Cegah Pelanggaran Personel, Bidpropam Polda Banten Gelar Pembinaan Etika Profesi Polri

BANTEN | Citranewsindonesia.com – Untuk mencegah pelanggaran anggota kepolisian, Bidang Profesi dan Pengamanan (Bidpropam) Selasa (31/05) Polda Banten menggelar Pembinaan Etika Profesi Polri di Forbis Hotel, Kota Cilegon.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kabid Propam Polda Banten Kombes Pol Yudho Hermanto bersama Walikota Cilegon Helldy Agustian yang hadir sebagai narasumber sekaligus motivator dan diikuti perwakilan personel dari Polda Banten dan Polres jajaran.

Kabid Propam Polda Banten Kombes Pol Yudho Hermanto menjelaskan selama ini pembinaan dan penindakan etika profesi Polri dilakukan ketika anggota bersalah atau melanggar. Namun, dia kemudian mencoba mengubah pola tersebut dengan melakukan pencegahan sebelum terjadinya pelanggaran etika profesi.

“Kita selama ini lebih fokus kepada penindakan, kita ubah sekarang bagaimana kita mencegah sebelum melakukan penindakan, salah satunya dengan memberikan motivasi bahwa kita ini sebagai anggota Polri tentunya pernah melakukan kegagalan atau pelanggaran dan dengan adanya motivasi tersebut bahwa pelanggaran tersebut bukanlah akhir dari segalanya, ayo kita bangkit dan berusaha lebih baik lagi,” ujar Yudho.

BACA JUGA :   Ditpamobvit Polda Banten Berikan Pengamanan Optimal di PLTU Banten 1 Suralaya Unit 8

Diharapkan Yudho, anggota Polri semakin mengerti bagaimana berperilaku dalam menjalankan tugas dan tidak melakukan pelanggaran.

“Diharapkan setelah mendapat motivasi dan arahan dari narasumber tentunya anggota yang akan melakukan pelanggaran bisa berpikir panjang untuk tidak melakukannya karena banyak sisi negatifnya,” tambah Yudho.

Yudho juga mengungkapkan alasannya mengundang Walikota Cilegon untuk menjadi narasumber sekaligus motivator dalam acara ini. “Tentunya kami menilai Walikota Cilegon sebagai tokoh inspiratif yang bisa memberikan motivasi kepada personel kami. Tentunya banyak kiat-kiat dan hal-hal positif yang bisa menjadi motivasi bagi personel Polda Banten dari sosok Walikota Cilegon yang dulunya adalah seorang sales marketing,” jelasnya.

BACA JUGA :   Satgas Kamseltibcar Lantas Polda Banten Gencar Layani dan Edukasi Masyarakat taat Prokes

Sementara itu, Walikota Cilegon dalam kesempatan ini memberikan motifasi tentang cara menjadi orang sukses dengan mengenali diri sendiri dan juga mengapresiasi Bidpropam Polda Banten terkait dilaksanakannya kegiatan ini.

“Saya sangat mengapresiasi Kabid Propam yang telah mengundang kami selaku Walikota Cilegon untuk menjadi narasumber. Adanya satu kesamaan bagi kami dengan konsep kedepan melayani bukan dilayani,” kata Helldy.

Terakhir, Heldi memberikan trik untuk menjadi sukses, “Awal dari kesuksesan ialah dengan melakukan kerja dengan ikhlas dan berpikir out of the box. Karena kegagalan terjadi akibat kita membatasi diri kita sendiri,” tutupnya.

(Bidhumas)

Facebook Comments

Redaksi

***

Mungkin Anda Menyukai

IKUTI CITRANEWS OK TERIMAKASIH