29 November 2022

Citranews Indonesia

Berani , Kritis Dan Membangun

Kegiatan Pemberdaan Pelatihan Urban Farming Di Kelurahan Serua

2 min read

Tangerang selatan | Citranewsindonesia.com – Rabu 19 oktober 2022 08.00 WIB Kelurahan serua mengadakan kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam program urban farming, tepatnya berada di daerah Maruga, serua, ciputat kota tangerang selatan.

Acara tersebut di hadirkan langsung oleh Lurah serua pak Fahmi Fahrudin S. STP, kasi ekbang ibu lilis, pak atib, ketua RT, ketua RW, karangtaruna, petani dan ibu rumah tangga.

Pelatihan yang dilaksanakan oleh Kelurahan serua ini diikuti sebanyak 20 orang dari anggota Kelompok Wanita Tani ( KWT ) yang ada di Kelurahan serua, Kegiatan ini berupa penyuluhan, pelatihan, dan pemberian bantuan sarana dan prasarana berupa bibit sayuran beserta kelengkapan pendukung pertanian yang lain seperti media tanam Vertical Farming (Vericulture) , Hidroponik (Hydroponics) , Akuaponik (Aquaponics) dan Tabulampot.

BACA JUGA :   Disidak Dewan Tangsel, Perbaikan Gedung SDN 03 Rawa Buntu Harus Diprioritaskan

Selain itu, juga diberikan pendampingan penerapan urban farming untuk mendukung kemandirian pangan bagi warga di Kelurahan Serua. Permasalahan berupa keterbatasan lahan tidak menjadi alasan bagi ibu-ibu untuk melakukan praktek pertanian di lingkungannya, dengan pelatihan urban farming ini diharapkan warga termotivasi untuk mengusahakan aneka tanaman pangan di lingkungan sekitarnya sehingga meningkatkan kemandirian pangan. dan diharapkan pula  setelah mengikuti programi pelatihan tersebut para peserta ini bisa menjadi wirausaha baru yang memiliki penghasilan tambahan ataupun pemenuhan kebutuhan gizi bagi keluarga maupun masyarakat di wilayah Kelurahan Serua.

BACA JUGA :   Wabup Buka Bursa Pertukaran Desa Cluster B Kab Tangerang

Pelatihan urban farming yang diberikan tergolong sederhana karena menggunakan Vertical Farming (Vericulture) , Hidroponik (Hydroponics) , Akuaponik (Aquaponics) dan Tabulampot sebagai media tanamnya, sehingga tidak memerlukan banyak tempat untuk budidaya dan lingkungan rumah warga dapat terlihat lebih hijau dan asri. Ucap Edin Munji (ketua LPMK kelurahan serua).

(Riske)

Facebook Comments
Subscribe for notification