29 November 2022

Citranews Indonesia

Berani , Kritis Dan Membangun

Jari 98 Bakal Gelar Konser Suara Rakyat, Pengamat : Getaran Sosial Dari Kaum Marjinal

2 min read

TANGERANG | Citranewsindonesia.com – Bakal digelarnya konser suara rakyat oleh aktivis yang tergabung dalam JARI ’98 di Indonesia Convention Exibition (ICE) Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Banten pada 14 November 2022 mendatang dinilai sangat penting dan efektif untuk menyuarakan serta mengingatkan kekuasaan.

“Gelaran JARI ’98 ini pesannya bisa mendobrak sekat-sekat secara politik dan sosial. Kenapa? Ini getaran rakyat sarana paling efektif sebagai kontrol sosial mengingatkan para aktor politik dan pemangku kekuasaan bahwa pemilu selalu dekat-dekat rakyat, giliran berkuasa ditinggalin tanpa kebijakan politik negara yang memihak mereka,” kata Adib Miftahul, pengamat politik dan kebijakan publik, Selasa 01 November 2022.

Pria yang juga sebagai Dosen Fisip Unis ini menambahkan, pesan berikutnya yang diingatkan oleh para aktivis itu adalah kaum marjinal seperti anak jalanan hanya menjadi komoditas pemilu saja, padahal masih banyak pekerjaan rumah negara yang belum selesai.

” Nah JARI ’98 ini bisa mempunyai “bargaining position” politik yang kuat pada gelaran pemilu mendatang. Bisa menginisiasi rakyat untuk memberikan punishment bagi aktor politik nanti, yang tak konsen dan peduli dengan nasib rakyat jelata jangan dipilih,” tegas Adib.

BACA JUGA :   BPBD Tangsel Menggelar Evaluasi Renja Tahun 2017.

Di kesempatan terpisah, Ketua Presidium JARI ‘98 Willy Prakarsa mengatakan melalui konser suara rakyat ini adalah refleksi sejarah baru rakyat menggugat para pemangku kepentingan. Indonesia sebagai bangsa besar melimpah ruah kekayaan alamnya. Tapi sistem tata kelola hasil bumi dan kekayaan yang ada hanya dinikmati oleh segelintir manusia bukan dinikmati oleh seluruh warga bangsa.

“Inilah kemudian konser suara rakyat yang akan diisi oleh musisi jalanan dengan semboyan ‘Dari kita oleh kita untuk kita’ bisa senapas dengan amanah sumpah pemuda, menjaga merawat persatuan dalam kebhinekaan untuk NKRI Maju,” ujar Willy.

Willy menambahkan melalui pagelaran musik suara rakyat ini ia mengingatkan akan pentingnya suara rakyat untuk didengar bukan suara yang lain. Karena partai hanyalah sebatas kendaraan sebagai wadah jalan demokrasi yang diamanahkan menyuarakan hajat hidup orang banyak.

BACA JUGA :   2024 Tol Serbaraja Siap Beroperasi

“Kepentingan rakyat adalah diatas segalanya. Keterpurukan bangsa besar ini adalah tanggung jawab kita semua terutama partai sebagai lokomotif atas hadirnya pemerintahan melalui pemilu. Kejenuhan serta keterpurukan bangsa tentu penting di evaluasi atas kepemimpinan partai selama ini dalam sistem berdemokrasi. Kenapa bangsa besar, kaya raya belum mampu mewujudkan keadilan kemakmuran bagi seluruh warga bangsa,” tutupnya.

Diketahui, JARI ’98 akan menggelar manifesto Suara Rakyat di ICE BSD City 14 Nov 22 jam 19.00 WIB menampilkan musisi jalanan. Sekaligus juga launching album karya musisi aktivis sejati pejuang kemanusiaan Ketua Presidium JARI ‘98 Willy Prakarsa.

Facebook Comments
Subscribe for notification