Bencana Banjir Dan Tanah Longsor Di Nias Barat, Ditetapkan Sebagai Bencana Daerah

Bencana Banjir Dan Tanah Longsor Di Nias Barat, Ditetapkan Sebagai Bencana Daerah

Nias Barat | Citranewsindonesia.com – Bencana banjir dan tanah longsor yang yang terjadi di Kabupaten Nias Barat akibat hujan yang terjadi dengan intensitas tinggi selama beberapa hari, mengakibatkan banjir dan tanah longsor di beberapa desa di 4 Kecamatan di Kabupaten Nias Barat, ditetapkan sebagai bencana daerah oleh Pemerintah Kabupaten Nias Barat.

Penetapan status dan keadaan darurat bencana banjir dan tanah longsor di Kabupaten Nias Barat tersebut, diputuskan oleh Bupati Nias Barat melalui Surat Keputusan Bupati Nias Barat Nomor 360-560 Tahun 2022, setelah mendapat laporan dari Tim Penanggulan Bencana Daerah Kabupaten Nias Barat pada rapat koordinasi penanggulangan bencana daerah yang dihadiri lintas OPD dan stakeholders lainnya di Ruang Kerja Bupati Nias Barat – Senin, (14/11/2022).

BACA JUGA :   RAM International Magic Festival 2016

Berdasarkan hasil kaji cepat lapangan oleh Tim, bencana banjir dan tanah longsor menunjukkan keadaan yang mengancam/mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat di wilayah Kabupaten Nias Barat, sehingga perlu dilakukan penetapan status keadaan darurat bencana.

Pada Surat Keputusan yang ditandatangani oleh Bupati Nias Barat dimaksud, ditetapkan status keadaan darurat bencana di Kabupaten Nias Barat berlaku selama 14 (empat belas) hari terhitung mulai tanggal 14 sampai 28 November 2022.

Selama masa keadaan darurat bencana dimaksud, Bupati Nias Barat telah memerintahkan perangkat daerah terkait untuk melakukan langkah-langkah penanganan tanggap darurat bencana banjir dan tanah lonsor secara cepat, tepat, terpadu dan koordinatif, sesuai standar dan prosedur penanggulangan bencana pada masa keadaan darurat.

BACA JUGA :   Polisi Jadi Pahlawan di Dongeng Buatan Anak, Kapolri: Tanamkan dan Jadikan Semangat Jadi Lebih Baik

Sebagaimana diketahui bahwa, sejak beberapa hari belakangan ini, wilayah Nias Barat diguyur hujan dengan intensitas yang cukup tinggi, sehingga mengakibatkan banjir dan tanah longsor di beberapa lokasi akibat meluapnya sungai Moro’o, Sungai Lahomi dan beberapa sungai-sungai kecil lainnya.

(Alexander Zai)

Facebook Comments
NEWS NIAS BARAT