29 November 2022

Citranews Indonesia

Berani , Kritis Dan Membangun

Bupati Zaki Harap Festival UMKM Bisa Diselenggarakan Reguler

2 min read

Tangerang | citranewsindonesia.com – Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar berharap kegiatan Festival UMKM Sinar Mas Land (SML) bisa berjalan terus dan berkesinambungan, reguler bukan hanya sebagai event seremonial saja.

Hal tersebut diungkapkan oleh Bupati Tangerang ketika menghadiri acara festival UMKM Sinar Mas Land Tahun 2022 yang digelar di The Breeze BSD City Kecamatan Cisauk Kabupaten Tangerang. Jumat (30/9/22).

“Saya berharap nanti acara ini bisa kita lakukan secara berkala dan secara reguler dan tentu saja tidak semata-mata hanya untuk sekedar kegiatan sekali saja dan hanya show case saja maupun kegiatan seremonial belakang tapi benar-benar bisa membantu membimbing para UMKM kita menuju UMKM yang kreatif inovatif dan juga produktif,” harap Bupati Zaki.

Dalam sambutannya, Bupati Zaki sangat menyambut baik dan mengapresiasi kepada seluruh pihak, khususnya Sinar Mas Land yang telah menyelenggarkan kegiatan Festival UMKM dalam rangka meningkatkan daya saing baik pelaku usaha maupun produk-produknya di pasar global.

“Semoga ini bisa menjadi awalan yang baik untuk menarik minat konsumen dan masyarakat secara luas dan bersama-sama meningkatkan daya tarik dan juga daya saing produk-produk lokal kita agar bisa bersaing dalam pasar konvensional secara luas dengan kualitas yang baik,” katanya.

BACA JUGA :   CITATA BERSAMA DKB GELAR GERAKAN SENI TRADISIONAL

Menurut Bupati, kegiatan Festival UMKM tersebut juga merupakan bagian dari ikhtiar bersama dalam rangka mewujudkan kolaborasi UMKM menuju Indonesia yang pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat.

Sementara itu Teten Masduki selaku Menteri Koperasi dan UKM dalam video sambutannnya mengatakan, melalui festival UMKM SML Center diharapkan mampu memberdayakan pelaku ekonomi baik UMKM secara umum maupun disabilitas untuk bisa tumbuh dan bangkit kembali setelah masa pandemi.

“Saya berharap melalui kegiatan festival dan kolaborasi UMK menuju Indonesia pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat ini mampu mengangkat para pelaku UMKM mengambil peran dalam pemulihan ekonomi nasional,” ungkap Teten.

Teten juga menjelaskan beberapa poin agar UMKM tangguh di tengah pandemi diantaranya adalah memiliki kemampuan digital, memiliki sumber daya manusia yang baik dan kreativitas yang tinggi. Dia melanjutkan saat ini sudah ada 19,95 juta warga yang terdata melalui pengembangan kewirausaha nasional. Kementerian Koperasi dan UKM menargetkan 1 juta wirausaha bisa menginisiasi hingga intervensitif untuk mengakselerasi transformasi digital.

BACA JUGA :   LANTAMAL IX DUKUNG PENINGKATAN PENDIDIKAN KESEHATAN DI MALUKU

Dony Martadisata selaku Managing Director President Office Sinar Mas Land mengungkapkan kegiatan Festival UMKM Sinar Mas Land Tahun 2022 tersebut juga merupakan peringatan Hari UMKM Nasional dan Hari Koperasi yang jatuh setiap tanggal 12 Agustus dengan mengangkat tema kolaborasi UMKM menuju Indonesia pulih lebih cepat bangkit lebih kuat.

Dia menambahkan kegiatan tersebut juga merupakan suatu bentuk komitmen perusahaan untuk ikut berpartisipasi aktif dalam melakukan pemberdayaan ekonomi, baik dengan melakukan pendampingan bagi para pelaku UMKM umum maupun UMKM disabilitas.

“Hari ini kita bisa menikmati rangkaian acara festival UMKM yang menghadirkan 26 UMKM binaan dan 50 peserta UMKM disabilitas,” jelas Dony.

(Setda Kab. Tangerang)

Facebook Comments
Subscribe for notification