Pemkab Sergai Laksanakan Rapat Dalam Rangka Percepatan Penanganan Virus  Corona

Pemkab Sergai Laksanakan Rapat Dalam Rangka Percepatan Penanganan Virus Corona

Serdang Bedagai | Citranewsindonesia.com–Pemerintah Kabupaten ( Pemkab ), Serdang Bedagai ( Sergai ), melaksanakan Rapat Dalam Rangka Percepatan Penanganan Virus Corona atau COVID-19, Senin, 16 Maret 2020, di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah.

Turut Hadir dalam acara itu, Bupati Sergai Ir H Soekirman, Wakil Bupati H Darma Wijaya, Sekdakab H M Faisal Hasrimy, AP, M.AP, Para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD dan stakeholder terkait.

Sambutan Bupati Sergai Ir. H. Soekirman, mengatakan, Pemkab Sergai harus dapat memilah dan memilih tindakan yang tepat menanggapi banyaknya surat yang beredar dari beberapa kementerian pasca pandemi Corona yang sudah “mampir” di Indonesia.

Untuk menetapkan suatu daerah dalam areal bencana atau tidak, kita hendaknya berhati-hati sebab derajat kewaspadaan virus Corona ini tidak sama antara satu daerah dengan daerah lainnya. Banyak implikasi yang akan terjadi, bukan hanya dengan meliburkan sekolah selama 14 hari atau membuat aturan tentang ASN bekerja dari rumah.

Setiap keputusan yang diambil tentu harus dijelaskan dengan detail latar belakangnya serta jika akhirnya diambil keputusan untuk sementara meliburkan sekolah atau mengalihkan lokasi kerja bagi ASN maka harus jelas untuk apa hal tersebut dilakukan. “Misalnya ketika diambil keputusan untuk meliburkan sekolah, siswa dan guru harus paham kenapa harus diliburkan selama kurun waktu tertentu, agar nantinya siswa tetap berada di rumah bukan malah bertamasya, hal yang justru akan dapat meningkatkan peluang siswa terjangkit virus.

BACA JUGA :   Silaturahmi Srikandi Pemuda Pancasila Ranting Pamulang Barat (Pac Pamulang) LKP (Latihan Keterampilan Penganten), Ketua Yuni Noerdiana (Dina)

Sergai belum masuk dalam status darurat Corona. Selain itu Pemkab juga sudah membentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dengan melibatkan semua unsur yang bertugas. “Gugus ini nantinya akan melakukan imbauan dan pemantuan di masyarakat. Kemudian diminta kepada kita semua untuk saling memantau kondisi dan potensi penyebaran virus Corona, serta melakukan sosialisasi serta penyuluhan agar masyarakat melaksanakan imbauan yang dimaksud. Khusus kepada Dinas Kominfo agar proaktif menangkal berita hoaks terkait penyebaran virus Corona baik melalui media cetak, siber maupun radio untuk menjaga kekondusifan daerah kita, tutup Bupati Soekirman.

Sambutan Wabup H Darma Wijaya, mengatakan, walau di Sergai sendiri belum ditemukan kasus COVID-19. “Namun demikian, diimbau agar kita semua tetap menjaga pola hidup sehat dan memahami betul pencegahan yang dapat dilakukan oleh masyarakat”,ungkap Wabup Sergai.

Wabup Darma Wijaya juga menambahkan, sebagai umat beragama kita juga harus berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar persoalan virus Corona ini bisa segera berakhir. Terkhusus bagi umat muslim, rencananya dalam waktu dekat kita akan melakukan salat istisqa’ guna memohon kepada Allah SWT untuk dihindarkan dari bala bencana dan wabah penyakit.

BACA JUGA :   Perda No1 Tahun 2014 Disosialisasikan Untuk Ditinjau Kembali

Sedangkan sambutan Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sergai H.M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, meminta segenap unsur OPD terkait agar terus memantau perkembangan dan efek dari pandemi virus COVID-19. “Sesuai laporan Dinas Kesehatan sampai dengan hari ini belum ada masyarakat Sergai terpapar Corona.

Selain itu sudah dilakukan tindakan cepat dalam hal pencegahan antara lain sterilisasi dan desinfektasi di ruangan-ruangan perkantoran di lingkungan Pemkab Sergai serta dalam waktu dekat juga bekerjasama dengan Dinas Pendidikan untuk melakukan desinfektasi ke sekolah-sekolah guna melindungi siswa dari penyebaran virus tersebut. Sementara itu dari Dinas Pendidikan, terkait imbauan meliburkan sekolah dianggap masih belum perlu untuk dilaksanakan karena situasi di Sergai masih terkendali.

Sementara itu sambutan Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Hj. Nina Deliana Hutabarat, S.Sos, M.Si, mengatakan, pihaknya sudah mengambil langkah strategis percepatan penanganan COVID-19 di Kabupaten Sergai. “Dengan dibentuknya tim gugus tugas, kita harapkan dapat dilakukan pemantauan dan pelaporan langkah-langkah yang telah diambil dan akan diambil, termasuk perlu tidaknya kegiatan belajar-mengajar di sekolah diliburkan sementara seperti yang sudah dilakukan di beberapa daerah lain.

( Aripin ).

Facebook Comments
KABUPATEN SERGAI NEWS SUMATERA