Diskominfo Paparkan Lima Program Unggulan 2023

Diskominfo Paparkan Lima Program Unggulan 2023

TANGSEL | Citranewsindonesia.com – Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), paparkan lima program unggulan di tahun 2023. Program unggulan ini disampaikan dalam Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Diskominfo, Dinas Perhubungan dan Dinas Pekerjaan Umum, Kamis (17/03).

Plt. Kepala Diskominfo TB. Asep Nurdin menjelaskan bahwa lima program unggulan ini mencakup Implementasi Single Sign On, Tangsel Digital Innovation HUB, Festival IT Tingkat Nasional, Penyelenggaraan E-Sport tingkat nasional dan Portal Satu Data.

”Seluruh program tersebut harus selaras dengan visi dan misi Kota Tangerang Selatan,” ujar Asep yang menambahkan bahwa visi Kota Tangsel adalah Terwujudnya Tangerang Selatan yang Unggul Menuju Kota Lestari, Saling Terkoneksi, Efektif dan Efisien.

Adapun Misi Kota Tangerang Selatan adalah Pembangunan Sumber Daya Manusia yang Unggul, Pembangunan Infrastruktur yang saling terkoneksi, Meningkatkan ekonomi berbasis nilai tambah tinggi di sektor ekonomi kreatif, membangun kota lestari dan membangun birokrasi yang efektif dan efisien.

BACA JUGA :   Diskominfo Tangsel Gelar Workshop Untuk Kepsek dan Guru

Asep menjelaskan mengenai fungsi Diskominfo dalam pembangunan daerah adalah melakukan pengelolaan opini, informasi dan kehumasan. Pembangunan, pengembangan, pengintegrasian dan pemeliharaaan sistem aplikasi.

”Kemudian melakukan pelaksanaan penyediaan sarana, prasarana dan pemeliharaan infrastruktur jarigan teknologi informasi komunikasi dan penyelenggaraan persandian,” ujar Asep.

Kemudian fungsi lainnya adalah pengembangan smart city serta penyelenggaraan statistik dan layanan pengadaan secara elektronik pada pemerintah daerah.

Dalam forum tersebut Asep juga menyampaikan beberapa pencapaian Diskominfo di tahun 2021, yaitu penerapan standar layanan informasi publik serta peningkatan layanan dan penerapan keterbukaan informasi dengan indeks kepuasan masyarakat bidang layanan komunikasi sebesar 81,7 persen di tahun 2020 dan 82,71 persen di tahun 2021.

BACA JUGA :   Untuk Ketiga Kali, Tangsel Raih Penghargaan Keterbukaan Informasi

Kemudian capaian selanjutnya adalah peningkatan layanan penyediaan sarana dan prasarana teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung pelayanan publik melalui penyediaan wifi di ruang publik dan kantor pemerintah. Dimana tahun lalu sebanyak 800 titik diberikan fasilitas internet gratis melalui wifi gratis. Dan targetnya di tahun 2023 ada 1.500 titik mendapatkan fasilitas ini.

Dari semua kinerja yang sudah dilakukan oleh Diskominfo dengan dukungan masyarakat, dia berharap semua program unggulan di tahun 2023 bisa diwujudkan dengan maksimal.

(humastangsel-kominfo)

Facebook Comments
CIPUTAT NEWS TANGERANG SELATAN