Pemkab Sergai-BNN Canangkan Desa Bersinar

 

Serdang Bedagai, Citranewsindonesia — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serdang Bedagai (Sergai) – BNN Canangkan Desa Bersinar (Bersih Narkoba) dan Diseminasi Informasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) Melalui Kampanye Pagelaran Seni Tahun 2019 di Lapangan Desa Pegajahan Kecamatan Pegajahan, Kamis (26/9/2019)

Hadir pada acara tersebut
Plh. Bupati Sergai H Darma Wijaya,
Kepala BNNP Provsu Brigjend Pol Atrial, SH diwakili Kabid P2M Tuankus Harianja, Dandim 0204/DS Letkol (Kav) Syamsul Arifin,Kepala BNNK Sergai Drs Adlin Tambunan, MH,Kadis Kominfo Drs H Akmal, M.Si,Camat Pegajahan Sudaris, S.Sos, Muspika, para Kepala Desa, Satgas Anti Narkoba serta ratusan masyarakat Desa Pegajahan.

Kepala BNNK Sergai Drs Adlin Tambunan, SH menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyikapi perkembangan ancaman narkoba yang sangat dekat dan nyata serta dampaknya yang begitu kompleks serta mengancam eksistensi serta kedaulatan bangsa Indonesia dimasa mendatang. Sehingga dibutuhkan peran aktif dari Kepala Desa dan masyarakatnya agar tercipta lingkungan pedesaan yang bersih dari penyalahgunaan narkoba sesuai Undang-undang No. 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Berbicara tentang narkoba tidak terlepas dari 3 (tiga) hal yaitu penjahat narkoba, penyalahguna narkoba serta masyarakat bersih narkoba. Melalui pencanangan Desa Bersinar hari ini kita wujudkan poin ketiga yaitu masyarakat bersih narkoba serta menyatakan perang terhadap poin 1 dan 2 yaitu penjahat narkoba dan penyalahguna narkoba. Desa Pegajahan ini telah membentuk Relawan Anti Narkoba dengan aktif melakukan sosialisasi disekolah maupun perwiritan

Harapannya agar nantinya desa Pegajahan menjadi percontohan bagi desa-desa lain di Kabupaten Sergai dalam pemberantasan penyalahgunaan narkoba secara mandiri melalui dituangkannya P4GN dalam RKP dan APBDes Tahun Anggaran 2019 serta ditingkatkan untuk tahun berikutnya.

Sambutan Kepala Desa Pegajahan Muhammad Yamin atas nama Pemerintah Desa Pegajahan menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam mewujudkan Desa Bersih Narkoba yang pertama kali di canangkan di Kabupaten Sergai.

BACA JUGA :   Mariyani Di Bunuh, Hartanya Di Jual Buat Modal Nikah Pelaku

2. Awal terbentuknya Satgas Anti Narkoba Desa Pegajahan melalui proses Musrenbang yang disambut baik oleh seluruh masyarakat pada tahun 2018 lalu dengan memanfaatkan alokasi Dana Desa. Melalui RKP dan APBDes didapat informasi bahwa dibolehkan untuk mengalokasikan Dana Desa guna kegiatan pemberantasan penyalahgunaan Narkoba.

3. Kegiatan sosialisasi-sosialisi yang melibatkan masyarakat, pelajar dan eks pengguna narkoba yang memberikan testimoni kepada peserta sosialisasi tentang kerugian besar saat memakai narkoba.

Untuk itu Desa Pegajahan terus berkoordinasi dengan pihak Kepolisian dalam rangka mewujudkan Desa yang benar-benar bersih dari Narkoba.

Selanjutnya Kepala BNNP Provsu Brigjend Pol Atrial SH diwakili Kabid P2M BNNP Provsu Tuankus Harianja mengapresiasi dan acungan jempol atas pencanangan Desa Bersih Narkoba (Bersinar) di Desa Pegajahan Kecamatan Pegajahan pada hari ini. Untuk Sumatera Utara sendiri, Kabupaten Sergai adalah yang kedua mencanangkan Desa Bersih Narkoba ini setelah Kota Medan. Bahwa ini bentuk keinginan masyarakat untuk bersih dari Narkoba sesuai dengan amanat Presiden Jokowi bahwa setiap desa hendaknya terbentuk Satgas Anti Narkoba.

Ada 4 indikator guna mewujudkan Desa Bersih Narkoba yaitu pertama adanya sosialisasi bahaya narkoba. Kemudian yang kedua adalah adanya regulasi yang mengatur pencanangan desa bersih narkoba melalui Peraturan Desa semisal peraturan persyaratan menikah harus ada surat keterangan bersih narkoba,yang ketiga test urine sebagai persyaratan masuk sekolah, mendapatkan pekerjaan ataupun lainnya. Yang keempat adalah dengan membentuk satgas anti narkoba di desa-desa. Jika keempat indikator ini dapat kita laksanakan bersama, maka tidak akan ada celah bagi peredaran narkoba lagi di desa yang kita cintai ini.

Mari kita menjadi berani dan bersatu padu dengan melaporkan kepada pihak berwajib jika terdapat peredaran narkoba dan bandar narkoba. Satgas Anti Narkoba juga harus tegas, mari bersama bapak-bapak, ibu-ibu perwiritan dalam membendung masuknya bandar narkoba.

Semoga Satgas Anti Narkoba ini bukan hanya namanya saja yang hebat, namun sangat eksis dan bermanfaat bagi masyarakat antara lain dengan selektif dan ketat mengawasi masyarakatnya melalui didirikannya Posko-posko Anti Narkoba disetiap dusun agar lebih maksimal.

BACA JUGA :   Ditpamobvit Polda Banten Gelar Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan Event World Superbike Di Nusa Tenggara Barat

Sedangkan Plh. Bupati Sergai H Darma Wijaya menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak terkait terutama BNNK Sergai dan masyarakat Desa Pegajahan yang telah menggelar kegiatan ini. Pencanangan desa Bersih Narkoba merupakan salah satu bukti komitmen serius dari pemerintah daerah dan pusat dalam memerangi penyelundupan, peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba mengingat tindakan penyalahgunaan narkoba merupakan salah satu kejahatan luar biasa (extraordinary crime).

2. Seiring saat ini peredaran narkoba menyasar kaum milenial, Bupati dan Wakil Bupati berharap kehidupan milenial tidak hanya menghasilkan prestasi yang kreatif dan inovatif, tetapi juga hidup dengan bebas narkoba. Sebab itu pula yang melatarbelakangi digalakkannya gerakan “Milenial Sehat Tanpa Narkoba Menuju Indonesia Emas” yang mendorong seluruh elemen masyarakat untuk menjadi generasi yang produktif, inovatif, kreatif dan bersih narkoba guna mendukung terwujudnya visi Kabupaten Sergai yang Unggul, Inovatif dan Berkelanjutan.

3. Kepada seluruh masyarakat khususnya Desa Pegajahan, semoga desa Bersinar ini menjadi momen menyamakan persepsi dan menjadi contoh Desa Bersih Narkoba di Kabupaten Sergai.

Pemerintah bersama seluruh masyarakat harus serius menyatakan perang terhadap narkoba dengan melibatkan semua pihak. Jangan takut menginformasikan jika terdapat peredaran narkoba disekitar kita, kita harus lawan bersama hal ini untuk masa depan kita dan anak-anak kita kedepannya.

Acara diisi dengan penyerahan penghargaan kepada pegiat anti narkoba, deklarasi anti narkoba oleh masyarakat Desa Pegajahan, pelantikan Satgas Anti Narkoba, pelayanan kesehatan gratis, chek urine, serta dimeriahkan dengan pagelaran seni tari oleh siswa SMP dan SMA Negeri Pegajahan binaan Dinas Pendidikan Kabupaten Sergai.

(Aripin / RLS)

Facebook Comments

Aripin

Kepala Biro Sergai

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

IKUTI CITRANEWS OK TERIMAKASIH