13 Agustus 2022

Citranews Indonesia

Berani , Kritis Dan Membangun

Pilah Sampah Dari Rumah Mengurangi Penumpukan di TPA

2 min read

TANGSEL | Citranewsindonesia.com – Dalam upaya pengelolaan sampah yang benar adalah suatu strategi untuk menjaga lingkungan. Warga komplek perumahan The Height – Serpong berinisiatif untuk memilah sampah dengan mengadakan Bank Sampah di pemukiman komplek. Sebagai salah satu mendukung Program Pemerintah tentang penerapan 3R. Sejak Juni 2021 perumahan komplek The Height Serpong mulai aktif memilah-milah sampah di rumah.

Menurut ibu Anita Yuliana salah satu penghuni sekaligus ibu RT di komplek perumahan tsb.

“Ini memang pekerjaan tidak mudah. Saya berpikir betapa sulitnya para pekerja yang mencari nafkah melalui sampah. Saya melakukan ini dengan panggilan hati. Saya bukan hanya membantu meringankan pekerjaan mereka namun mengurangi penumpukan yang terjadi pada TPA dan sekaligus menjaga lingkungan lebih sehat.” Uncapnya sangat antusias.

BACA JUGA :   Airin Hadiri Pelantikan Pengurus Bank Sampah

Edukasi untuk menghargai sampah sesuai jenis dan nilai sehingga mereka mau memilah sampah. Inilah yang dilakukan oleh ibu-ibu dari Bank Sampah di komplek perumahan The Height Serpong. Sudut pandang dalam melihat sampah sesuatu yang tak berarti kini berubah bahwa sampah mengandung potensi ekonomi (economic opportunity) kerakyatan. Dengan adanya Bank Sampah menjaga lingkungan yang bersih dan hijau guna menciptakan masyarakat yang sehat.

“Program Bank Sampah ini dibuat untuk mengurangi jumlah sampah di lingkungan perumahan dan menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat dan memupuk kesadaran diri bagi para penghuni bahwa pentingnya menjaga dan menghargai lingkungan hidup.” Tutur ibu Ribka menjelaskan

BACA JUGA :   Walikota Tangsel Resmikan Dua Bank Sampah di Benda Baru

Bank Sampah salah satu alternatif untuk memecahkan masalah dan sekaligus ikut berpartisipasi dalam melestarikan lingkungan yang pada akhirnya berdampak baik untuk bumi serta generasi yang akan datang. Sekecil apa pun yang kita lakukan untuk bumi ini, pasti akan berdampak besar bagi kelangsungan bumi itu sendiri dan anak cucu kita.

Akankah kita membiarkan Sampah terus berserakan dan menumpuk.

Penulis : Ade Dame

Facebook Comments
IKUTI CITRANEWS    OK TERIMAKASIH