9 Desember 2022

Citranews Indonesia

Berani , Kritis Dan Membangun

Bupati Nias Barat Paparkan Dua Inovasi Unggulan Dalam Tahap Penilaian IGA 2022

2 min read

Nias Barat | Citranewsindonesia.com – Bupati Nias Barat paparkan dua Inovasi Unggulan kepada Tim Penilai Innovative Government Award 2022 (IGA 2022) secara virtual di ruang kerja Bupati Nias Barat – Rabu, (23/11/2022).

Kedua inovasi tersebut merupakan inovasi terpilih dari delapan inovasi yang dilaporkan oleh Kabupaten Nias Barat pada penilaian IGA 2022, yaitu Inovasi Non Digital Ambulance Gratis 24 Jam Soguna ba Zato dan Inovasi Digital Aplikasi E-Database Rumah Ibadah.

Di hadapan Tim Penilai Innovative Government Award (IGA) 2022 yang berasal dari Kemenpan RB, Kementerian Dalam Negeri, Universitas Indonesia dan Tim penilai lainnya, Bupati Nias Barat memaparkan latarbelakang dan kebaharuan dan manfaat dari kedua inovasi terpilih yang telah diimplementasikan di Kabupaten Nias Barat.

Inovasi Ambulance Gratis 24 Jam Soguna ba Zato untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat pada berbagai aspek. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh keprihatinan Pemerintah atas kesulitan masyarakat Nias Barat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik karena tidak tersedianya biaya dan akses transportasi yang mengantar dan menjemput pasien dari rumah ke fasilitas kesehatan yang dituju.

BACA JUGA :   Camat Ciputat Timur Memasuki Purna Tugas

Inovasi Ambulance Gratis 24 Jam Soguna ba Zato sangat bermanfaat bagi masyarakat Nias Barat dan berdampak pada peningkatan kualitas kesehatan masyarakat dibuktikan dengan penurunan angka kematian ibu dan anak.

Melalui Inovasi Ambulance Gratis 24 Jam Soguna ba Zato juga, Bupati Khenoki Waruwu telah mendapatkan penghargaan sebagai Kepala Daerah Inovatif Tahun 2022 dari MNC Portal Indonesia yang diserahkan oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi pada 22 September 2022 yang lalu.

Sementara itu, Inovasi Digital Aplikasi E-Database Rumah Ibadah diinisiasi oleh pemerintah Kabupaten Nias Barat untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat di tengah-tengah keberagaman agama dan keyakinan.

Melalui aplikasi tersebut akan terdata secara akurat jumlah rumah ibadah dan jemaatnya sehingga Pemerintah Daerah dapat menempatkan kegiatan-kegiatan yang menyentuh langsung masyarakat secara tepat sasaran dan bermanfaat termasuk pemberian bantuan pelayanan kepada hamba-hamba Tuhan yang melayani di Kabupaten Nias Barat.

BACA JUGA :   Ketua IPSI Tangsel Berharap IPSI Tangsel Dapat Meraih Prestasi Internasional 

Bupati Nias Barat dalam masa pemerintahannya terus mendorong perangkat daerah untuk berinovasi untuk memberi kemudahan dan percepatan dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat.

Untuk diketahui bahwa pada penilaian IGA 2022, Kabupaten Nias Barat merupakan satu-satunya Kabupaten dari 33 Kabupaten/Kota se Sumatera Utara yang masuk nominasi Kabupaten Inovatif Kategori Daerah Tertinggal.

Penilaian dan pemberian penghargaan bagi daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota di Indonesia Inovatif/Terinovatif oleh Kementerian Dalam Negeri dimaksudkan untuk mendorong kompetisi positif antar pemerintah Provinsi dan antar pemerintah Kabupaten/Kota dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat dan peningkatan pembangunan guna terwujudnya kesejahteraan rakyat.

(Alexander Zai)

Facebook Comments
Subscribe for notification