Ajak Tumbuhkan UMKM, Wagub Andika Usul Digagas Pembentukan Koperasi Alumni Sekolah

Ajak Tumbuhkan UMKM, Wagub Andika Usul Digagas Pembentukan Koperasi Alumni Sekolah

BANTEN | Citranewsindonesia.com – Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy meyakini pemberdayaan UMKM secara baik dan benar dapat secara signifikan membuat pertumbuhan ekonomi di daerah. Untuk itu pertumbuhan angka UMKM atau jumlah pelaku UMKM harus terus ditingkatkan agar tercapai akumulasi pertumbuhan ekonomi yang didorong dari banyaknya UMKM berkualitas. Andika meyakini, pembentukan koperasi di lingkungan alumni sebuah sekolah atau perguruan tinggi dapat memicu bertambah banyaknya jumlah pelaku UMKM.

“Untuk itu dengan jumlah alumni yang sedemikian banyak ini, saya kira akan lebih baik lagi kalau teman-teman alumni SMEA/SMK 17 Serang ini membentuk koperasi alumni,” kata Andika dalam sambutannya pada acara Reuni SMEA/SMK 17 Serang di Auditorium Kampus Untirta Sindangsari, Kota Serang, Minggu (27/3). Turut hadir pada acara yang dihadiri oleh seribuan alumni SMEA/SMK 17 Serang dari angkatan 1982-2004 itu termasuk pelawak senior dan mantan politisi Komar atau Nurul Qomar yang kini aktif di media sosial dengan nama Abah Qomar.

BACA JUGA :   UMKM Kadin Tangsel Paradigma Baru Menuju Penjualan Digitalisasi Dan Patra Market

Dikatakan Andika, pembentukan koperasi diyakini akan dapat menambah pertumbuhan angka pelaku UMKM karena di dalam koperasi program-program bantuan dari lembaga koperasi sebagai hasil dukungan dari sesama anggota koperasi akan terus terjadi. Selain bantuan permodalan, lanjutnya, bantuan jaringan pemasaran hingga bantuan pelatihan ilmu-ilmu mengembangkan usaha akan terjadi dengan keberadaan sebuah koperasi. “Makanya saya selaku Wakil Gubernur Banten menunggu dibentuknya koperasi alumni SMEA/SMK 17 Serang ini. Nanti Pemprov Banten melalui dinas koperasi dan UMKM akan melakukan sinergi-sinergi,” imbuhnya.

Lebih jauh Andika mengatakan, meskipun berbagai capaian pembangunan mengalami perlambatan dampak pandemi Covid-19, namun indikator makro pembangunan tetap tumbuh sejalan dengan membaiknya penanganan pandemi melalui program vaksinasi dan program pembangunan kesejahteraan. Untuk itu, Andika berharap segenap masyarakat Banten termasuk alumni SMEA/SMK 17 Serang turut membantu Pemerintah Daerah dalam membangun optimisme bahwa pemulihan ekonomi dampak pandemi Covid-19 berjalan sesuai dengan harapan.

BACA JUGA :   UMKM Kecamatan Setu Lounching MOUS, Aplikasi Mall berbasis Online

“Seraya berdoa semoga pandemi Covid-19 segera berakhir agar kita dapat menjalankan rutinitas sehari-hari dengan aman dan produktif seperti sedia kala,” ujarnya.

Pemprov Banten, kata Andika, berharap sumbangsih dan partisipasi seluruh elemen masyarakat Banten termasuk alumni SMEA/SMK 17 Serang dalam pembangunan daerah khususnyadalam hal pemberdayaan masyarakat. Masyarakat diharapkan dapat memberikan masukan-masukan terkait dengan berbagai program pembangunan guna penyempurnaan program dan kegiatan pembangunan yang dilakukan Pemerintah Provinsi Banten.

Sementara itu ketua panitia acara, Aeng haerudin menyambut baik ajakan Andika untuk menggagas pembentukan koperasi di lingkungan alumni sekolah seperti alumni SMEA/SMK 17 Serang.”Saya kira ajakan Pak Wagub itu kami menyambut baik. Insya Allah kami akan segera menindaklanjutinya bersama teman-teman,” kata Aeng yang juga mantan Ketua DPRD Banten itu.

Serang, 27 Maret 2022
Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Banten

Facebook Comments
BANTEN KOTA SERANG NEWS