2 Desember 2022

Citranews Indonesia

Berani , Kritis Dan Membangun

Pemerintah Kabupaten (PEMKAB) Nias Barat launching 16 Desa Wisata Di Kabupaten Nias Barat

3 min read

Nias Barat | Citranewaindonesia.com – Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu & Wakil Bupati Nias Barat Dr. Era Era Hia, MM.,M.Si didampingi Sekda Prof. Fakhili Gulo, M.Si serta sejumlah Pimpinan OPD lingkup Pemkab Nias Barat Gelar acara launching 16 Desa Wisata di Kabupaten Nias Barat yang dipusatkan di Puncak Harnomi Somomo Desa Lologolu Kecamatan Mandrehe, Jumat, (12/08/2022).

Pelaksanaan kegiatan launching 16 Desa Wisata di Kabupaten Nias Barat merupakan tindak lanjut Keputusan Bupati Nias Barat 556 – 163 Tahun 2022 tentang Perubahan Kedua atas Keputusan Bupati Nias Barat Nomor 556 – 784 Tahun 2020 Penetapan Kawasan Desa Wisata Kabupaten Nias Barat.

Sebagaimana diketahui bahwa sebelumnya, telah ditetapkan dan dilaunching 8 Desa Wisata dan melalui perubahan Keputusan Bupati tersebut Desa Wisata di Kabupaten Nias Barat bertambah 8 Desa sehingga secara keseluruhan berjumlah 16 Desa.

Bupati Nias Barat, dalam arahannya menyampaikan bahwa penetapan dan pengembangan Desa Wisata merupakan salah satu strategi yang dilakukan oleh pemerintah dalam pengembangan potensi, kapasitas dan partisipasi masyarakat dalam pengembangan Kepariwisataan.

Lebih lanjut Bupati sampaikan bahwa 16 Desa Wisata yang baru dilaunching termasuk klasifikasi Desa Wisata Rintisan, sehingga diharapkan kepada Desa agar terus melakukan pembenahan desanya masing-masing.

“16 Desa Wisata yang baru dilaunching termasuk kategori Desa Wisata Rintisan. Diharapkan kepada masing-masing Desa agar terus melakukan pembenahan dengan melihat potensi daya tarik wisata desa serta melibatkan semua elemen masyarakat, baik tokoh masyarakat, pengurus BUMDes, Pokdarwis dan perangkat desa itu sendiri agar bisa meningkat menjadi desa wisata berkembang, maju bahkan mandiri”, ujar Bupati Nias Barat.

BACA JUGA :   Bupati Sergai Hadiri Peresmian Kantor PT Bina Pertiwi Perwakilan Tebing Tinggi

Tentunya, untuk mewujudkan hal tersebut, menurut Bupati Nias Barat, tidak lepas dari pendampingan perangkat daerah terkait, antara lain Dinas PMD, Disnaker-KUM, DPM-PTSP, DKPP, Camat wilayah Desa Wisata dan Disparbudpora sebagai perangkat daerah penanggungjawab.

Pada kesempatan itu, Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu mengungkapkan kekagumannya atas keindahan panorama bukit harmoni gunung Somomo yang merupakan gunung tertinggi di Kabupaten Nias Barat. Di puncak bukit harmoni tersebut, terlihat semua wilayah Kabupaten Nias Barat bahkan hampir semua daratan pulau Nias.

Menyaksikan potensi dan keindahan panorama bukit harmoni puncak somomo tersebut, Bupati menyatakan bahwa pembangunan dan pengembangan Desa Wisata Bukit Harmoni Somomo Desa Lologolu dilakukan secara kolaboratif antara pemerintah desa dan pemerintah daerah Kabupaten Nias Barat.

Dalam laporan Plt. Kadis Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga April Imelda Juita Hia, S.Pd., M.Si melaporkan bahwa launching Desa Wisata tersebut dimaksudkan sebagai publikasi resmi keenam belas desa wisata Kabupaten Nias Barat Tahun 2022 yang telah ditetapkan melalui Keputusan Bupati Nias Barat.

Plt. Kadis Parbudpora menjelaskan bahwa launching desa wisata tersebut seyogianya dilaksanakan pada masing-masing desa yang telag ditetapkan sebagai desa wisata, tetapi mengingat berbagai keterbatasan waktu dan pembiayaan maka disepakati dan diputuskan pelaksanaannya dipusatkan di Puncak Harmoni Somomo Desa Lologolu, Kecamatan Mandrehe

BACA JUGA :   Masyarakat Bakung Udik Menggala Minta Dukungan Sekjen SMSI Lapor ke KSP-RI

Ia menjelaskan bahwa kegiatan pengembangan Desa Wisata merupakan kegiatan yang berkesinambungan, diawali dengan survei pendataan potensi daya tarik wisata desa yang kemudian ditetapkan sebagai Desa Wisata melalui Keputusan Bupati Nias Barat.

Kegiatan ini akan dilanjutkan dengan kegiatan Pelatihan Manajerial Desa Wisata dan merupakan rangkaian dari Pemilihan Desa Wisata Terbaik Kabupaten Nias Barat Tahun 2022. Dimana 3 Desa Wisata Terbaik Tahun 2022 akan didorong dan didukung untuk ikut serta pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2023 yang dilaksanakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Ia mengaku bahwa kegiatan launching desa wisata tidak memiliki anggaran. Namun semangat bangkit desa wisata menjadi motivasi utama sehingga pelaksanaan kegiatan tersebut dapat terlaksana dengan baik.

Pelaksanaan launching 16 Desa Wisata di Kabupaten Nias Barat ditandai dengan pemukulan gong sebanyak 16 kali oleh Bupati, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah, Staf Ahli Bupati, Asisten, mewakili Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Utara, Kadis Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Nias Barat dan Kepala Perangkat Daerah yang hadir pada kegiatan tersebut serta mewakili Kepala Desa.

Turut hadir mewakili Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Utara Intan Siahaan dan pada kesempatan itu beliau membacakan sambutan dari Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Utara.

Facebook Comments
Subscribe for notification