diantara peserta disini adalah para pimpinan OKP yang mempunyai basis massa lumayan banyak, jadi diharapkan supaya mereka juga mensosialisasikan pentingnya membangun entrepreneur dan kita akan tekankan untuk melakukan kegiatan ini di masing-masing OKP,” jelasnya.

Paiman menyampaikan, di era perkembangan teknologi saat ini, IT sudah menjadi andalan dan para anak muda saat ini sudah familiar dengan keberadaan IT, hanya saja belum bisa memanfaatkan IT secara maksimal.

“Mereka belum bisa memanfaatkan IT secara maksimal, bagaimana IT itu menjadi alat untuk menyelesaikan persoalan ekonomi mereka dan ini bagian dari support kita terhadap anak-anak muda ini supaya jiwa wirausahanya muncul,” ujarnya.

BACA JUGA :   Dinas Kesehatan Bentuk Klaster Kesehatan Antisipasi Krisis Bencana

Dengan demikian, lanjut dia, mereka akan menggunakan apa saja, termasuk menggunakan IT untuk berwirausaha.

“Contohnya penjualan online dan lain-lain yang berpotensi menguasai itu adalah anak muda, sehingga siapa yang mengambil peran di era sekarang ini ya anak muda, makannya kita support mereka, paling tidak menguasai pada jamannya dan supaya mereka ada kesiapan,” bebernya.

Sedangkan, berkaitan dengan permodalan, pihaknya akan mengkomunikasikan dengan instansi terkait, yang terpenting, bagaimana membangun jiwa entrepreneur para anak muda.

Paiman menambahkan, apabila anak muda memiliki jiwa wirausaha, apapun bisa dilakukan dan apapun bisa menjadi berkeuntungan secara ekonomi.

“Tapi yang utama kita bangkitkan dulu jiwa anak muda ini yaitu jiwa berwirausaha, kalau jiwa berwirausaha ini sudah muncul, saya yakin mereka juga akan bangkit,” pungkasnya.

(Jos)

Facebook Comments
IKUTI CITRANEWS OK TERIMAKASIH