29 November 2022

Citranews Indonesia

Berani , Kritis Dan Membangun

Wakil Bupati Dr. Era Era Hia Himbau Masyarakat Nias Barat Gunakan Produk Lokal.

2 min read

Nias Barat | Citranewsindonesia.com – Wakil Bupati Nias Barat Dr. Era Era Hia, MM ,M.Si himbau masyarakat khususnya warga Kabupatèn Nias Barat, untuk bangga menggunakan produk lokal dalam negeri. Hal itu, sebagai implementasi dari rasa cinta terhadap tanah air. Dengan menggunakan produk buatan dalam negeri, kita ikut berkontribusi membantu perekonomian negara dan membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat, tutur Dr. Era Era Hia.

Sebagaimana diketahui bahwa hmbauan tersebut sejalan dengan arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di hadapan para menteri, kepala daerah , Dirut BUMN, Pangdam, dan Kapolda se-Indonesia di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Kamis (29/9/2022) lalu, dimana saat itu Presiden RI kembali mengingatkan kepada seluruh pejabat untuk melakukan langkah- langkah konkrit bukan hanya makro, tapi sampai ke mikro demi menyelamatkan perekonomian masyarakat, karena apabila tidak segera ditangani berdampak buruk pada berbagai aspek, diantaranya meningkatnya kemiskinan, pengangguran, kriminalitas, dan lainnya.

BACA JUGA :   12 Ribu Peserta Meriahkan Pawai MTQ ke-IX dan Pelajar ke V

Lebihlanjut dikatakan Dr Era Era Hia bahwa mengingat implikasinya sudah mulai terasa, maka demi menghindari hal tersebut, saya (Wabup-red) berharap kepada Kepala OPD lingkup Pemkab Nias Barat agar gencar melakukan monitoring harga kebutuhan pokok masyarakat di pasar. Apabila ada kenaikan harga, kita lakukan operasi pasar atau mendatangkan produk kebutuhan pokok dari luar daerah dengan memanfaatkan subsidi pemerintah agar pasokan tetap terjaga,” ujarnya.

Lanjutnya, pada arahan Presiden juga, ia menjelaskan bahwa agar dapat menekan inflasi di masyarakat dapat menggunakan Dana Alokasi Umum (DAU) dan Belanja Tak Terduga (BTT), dimana dana tersebut digunakan untuk meningkatkan produksi barang kebutuhan pokok , serta membantu dari sisi tansportasinya sehingga menekan angka kenaikan harga di pasar.

BACA JUGA :   Camat Ternate Utara, Marus Ishak SH Dan Jajarannya Melakukan Study Banding Ke Kecamatan Ciracas

“Untuk menjaga kestabilan perekonomi kita, diharapkan kepada kita semua meningkatkan terus belanja produk dalam negeri serta meminimalisir kehadiran produk luar negeri dalam pembelanjaan barang dan jasa untuk kebutuhan pemerintah.

Khususnya kita para pejabat terus mengajak masyarakat agar tetap berwisata di dalam negeri, sehingga tidak mengurangi devisa negara.”Terus tingkatkan belanja produk dalam negeri dan meminimalisir sekecil mungkin produk impor dalam belanja barang dan jasa.Termasuk juga mengajak masyarakat untuk bewisata di dalam negeri saja dibandingkan berwisata ke luar negeri, karena bisa membuat boros devisa negara khususnya di daerah-daerah,” jelasnya mengakhiri.

(Alexander Zai)

Facebook Comments
Subscribe for notification