28 November 2022

Citranews Indonesia

Berani , Kritis Dan Membangun

Bupati Nisel Resmikan BUMDes PONO Hilizoliga Pertama di Kecamatan Huruna

3 min read

 

NIAS SELATAN, Citranewsindonesia – Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, SH.,MH meresmikan langsung Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) PONO di Desa Hilizoliga, Kecamatan Huruna, Kabupaten Nias Selatan, Sabtu (23/02/2019).

Tampak hadir Wakil Bupati Nias Selatan Sozanolo Ndruru, Asisten II Martinus Halawa, S.Pd, Kepala Dinas Pendidikan Nurhayati Telaumbanua, S.Pd.,MM, Kepala Dinas Perhubungan Drs. Fa’atulo Gulo, Kepala Dinas Sosial Intansari Haria, SE.,MM, Anggota DPRD Nias Selatan Dapil III Yurisman Laia, SH, Camat Huruna Amosi Laia, SKM, Kapolsek Lolowa’u IPTU A. Yunus Siregar, mewakili danramil 10/Lolowa’u Alexson Harefa, Korwil Dinas Pendidikan Kecamatan Huruna Yakin Arif Halawa, S.Pd, Kepala UPTD Puskesmas Huruna Fasamaarti Gulo dan sejumlah Camat se-Dapil III, para kepala desa se-Kecamatan Huruna, para ASN se-Kecamatan Huruna, Tim Penggerak PKK Kecamatan Huruna, Rohaniawan dan Tokoh Masyarakat serta tamu undangan lainnya.

Pendirian dan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa adalah perwujudan dari pengelolaan ekonomi produksif Desa yang dilakukan secara Koorperatif, Partisifatif, Emansipatif, Transparansi, Akuntabel dan Sustaniabel. Oleh karena itu perlu upaya serius untuk menjadikan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa dapat berjalan secara mandiri, efektif, efisien dan profesional.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, SH.,MH mengapresiasi kinerja Pj. Kades Hilizoliga Kecamatan Huruna Potensi Restu Abadi Halawa bersama dengan perangkat desa dan BPD Desa Hilizoliga, dengan cara mengundang Pj. Kades Hilizoliga bersama dengan Pengurus BPD Hilizoliga untuk mendampinginya ditengah penyampaian arahan dalam kegiatan pembukaan BUMdes PONO Hilizoliga tersebut.

BACA JUGA :   Wabup Adlin Tambunan Hadiri Peluncuran TP2DD

“Pembangunan ekonomi harus dimulai dari desa, dengan mengedepankan ekonomi kerakyatan. Tentunya harapan pertumbuhan Bumdes ini harus menjadi pilar terdepan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sendiri,” ungkapnya.

“Pemeritah pusat mengingatkan kepada seluruh pemerintah kabupaten maupun kota untuk memfasilitasi tumbuh kembang serta majunya BUMdes,” ujar Hilarius. Dikatakannya, Berdirinya BUMdes PONO ini berarti masyarakat Desa Hilizoliga saat ini sudah mengalami kemajuan yang sangat pesat, oleh karena semangat kerja sama dan gotong royong.

Hilarius juga berharap kepada sejumlah pihak untuk mendukung pengembangan BUMdes PONO Hilizoliga ini, yang bergerak dibidang meubelair, dan menitip pesan kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nias Selatan untuk menjadikan salah satu BUMdes PONO Hilizoliga sebagai penyedia meubelair bagi sekolah yang membutuhkan.

Dan menghimbau Pengurus BUMdes PONO dan Pemerintah Desa Hilizoliga, agar dapat memperbaiki segala kelemahan-kelemahannya dari waktu ke waktu sehingga dapat lebih berkembang sebagaimana diharapkan

Peresmian tersebut ditandai dengan pemotongan tali pita oleh Bupati Nias Selatan didampingi Wakil Bupati Nias Selatan, kepala desa dan Muspika Kecamatan Huruna. Bupati juga meninjau peralatan BUMdes setelah peresmian.

Disela-sela peninjauan peralatan Meubelair Bumdes Pono Hilizoliga, Hilarius menyarankan Pj. Kades Hilizoliga agar segera menambah daya listrik PLN untuk mendukung kelancaran kegiatan BUMdes, karena adanya gangguan teknis disaat peninjauan yang diduga akibat kekurangan tegangan listrik, dan walaupun demikian peralatan tersebut telah dapat beroperasi.

Sebelumnya tokoh masyarakat Kecamatan Huruna Kornelius Halawa, ST menyampaikan terimakasih  kepada Pemerintah Kabupaten Nias Selatan yang telah memberi perhatian bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah ini dengan berbagai bantuan, mudah-mudahan dapat mendorong semangat bagi upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat dan menyatakan sebagai tokoh masyarakat siap mendukung program pembangunan Nias Selatan ke depan, dan mengapresiasi kinerja Pemerintah Desa Hilizoliga atas terobosannya dalam mengembangkan desanya, diantaranya dengan mendirikan BUMdes PONO Hilizoliga.

BACA JUGA :   Personil Polres Nias Selatan Mendapatkan Kenaikan Pangkat

Anggota DPRD Nias Selatan Yurisman Laia, SH menyambut baik pendirian BUMdes PONO Hilizoliga yang bergerak dibidang meubelair, dan berharap dapat bersaing dengan panglong-panglong yang ada disekitar lingkungan Huruna dan berharap dapat menjawab tuntutan jaman akan kebutuhan meubelair, baik dari sisi motif, kualitas bahkan harga jual, sehingga dapat lebih cepat berkembang.

Pj. Kades Hilizoliga Potensi Restu Abadi Halawa dalam laporannya menjelaskan bahwa Pendirian BUMdes PONO Hilizoliga, didasari dengan berbagai ide dan gagasan masyarakat desa Hilizoliga, sehingga untuk mewujudkan harapan tersebut Dana Desa Hilizoliga tahun anggaran 2018 telah memulai untuk penyertaan modal sebesar 60 Juta rupiah.

Pada kesempatan itu Camat Huruna Amosi Laia, SKM menyerahkan cendra mata kepada Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, SH.,MH berupa satu unit meja biro, hasil produksi BUMdes PONO Hilizoliga, yang selanjutnya Bupati Nias Selatan menyerahkannya di Kantor Camat Huruna untuk penggunaannya.

(Asalmar)

 

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Subscribe for notification