Memakmurkan Mesjid Melalui Hydroponic

Memakmurkan Mesjid Melalui Hydroponic

Tangsel,Citranewsindonesia–Masjid tidak sekedar berfungsi sebagai tempat ibadah mahdah (wajib) bagi ummat Islam, tetapi juga kegiatan-kegiatan positif lainnya yang bermanfaat bagi ummat Islam, termasuk budidaya tanaman dengan cara hidroponik,pengurus Masjid Al-Hidayah di Perumahan Graha Mas Serpong, Kelurahan Jelupang, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, telah membuktikannya dengan memanfaatkan sebagian kecil lahan untuk menanam  berbagai jenis tanaman sayuran dengan sistem hidroponik, Selasa 10/09/19.

Ketua DKM Al-Hidayah, Budi Iswanto saat di temui menjelaskan kebun sayuran hidroponik merupakan program Bidang Kesejahteraan Umat  yang sudah dirancang sejak lama. 

“Program ini memang progran yang sudah lama kami rencanakan namu saat ini masih bersifat swakelola, meski demikian kami sudah mulai menjajaki kerjamasama dengan PT. Indah Kiat melalui program CSR nya,” paparnya,hal senada juga di ungkapkan herman Susilo selaku ketua bidang kesejahteraan umat, Ia berharap, produk dari kebun sayuran hidroponik akan dapat dioptimalkan sehingga dapat menambah pemasukan infaq Masjid Al-Hidayah. 

BACA JUGA :   SAMBUT PERGANTIAN TAHUN BARU 2018, LANTAMAL IX GELAR ISTIGHOTSAH DAN DOA BERSAMA

“Harapan kami, masjid kami memiliki sumber pemasukan selain infaq,” tandasnya,ia juga berkeinginan kebun hidroponik ini dapat menginspirasi warga sekitar untuk ikut serta membudidayakan tanaman sayuran di rumah masing-masing , “Hal ini juga sejalan dengan keinginan pemerintah yang sedang menggalakkan ketahanan pangan di masyarakat,” terangnya.

BACA JUGA :   Revitalisasi Pasar Ciputat, Cara Pemkot Tangsel Tingkatkan Kesejahteraan Pedagang

Terpisah di lokasi pertanian hydroponik ,Sulaeman (40), salah seorang pengurus Masjid  Al-Hidayah menuturkan dirinya telah menyemai 300 batang sawi dan selada di sepanjang pagar dan lahan wakaf di sekitar Masjid AL-Hidayah dan dalam waktu yang tidak lama hasil semaian tersebut dapat dipindahkan ke dalam pot-pot hydroponic,“sebelumnya kami sudah beberapa kali panen, namun masih skala kecil dan hasil panen baru bisa dinikmati oleh sebagian jamaah  Al Hidayah,” pungkasnya.

(Rilis)

Facebook Comments
NEWS TANGERANG SELATAN