Disnaker Tangsel Sertifikasi Kompetensi Barista Di Tangsel

Disnaker Tangsel Sertifikasi Kompetensi Barista Di Tangsel

TANGSEL | Citranewsindonesia.com -Guna tingkatkan kompetensi para barista di Kota Tangsel, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Tangsel, memberikan pelatihan dan sertifikasi kompetensi kepada para barista di Kota Tangsel.

Dalam pelatihan dan sertifikasi yang digelar di kader Omblek Coffee, Senin (24/5) itu, Disnakertrans Kota Tangsel menggandeng Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Sebanyak 15 peserta yang sebagian merupakan barista di berbagai kafe kopi di Kota Tangsel, ikuti pelatihan dan sertifikasi tersebut. BNSP pun mendatangkan penguji profesional untuk melatih para barista tersebut.

Kepala Disnakertrans Kota Tangsel, Sukanta, mengatakan tuntutan dunia bisnis aaat ini begitu tinggi. Sehingga pemerintah dalam hal ini juga memiliki tanggungjawab penuh untik meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakatnya agar memiliki daya sayang yang tinggi.

BACA JUGA :   Peringati May Day Disnaker Tangsel Gelar Lomba Senam Poco-Poco Dan Futsal

Lanjut Sukanta, dengan sertifikasi yang dilatih dan dikeluarkan langsung oleh BNSP, maka para barista yang ikut dalam pelatihan tersebut ketika lulus dari pelatihan berbasis penempatan kerja tersebut memiliki kompetensi yang handal di bidangnya.

“Ini adalah salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan SDM. Dan ini kali pertama kita gandeng BNSP dalam meningkatkan kompetensi barista di Kota Tangsel. Artinya mereka yang kompeten nantinya memiliki keahlian yang bagus, karena diuji langsung oleh para profesional di bidang kopi,” paparnya.

Lanjut Sukanta, pelatihan berbasis penempatan kerja ini juga yang pertama untuk para barista. Sehingga nantinya ketika usai mengikuti program pelatihan dan sertifikasi maka akan segera disalurkan ke beberapa perusahaan kafe kopi.

“Nanti setelah ini, akan kita salurkan ke beberapa dini usaha kafe di Kota Tangsel. Dan tentu kami akan lebih mudah menyalurkannya karena para peserta sudah tersertifikasi kompeten di profesinya sebagai barista,” tegasnya.

BACA JUGA :   VIDEO : JOB FAIR 2018 KOTA TANGERANG SELATAN

Sementara itu, perwakilan BNSP, Martin, mengatakan bahwa saat ini BNSP sudah melakukan sertifikasi terhadap profesi barista di banyak provinsi. Dan untuk Tangsel sendiri menurutnya perkembangan barista cukup bagus.

Lanjut Martin, perkembangan Coffeeshop saat ini di Kota Tangse begitu pesat. Sehingga para pelaku usaha membutuhkan banyak barista kompeten di bidangnya. “Jadi setelah keluar setifikat kompenten ini, maka nilai jual para peserta terhadap perusahaan Coffeeshop juga akan tinggi. Artinya mereka nanti memiliki nilai tawar kepada para pengusaha Coffeeshop,” pungkasnya.

(rls dra).

Facebook Comments
NEWS SERPONG TANGERANG SELATAN