NIAS BARAT TERIMA PENGHARGAAN DARI GUBERNUR SUMUT ATAS KEBERHASILAN PENYALURAN JPS PROVINSI

NIAS BARAT | Citranewsindonesia.com– Bupati Nias Barat yang diwakili Sekda Nias Barat Prof. Dr. Fakhili Gulö didampingi Kadis Sosial Drs. Ekonomi Daeli, MM, Kepala BPBD Drs. Filifo Daeli, MH, Asisten Drs. Darman Gulo dan Kabag PROAC Dameria Zebua, S.Pd., MM; terima Penghargaan dari Gubernur Sumut Edy Rahmayadi yang dibawa dan disampaikan oleh Tim Gugus Covid-19 Provsu di ruang Rapat Aekhula Nias Barat (Rabu, 17-6-2020). Penghargaan tersebut diberikan kepada Kabupaten Nias Barat atas terlaksananya penyaluran Bansos Pangan JPS Pemprovsu secara baik dan tercepat se-Sumut.

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara yakni R AYENDRA G (Bid. Penyuluh BPBD Provsu) & ARWANDRA G. (Bid. Penelaah Kajian BPBD Provsu) datang di Nias Barat untuk memonitoring Penyaluran JPS Provsu yang sudah terlaksana dengan baik serta membawa beberapa dokumen diantaranya “draft” Peraturan Gubernur (PERGUB) tentang Tatanan Normal Baru yang berisi Konsepsi Penerapan Protokol Tatanan Normal Baru Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk direvisi (ditambah/dikurangi) sesuai kondisi daerah masing-masing dan dikirimkan kembali ke Pemprovsu paling lambat tanggal 20 Juni 2020 dan Pergub ini akan diberlakukan tanggal 1 Juli 2020 setelah mendapat persetujuan dari Pemerintah Pusat.

BACA JUGA :   Bupati Soekirman Hadiri Semnas PERTETA Tahun 2018

Kadis Sosial Drs. Ekonomi Daeli, MM menjelaskan dalam laporannya bahwa Penyaluran Bansos Pangan JPS Provsu telah terlaksana dengan baik, terkendali, aman, dan tertib hingga menunjukkan presentasi realisasi 100% sebanyak 14.568 Paket Sembako dan diterima baik oleh 14.568 KPM. Kadis Sosial juga menjelaskan bahwa kenyataan yang terjadi bahwa proses penyaluran JPS Pemprovsu begitu rumit dan menyita banyak tenaga, pikiran dan dana yang dibutuhkan seperti biaya transportasi, pengepakan/pemaketan, pengamanan, pengawalan dan lain sebagainya sehingga kekurangan dana operasional tersebut terpaksa kami tanggunglangi dari dana Gugus Kabupaten, jelas Kadis Sosial.
Selanjutnya Drs. Ekonomi Daeli, MM menyampaikan ucapan terima kasih dan harapan masyarakat Nias Barat agar Bapak Gubernur Sumut dan Pemprovsu berkenan memberikan Bansos JPS untuk tahap dua, tiga dan seterusnya.

Sambutan pengarahan Sekda Nias Barat Prof. Dr. Fakhili Gulö yang sekilas menyampaikan proses penyaluran JPS Provinsi yang akhirnya dana operasional yang dikirim Pemprovsu sebesar 27 Juta rupiah ternyata sangat tidak cukup untuk menanggulangi seluruh biaya yang dikeluarkan dan terpaksa ditanggunglangi sementara oleh dana Gugus Covid-19 Kabupatèn Nias Barat. Kami berharap agar Gubernur berkenan membantu utk menutupi kekurangan biaya tersebut. Kami GTPP Covid Kab Nias Barat telah berkirim surat kepada Gubernur utk melaporkan pelaksanaan kegiatan yg dimaksud. Semoga Gubernur menjawab surat kami tersebut dalam waktu dekat.

BACA JUGA :   Pengambilan Sumpah/Janji Pimpinan DPRD Sergai Periode 2019 - 2024 Berlangsung Sukses

Berangkat dari pengalaman itulah, maka dalam penyaluran Bansos JPS Kabupaten Nias Barat bukan lagi dalam bentuk Sembako tetapi dalam bentuk tunai sehingga Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang melakukan sendiri pembelian barang kebutuhan keluarganya, tutur Sekda.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda Nias Barat meminta kepada Tim Gugus Provsu agar kedepan bila program JPS Pemprovsu seperti ini diluncurkan lagi, agar disalurkan kpd masyarakat dalam bentuk tunai.

Sekda juga menyampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya atas penghargaan yang diberikan Pemprovsu kepada Nias Barat, kiranya pengakuan seperti ini menguatkan dan menjadi dorongan spirit bagi kami dalam memberhasilkan kegiatan misi kemanusiaan ini. Demikian juga draft Peraturan Gubernur (PERGUB) tentang Tatanan Normal Baru yang berisi Konsepsi Penerapan Protokol Tatanan Normal Baru, kami akan segera membicarakannya dalam rapat FORKADA nanti dan selanjutnya menyampaikannya kepada Pemprovsu secepatnya, ujar Sekda Nias Barat.
@nb-alex.alvarozai//

Facebook Comments

Alexander zai

KEPALA BIRO

Mungkin Anda Menyukai

IKUTI CITRANEWS OK TERIMAKASIH