Pembukaan MTQ XVI Tingkat Kabupaten Sergai Tahun 2020 Berlangsung Sukses

Pembukaan MTQ XVI Tingkat Kabupaten Sergai Tahun 2020 Berlangsung Sukses

Serdang Bedagai | Citranewsindonesia.com– Pembukaan MTQ XVI Tingkat Kabupaten Sergai Tahun 2020 yang dilaksanakan di Replika Istana Sultan Serdang Kelurahan Melati Kebun Kecamatan Pegajahan, Kabupaten Sergai, Provinsi Sumatera Utara, Jumat malam, 21 Pebruari 2020, berlangsung sukses.

Dalam pembukaan itu hadir Bupati Ir H Soekirman dan Wabup H Darma Wijaya , unsur Forkopimda, Ketua TP PKK Sergai Ny Hj Marliah Soekirman, Ketua GOPTKI Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya, Sekdakab Sergai H.M. Faisal Hasrimy, AP, M.AP, Ketua DWP Ny Uke Retno Wahyuni Faisal Hasrimy,para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Camat, tokoh masyarakat, tokoh agama, serta ribuan undangan lainnya.

Sambutan Bupati Sergai Ir H Soekirman, mengatakan bahwa penyelenggaraan MTQ ke XVI Kabupaten Sergai tahun 2020 berlangsung selama 21- 25 Februari 2020. Ini merupakan momen yang tepat dalam upaya menyatupadukan gerakan dan langkah seluruh komponen masyarakat yang ada di Kabupaten Sergai Tanah Bertuah Negeri Beradat dalam rangka meningkatkan pembangunan di bidang keagamaan khususnya dalam hal peningkatan kemampuan seni baca Al-Qur’an.

Melalui kegiatan MTQ seperti ini kita semua khususnya umat Islam akan termotivasi untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan yang terkandung dalam Al-quran dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan hubungan harmonis antara pemerintahan dengan masyarakat sehingga dapat lebih baik, sebagaimana yang tertuang dalam tema penyelenggaraan kegiatan ini yaitu ” menjadikan Al-Qur’an sebagai pondasi generasi muslim yang unggul, inovatif dan berkelanjutan.

BACA JUGA :   Perkuat Sinergi, Kapolda Metro Jaya Silahturahmi Bersama Media dan Wartawan

Dengan penyelenggaraan kegiatan ini, visi Kabupaten Sergai dalam mewujudkan masyarakat yang religius dalam bingkai kebersamaan dan keharmonisan dapat terwujud secara nyata.

Nabi Muhammad SAW telah berpesan kepada kita semua ” tingkatkan pada kamu sekalian dua perkara yang kamu tidak akan sesat apabila kamu berpegangan teguh kepada keduanya yaitu kitab Allah dan Sunnah Nabinya

Pesan yang disampaikan Nabi pada 14 abad silam ternyata sampai saat ini masih relevan. Jika kita lihat saat ini banyak fenomena-fenomena yang begitu memprihatinkan. generasi muda kita banyak terjebak pada jurang kenistaan dimulai dari pola pergaulan bebas, penyalahgunaan narkoba bahkan sampai menjurus kepada tindak kriminal yang begitu meresahkan.

Pengguna narkoba di Indonesia didominasi oleh kaum muda begitu juga dengan fenomena begal yang menjamur di berbagai daerah di semua wilayah di Indonesia juga didominasi oleh kaum muda.

Merupakan tanggung jawab kita, untuk menyelamatkan generasi kita dari jurang kenistaan dan jurang kehancuran. Oleh karenanya, Wabup mengajak semua yang hadir untuk kembali mendekatkan generasi muda kita pada nilai-nilai Qur’ani.

Mari kita bangkitkan lagi generasi gerakan ” Maghrib Mengaji” mulai dari tingkat dusun diseluruh Surau/Mushola dan Masjid yang ada di lingkungan kita sehingga melalui kegiatan ini anak-anak dan generasi muda kita dikenalkan dengan Al-Qur’an sejak dini.

BACA JUGA :   Berulang Kali Di Tertibkan Camat, PKL Liar Masih Aja Membandel

Bupati Sergai dalam pidatonya berpesan kepada seluruh pengurus Surau/Mushola dan Masjid untuk mengingatkan agar membuat rangkaian kegiatan kajian-kajian keislaman secara terus-menerus untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat muslim di Kabupaten Sergai untuk belajar tentang nilai-nilai Al-Qur’an dan sunnah Nabi sehingga kehidupan masyarakat selalu terbingkai dalam nilai-nilai Al-Qur’an.

Semoga dengan diselenggarakannya MTQ ke XVI Kabupaten Sergai tahun 2020 ini, dapat memberikan motivasi bagi generasi muda kita untuk belajar Al-Qur’an dengan segala bentuk pemahaman yang digambarkan melalui seluruh cabang yang dipertandingkan.

Sedangkan Laporan Panitia yang dibacakan Sekdakab Sergai H.M Faisal Hasrimy, AP, M.AP, menyampaikan Penyelenggaraan MTQ ke XVI tingkat Kabupaten Sergai memiliki maksud dan tujuan sebagai wadah meningkatkan kemampuan seni baca Al-Qur’an sekaligus memberikan motivasi kepada masyarakat untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi kandungan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu untuk mengembangkan seni budaya yang Islami dalam meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Kemudian MTQ ke XVI Kabupaten Segai tahun 2020 diikuti sebanyak 742 peserta dari 17 Kecamatan se-Sergai.

( Aripin )

Facebook Comments
KABUPATEN SERGAI NEWS SUMATERA