H. Abdul Rojak :  Silaturrahmi Adalah Tradisi Budaya Yang Baik, Bukan Ritual Keagamaan

H. Abdul Rojak :  Silaturrahmi Adalah Tradisi Budaya Yang Baik, Bukan Ritual Keagamaan

Tangsel,Citranewsindonesia- Bertempat di aula kantor Kementrian Agama (Kemenag) kota Tangerang Selatan, Kepala kantor Kemenag Tangerang Selatan H. Abdul Rojak, MA bersama seluruh jajaran dan staf, menggelar acara silaturrahmi dan Halal Bi Halal dengan tema “Merajut kebersamaan dan harmonisasi dilingkungan keluarga besar kementerian agama kota Tangerang Selatan” pada Senin (25/06/2018).

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, KH. Saidih ketua MUI Tangsel, H. Rahmat Salam selaku Asisten daerah (Asda) 1Pemkot Tangerang Selatan, anggota DPRD Tangsel Abdul Rosyid dari fraksi Partai Golkar, para Kepala KUA Tangsel, perwakilan ormas Muhammadiyah dan NU Tangsel serta anggota Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) kota Tangerang Selatan.

Menurut H. Abdul Rojak, MA, kegiatan silaturrahmi yang diselenggarakan oleh kantor Kementerian Agama Tangerang Selatan tersebut adalah, murni acara Halal Bi Halal yang merupakan budaya dan tradisi dari masyarakat Indonesia dan bukan sebuah kegiatan ritual keagamaan.

“Makanya saya mengundang berbagai kalangan diluar agama Islam untuk menghadiri acara silaturrahmi dan Halal Bi Halal pada hari ini. Halal Bi Halal dan silaturrahmi ini bertujuan untuk membangun harmonisasi antar seluruh komponen masyarakat di kota Tangerang Selatan agar melahirkan kerjasama yang harmonis dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat Tangerang Selatan,” terang H. Abdul Rojak.

BACA JUGA :   Pemkab Tangerang Siap Bangun Rumah Mang Akol Warga Jayanti

Sementara itu, H. Rahmat Salam selaku Asisten daerah 1 Pemerintah kota Tangerang Selatan saat dikonfirmasi dilokasi yang sama mengatakan bahwa, menjalin talisilaturrahmi itu adalah sangat penting, dan hal itu diajarkan dalam kitab suci Al Qur’an dan sunah Rasul Muhammad SAW.

Kaitannya dengan ASN Pemkot Tangsel adalah bahwa, dengan silaturrahmi maka akan lebih mempererat keakraban diantara pegawai diberbagai dinas-dinas yabg ada. Sehingga dengan makin terjalinnya keakraban tersebut, sinergitas antara berbagai satuan dinas, akan makin menambah semangat kerja dan tentunya yang paling penting hasil kerja akan makin menjadi lebih baik. Sebagai mana telah dicontohkan oleh Walikota Tangerang Selatan ibu Airin, beliau tiap tahun dalam momen Idul Fitri selalu mengadakan Open House dikediaman pribadinya dikawasan Alam Sutera dan juga dalam apel bersama dilapangan Cilenggang, Serpong, Tangerang Selatan,” tandasnya.

BACA JUGA :   BUDPAR TANGSEL TINDAKLANJUTI WORKSHOP SILAT SENI TRADISI " NGANJUR "

Hal yang sama juga diutarakan oleh anggota DPRD Tangsel dari fraksi Partai Golkar Abdul Rosyid. Menurut Rosyid, dirinya sangat mengapresiasi kegiatan Halal Bi Halal dan silaturrahmi, karena Halal Bi Halal itu adalah suatu tradisi yang baik untuk membangun sebuah kebersamaan yang erat, komoak dan solid antar perorangan maupun antar lembaga dan instansi.

Secara substansi silaturrahmi itu adalah membangun sebuah kebersamaan, kalau di instansi perhatian antara pegawai dan kalau dikeluarga itu perhatian diantara keluarga besar. Jadi pihak DPRD Tangsel sangat mengapresiasi kegiatan silaturrahmi dan mendukung untuk dipertahankan tradisi yang sangat baik ini. Begitu juga kaitannya antara hubungan eksekutif dan legislatif, perlunya dibina kerjasama yang baik dan sehat check and balance antar keduanya, agar dapat melahirkan sebuah keputusan dan kebijakkan pembangunan yang bermanfaat bagi masyarakat banyak,” pungkasnya.

(BTL)

Facebook Comments
NEWS TANGERANG SELATAN