28 November 2022

Citranews Indonesia

Berani , Kritis Dan Membangun

Pj Gubernur Banten Al Muktabar Tekankan Pentingnya Integritas Bagi Seorang ASN

2 min read

BANTEN | Citranewsindonesia.com – Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar menekankan pentingnya integritas bagi seorang Aparatur Sipil Negara (ASN). Sebab, dengan integritas, seorang ASN akan mempunyai kesempatan panjang dalam meniti jenjang karirnya sebagai abdi negara.

“Kepada seluruh ASN di Provinsi Banten, pegang teguh sistem-sistem nilai yang berlaku. Terutama nilai-nilai kebangsaan, profesionalisme dan hal-hal lain terkait dengan integritas diri itu,” pesan Al Muktabar usai membuka Pelatihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Angkatan LXXVIII, LXXIX dan LXXX di Lingkungan Provinsi Banten Tahun 2022 di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Banten, Jl. AMD Lintas Timur, Karangtanjung, Kabupaten Pandeglang, Selasa (8/11/2022).

Al Muktabar mengingatkan, peran ASN itu sangat penting karena ia merupakan bagian dari perekat dalam menjaga keutuhan NKRI. Dengan berbagai kurikulum yang diberlakukan dalam Latsar ini diharapkan nanti para peserta akan mempunyai kompetensi teknis, manajerial, dan kompetensi-kompetensi lain yang dibutuhkan sebagai seorang ASN.

“Ini yang harus benar-benar dipahami oleh para peserta,” ucapnya.

Terkait dengan kesempatan jenjang karir itu, lanjut Al Muktabar, erat hubungannya dengan pengembangan diri yang harus terus dilakukan. Ada dua peta jalan yang bisa ditempuh oleh seorang ASN dalam menjalankan jenjang karirnya, pertama bisa melalui jabatan fungsional dan kedua melalui jabatan struktural.

BACA JUGA :   Direskrimsus Polda Banten Sidak Pasar Rau Serang, Pastikan Sembako Tersedia Ditengah Wabah Covid-19

“Kedua peta jalan itu muaranya nanti akan satu. Maka dari itu, diharapkan sejak awal mereka sudah memahami peta jalan itu. Saya yakin suatu saat mereka akan mampu mengemban estafet kepemimpinan yang lebih baik lagi. Dan yang terpenting, jangan nodai dengan hal-hal yang dapat merusak integritas diri itu, karena ia akan menjadi penghambat dalam meniti jenjang karir,” pesannya.

Di tempat yang sama Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Banten Untung Saritomo menambahkan, ratusan peserta yang mengikuti Latsar CPNS ini merupakan peserta pilihan dari seleksi CPNS yang dilakukan sebelumnya. Karena pilihan, kompetensi yang dimiliki oleh seluruh peserta Latsar sangat luar biasa.

“Mereka adalah peserta pilihan yang diseleksi berdasarkan kompetensi yang dimiliki. Murni Itu terlihat dari penilaian yang dilakukan, tidak ada faktor lain,” ucapnya.

Karena kompetensi dasar sudah dimiliki, selanjutnya pemerintah tinggal mengasah terkait dengan kedisiplinan, etika serta rasa cinta akan tanah air. “Dengan telah dipupuknya ketiga materi itu kepada mereka, saya yakin lima tahun nanti kualitas ASN kita akan sangat baik dan berkualialitas yang memiliki integritas,” jelasnya.

BACA JUGA :   Polda Banten Edukasi Pencegahan Virus Covid 19 Di Tempat Ibadah Dan Mall Ramayana

Pelatihan Latsar CPNS ini, kata Untung, berasal dari Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang terdiri dari tiga Angkatan. Angkatan 78 dari Tangsel untuk kategori pengelola keuangan 22 orang, verifikator anggaran 2 orang, verifikator pajak 5 orang, pengelola anggaran 3 orang, tenaga teknis lainnya 7 orang.

Untuk angkatan 79 dengan rincian pranata laboratorium kesehatan 4 orang, pengelola keuangan 3 orang, perawat dan bidan 12 orang, perekam medis 3 orang, asisten apoteker 3 orang, tenaga medis lainnya 15 orang.

“Dan untuk angkatan 80 berasal dari Kabupaten Tangerang terdiri dari pranata laporan keuangan 3 orang, perawat dan bidan 12 orang, asisten apoteker 5 orang, pranata laboratorium kesehatan 5 orang, tenaga teknis lainnya 15 orang,” tutupnya.

 

Facebook Comments
Subscribe for notification