2 Desember 2022

Citranews Indonesia

Berani , Kritis Dan Membangun

Musrenbang Kecamatan Idano Gawo Nias, Terlaksana Lancar dan Sukses

4 min read

Kab.Nias || Citranewsindonesia.com — Pelaksanaan Musrenbang Kecamatan Idanögawo Kabupaten Nias, turut dihadiri Bupati Nias yang diwakili Sekda Kabupaten Nias, Anggota DPRD Nias, Kadis Pariwisata, Sosial dan Olahraga, Bappeda Kabupaten Nias, Forum Pimpinan Kecamatan Idanögawo, Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Idanögawo, UPT Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Koordinator Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Idanögawo, Kepala Desa se Kecamatan Idanögawo, Tokoh Masyarakat Kecamatan Idanögawo, TPP Kecamatan Idanögawo, Pendamping PKH, TKSK Kecamatan Idanögawo dan Delegasi Desa se Kecamatan Idanögawo, yang dilaksanakan di Balai Serbaguna Kantor Kecamatan Idanögawo, dengan Pembawa acara Lestarina Daeli dari Staf Kantor Camat Idanögawo. (2/2/2022).

Sebelum Doa Pembukaan oleh Pdt. Ohezatulö Bu’ulölö, S.Th, M.PdK di dahului menyanyikan lagu Indonesia Raya dan lagu daerah Nias dengan Judul Tanö Niha yang di Pimpin oleh Kepala Desa Saiwahili Hiliadulo Deshasrati Gulö.

Dalam Laporan Ketua Panitia oleh Sekcam Idanögawo Berkat T Hulu, SSTP, MSP. menyampaikan dimana sebelumnya ada 100 usulan permohonan Pembangunan dari berbagai Desa se Kecamatan Idanögawo. Namun setelah di evaluasi dengan memperhatikan usul yang layak menjadi prioritas, tinggal 71 usulan lagi untuk diteruskan ke tahap berikutnya di Musrenbang Kabupaten Nias akan datang.

Atas Pelaksanaan Musrenbang Kecamatan Idanögawo, juga turut dihadiri Danramil 03 Idanögawo Letda Inf. Maulana Yahya dan Kapolsek Idanögawo Iptu. Ya’aro Lase yang sekaligus menyampaikan Kata Sambutan mewakili Muspika Kecamatan Idanögawo.
Anggota DPRD Nias Yabati Zai dari Partai Gerindra bersama Fangalulu Ndruru dari Partai Perindo, turut menyampaikan Kata Sambutan atas terlaksananya Musrenbang Kecamatan Idanögawo yang diwakili Yabati Zai, dan juga melalui tanggapan dalam ruang Diskusi mengatakan bahwa sebagai Tokoh Masyarakat Dapil II Nias, bersedia mendukung dan mendampingi usul Program Pembangunan hasil Musrenbang Kecamatan Idanögawo yang akan ditindaklanjuti ke Musrenbang Kabupaten Nias akan datang. Seluruh hadirin menyambut gembira sambil bertepuk tangan.

BACA JUGA :   Polres Nias Selatan Tangkap 2 Orang Penulis Togel

Berikutnya, Camat Idanögawo Anötöna Harefa, S.Pd dalam sambutannya, menyampaikan bahwa dalam Minggu ke tiga bulan Januari 2022 lalu, ke 28 Desa se Kecamatan Idanögawo, telah seluruhnya melaksanakan Musrenbang dimasing-masing Desa dan sekaligus juga mengekspos profil masing-masing ke 28 Desa se Kecamatan Idanögawo serta usulan Pembangunan Kepada Bupati Nias yang diwakili Sekda Kabupaten Nias.

Bupati Nias Ya’atulö Gulö, SE, SH, M.Si yang diwakili Sekda Kabupaten Nias Samson P Zai, SH, MH dalam arahan dan bimbingan beliau mengatakan bahwa Pelaksanaan Musrenbang hari ini merupakan puncak dari mekanisme perencanaan pembangunan daerah Kabupaten Nias di Kecamatan Idanögawo yang sebelumnya telah dilaksanakan dimasing-masing Desa sebagaimana telah dilaporkan oleh Sekretaris Kecamatan Idanögawo dan telah dijelaskan oleh Camat Idanögawo serta mengekpos profil masing-masing Desa yang mengerucut pada Pembahasan Musrenbang Kecamatan Idanögawo pada hari ini.
Untuk itu, dalam Forum Musrenbang kita berharap akan tercipta kesamaan pendapat dari seluruh pelaku dan perangkat daerah dalam mensinergikan strategi kebijakan program dari kegiatan yang dituntaskan oleh Pemerintah Kecamatan dan Desa, demi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pada umumnya.
Sebagai arah kebijakan Pembangunan Daerah tahun 2023 yang juga didukung oleh DPRD Kabupaten Nias akan difokuskan pada peningkatan sentral ekonomi dan promosi sektoralisasi Pembangunan yang ada di Kabupaten Nias.
Hal penting lainnya, pentingnya sosialisasi semua pemangku kepentingan dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia dan pemulihan ekonomi daerah.
Untuk menghadapi Program Pembangunan Kabupaten Nias tahun 2023 yang akan datang, dibutuhkan komitmen yang nyata untuk hal tersebut, dimana yang menjadi strategis Pembangunan untuk ditangani Pemerintah dan Masyarakat antara lain :
1. Bidang Infrastruktur.
2. Bidang Pendidikan.
3. Bidang Kesehatan.
4. Bidang Ekonomi.
Inilah yang menjadi fokus kita sesuai situasi Kondisi dan kemampuan anggaran daerah kita tentunya, jelas Sekda Kabupaten Nias.

BACA JUGA :   Polres Nisel Mediasi Penyelesaian Kasus Kekerasan Terhadap Anak

Sebelum mengakhiri Kata Sambutan sekaligus Arahan dan Bimbingan Bupati Nias yang diwakili Sekda Kabupaten Nias Samson P Zai, SH, MH juga sekaligus membuka secara resmi Pelaksanaan Musrenbang Kecamatan Idanögawo hari Rabu 2 Pebruari 2022.

Setelah penyampaian sajian materi arah kebijakan dan Pembangunan dari Bappeda Kabupaten Nias Edwin Fanolo Hulu, SE yang disampaikan Kabid Sarpras Bappeda Yohanes Saota, dilanjutkan dengan Ruang Diskusi yang dipandu oleh Camat Idanögawo Anötöna Harefa, S.Pd.
Dalam ruang Diskusi, Beberapa Peserta perwakilan Delegasi dari berbagai Desa mengajukan Beberapa pertanyaan dan telah ditanggapi langsung Kadis Pariwisata Sosial dan Olahraga Fanolo Laoli, S.Sos, Kadis PUPR Victor Waruwu, dari Bappeda Kabupaten Nias dan Anggota DPRD Nias Yabati Zai dari Partai Gerindra.

Selesai ruang Diskusi dilanjutkan dengan Kata Penutup yang disampaikan Sekretaris Kecamatan Idanögawo Berkat T Hulu, SSTP, MSP.

Sebelum Acara Musrenbang dibubarkan, telah terlaksana Pemilihan 3 Orang Utusan Delegasi perwakilan Kecamatan Idanögawo pada Musrenbang Kabupaten yakni Arlianus Zebua dari Desa Tetehösi, Batilia Ndruru dari Desa Bio’uti dan Elisa Hura Kepala Desa Hilimo’asio II.

Acara Musrenbang Kecamatan Idanögawo Kabupaten Nias, telah terlaksana dengan baik dan Sukses serta tetap mematuhi Protokol Kesehatan.

(EHL)

Facebook Comments
Subscribe for notification