2 Desember 2022

Citranews Indonesia

Berani , Kritis Dan Membangun

Pemerintah Kabupaten Nias Barat Gelar Acara Ramah-Tamah Dengan Masyarakat Nias Barat Se JABODETABEK-Bandung

3 min read

NIAS BARAT | Citranewsindonesia.com – Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu dan Wakil Bupati Nias Barat Dr. Era Era Hia, MM.,M.Si melaksanakan ramah tamah dengan tokoh dan masyarakat Nias Barat se-Jabodetabek dan Bandung bertempat di Gedung Juang 45 Jakarta, Jl. Menteng Raya No. 31 Jakarta Pusat, Sabtu, 30/7/2022.

Mengawali paparannya, Bupati Khenoki Waruwu, mengungkapkan bahwa pertemuan dengan tokoh dan masyarakat Nias Barat se Jabodetabek dan Bandung, sudah lama direncanakan, namun baru terlaksana pada saat ini.

“Pertemuan dengan masyarakat asal Nias Barat yang berdomisili di Jabodetabek dan Bandung, baru terlaksana karena sebelumnya terkendala akibat adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), sebagai upaya untuk mencegah penularan Covid-19”, ujar Bupati Khenoki Waruwu mengawali paparannya.

Di hadapan seluruh masyarakat Nias Barat yang hadir pada pertemuan tersebut, Bupati Khenoki Waruwu memaparkan gambaran umum capaian pembangunan setelah Ia dan Wakil Bupati Nias Barat Dr. Era Era Hia, M.M.,M.Si memimpin Nias Barat.

Sejak dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati oleh Gubernur Sumatera Utara, beberapa program dan kebijakan telah dilakukan untuk mewujudkan Visi, Misi dan Program pembangunan untuk mewujudkan Nias Barat yang Bersih, Unggul dan Maju

Melalui program 100 hari kerja, Bupati dan Wakil Bupati Nias Barat melaunching Ambulance Gratis Soguna ba Zato yang melayani masyarakat 24 jam. Kemudian, melaksanakan program bedah rumah bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah.

Kemudian, lanjut Bupati Nias Barat, dalam penataan birokrasi dan peningkatan kedisiplinan pegawai, Ia dan Wakil Bupati secara berkala melakukan monitoring dan evaluasi kedisiplinan pegawai. Selain itu, pengangkatan pegawai dalam jabatan struktural Eselon II, III dan IV serta jabatan fungsional, dilakukan secara transparan sesuai prosedur dan kompetensi pegawai yang bersangkutan tanpa pungutan.

BACA JUGA :   Warga Pasir Barat Senang Dapat Bantuan Air Bersih

Sesuai janjinya juga pada saat mencalonkan diri menjadi kepala daerah di Nias Barat untuk menyediakan dan memperluas jangkauan jaringan telekomunikasi, telah dilakukan pembangunan 3 tower telekomunikasi yaitu di Desa Hilidaura, Iraonogeba dan Wango bekerjasama dengan PT. Tower Bersama, dan tahun 2022 akan dibangun 10 tower telokomunikasi oleh Bakti Kominfo.

Sebagai wujud kepedulian dan keberpihakannya kepada masyarakat Nias Barat yang mengalami duka, pada awal tahun 2022, pemerintah Kabupaten Nias Barat meluncurkan pemberian santunan kepada warga Nias Barat yang meninggal dunia sebesar 2.000.000 yang diberikan kepada setiap keluarga yang mengalami duka dan hal tersebut tetap terlaksana hingga saat ini.

Menyadari terbatasnya anggaran yang diharapkan untuk mendanai pembangunan di Nias Barat yang sangat kompleks, Bupati Khenoki Waruwu, melakukan koordinasi dan komunikasi dengan pihak Provinsi Sumatera Utara, Kementerian/Lembaga dan pihak-pihak lainnya dengan maksud agar memberikan perhatian untuk mendukung percepatan pembangunan di Nias Barat.

Hal tersebut mulai menunjukkan hasil. Walaupun baru memimpin selama 1 tahun 3 bulan, beberapa program pembangunan telah terlaksana dengan baik dan hasilnya sudah mulai dirasakan oleh masyarakat Nias Barat.

BACA JUGA :   Wakil Bupati Rokan Hilir Hadiri Ruwatan Desa Tanjung Medan Barat 

Beberapa waktu yang lalu, sebagai hasil koordinasi dan komunikasi yang telah dibangun dengan beberapa pejabat di tingkat Provinsi dan Kementerian/Lembaga, termasuk pertemuan dengan Presiden Joko Widodo, secara bertahap pemerintah Provinsi dan Pusat mulai membuka mata melihat secara langsung kondisi Nias Barat. Puncaknya pada 6 Juli 2022, Presiden Joko Widodo berkunjung ke Nias Barat untuk melihat secara langsung kondisi daerah Nias Barat.

Bupati Khenoki Waruwu menyadari bahwa apa yang telah dilakukan oleh Pemeritah Daerah Nias Barat masih ada kelemahan. Untuk itu, dengan tangan terbuka, Ia mengharapkan saran, masukan dan sumbangan pemikiran yang konstruktif untuk mempercepat terwujudnya Nias Barat yang Bersih, Unggul dan Maju.

Berdasarkan pantauan langsung di lokasi acara, pertemuan Bupati dan Wakil Bupati Nias Barat dengan tokoh dan masyarakat Nias Barat se Jabodetabek dan Bandung, berlangsung dalam suasana yang penuh kekeluargaan dan cukup interaktif.

Bupati Nias Barat memimpin langsung dialog interaktif dengan peserta dan masing-masing peserta yang hadir menyampaikan pendapatnya dan mengapresiasi pertemuan tersebut bahkan mereka meminta agar pertemuan serupa dijadwalkan kembali pada waktu yang akan datang, sebagai forum diskusi dan interaksi masyarakat Nias Barat yang berdomisili di Jabodetabek dan Bandung dengan pimpinan daerah Nias Barat.

(Alexander Zai)

Facebook Comments
Subscribe for notification