28 November 2022

Citranews Indonesia

Berani , Kritis Dan Membangun

Lestarikan Nilai Budaya, DISPARBUDPORA Nias Barat Susun Study Kelayakan Pembangunan Museum

2 min read

Nias Barat | Citranewsindonesia.com – Pemaparan Laporan Akhir Study Kelayakan Lokasi Pembangunan Museum oleh CV. Citra Pramatra dihadiri oleh Plt. Kadis Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (DISPARBUDPORA) April Inelda Juita Hia, S.Pd., M.Si – Lahomi, (4/11/2022).

Dalam rangka pelestarian nilai-nilai budaya daerah Kabupaten Nias Barat yang memiliki nilai historis tinggi, Pemerintah Kabupaten Nias Barat melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga melaksanakan perencanan pembangunan Museum Nias Barat yang didahului dengan Kegiatan Studi Kelayakan Lokasi Pembangunan Museum.

Plt. Kadis Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Nias Barat, April Imelda Juita Hia, S.Pd., M.Si., menjelaskan bahwa penyusunan study kelayakan pembangunan museum di Kabupaten Nias Barat bertujuan untuk menghasilkan dokumen perencanaan Pembangunan Museum yang sesuai dengan kebutuhan, situasi, kondisi dan peraturan perundangan yang berlaku.

BACA JUGA :   Kampung Hompimpa Melestarikan Permainan Tradisional Indonesia

Lebih lanjut, Plt. Kadis Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga beeharap dengan adanya dokumen study kelayakan dapat dimanfaatkan sebagai salah satu dasar dalam perencanaan Pembuatan Masterplan pembangunan Museum di Kabupaten Nias Barat yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat di masa yang akan datang.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemajuan Kebudayaan, Serius Gulo, S.Pd menginformasikan bahwa rencana lokasi museum berada di Desa Togideu Kecamatan Sirombu Kabupaten Nias Barat.

Dengan terbangunnya Museum Kabupaten Nias Barat, dapat digunakan sebagai tempat untuk menyimpan benda-benda budaya dan warisan leluhur yang memiliki nilai sejarah, untuk dapat diketahui dan dikenali generasi muda Nias Barat maupun msyarakat di luar Kabupaten Nias Barat.

BACA JUGA :   Kepenghuluan Pondok Kresek Lakukan Gotong Royong Persiapan HUT RI Ke 74

Selain itu, dengan terbangunnya museum di Kabupaten Nias Barat akan menarik kunjungan wisatawan dan menjadi sarana edukasi bagi masyarakat yang ingin mengetahui lebih jauh tentang peninggalan sejarah masa lalu masyarakat Nias secara umum dan lebih khusus Nias Barat.

Pelaksanaan Studi Kelayakan Lokasi Museum ini dikerjakan oleh CV. Citra Pramatra. Tahapannya telah dimulai sejak tanggal 21 September 2022. Diawali dengan pemaparan Laporan Awal, Laporan Antara dan terakhir penyampaian Laporan Akhir yang dilaksanakan pada hari Selasa, (1/11/2022) di Ruang Rapat Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga.

(Alexander Zai)

Facebook Comments
Subscribe for notification