Pemkab Sergai Peringati Hari Pramuka ke-57

Pemkab Sergai Peringati Hari Pramuka ke-57

Serdang Bedagai,Citranewsindonesia– Pemkab Sergai Peringati Hari Pramuka ke 57 tahun 2018 Dengan Upacara bertempat di Halaman Eks MTQ Kecamatan Pegajahan Sabtu (13/10) pagi.

Hadir dalam Acara Tersebut Bupati Sergai Ir H Soekirman, Kapolres Sergai AKBP Juliarman Eka Pasaribu, SH, SIK, MH, perwakilan Dandim 0204/DS, perwakilan Kajari Sergai, Ka Kwarcab Sergai Drs. Joni Walker Manik, MM, Kwarda, Kepala OPD selaku anggota Mabicab Gerakan Pramuka Sergai, Camat selaku Ketua Mabiran, Ketua Dewan Pendidikan Agus Marwan, Pengurus PSSI Dimas Triadji, Ketua Kwarcab, Kepala SD/SMP/SMA Ketua Mabigus, Para Kepala Desa selaku Ketua Mabides, serta ribuan Pramuka se-Sergai.

BACA JUGA :   Baznas Tangsel Adakan Bimtek Pembentukan UPZ Dan Pengelolaan Zakat Fitrah

Kegiatan diawali dengan defile barisan Kwartir Ranting se-Kabupaten Sergai. Bertindak selaku Pembina Upacara Bupati Sergai Ir H Soekirman yang juga Ketua Mabicab Sergai sekaligus membacakan Sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Indonesia Dr Adhyaksa Dault, SH, M.Si, Perwira Upacara Rustam dari Andalan Cabang Sergai serta Komandan Upacara David Tamba dari SMAN 1 Perbaungan.

Usai upacara Hari Pramuka ke-57 Tahun 2018 tersebut, digelar kegiatan seremonial dalam rangka memeriahkan Hari Pramuka yang diisi dengan pertunjukan bakat tari dan kreasi dari personil Kwartir Ranting se-Sergai.

Laporan Ketua Panitia, Nuralamsyah, SH, M.Hum menyebutkan apel besar Hari Pramuka ke-57 Tahun 2018 ini mengambil tema “Pramuka Perekat NKRI” ini dihadiri 5.360 Pramuka se-Sergai.

Tujuan kegiatan adalah untuk menumbuhkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa, menunjukkan eksistensi Gerakan Pramuka di Sergai, juga sebagai sarana menampilkan bakat dan kreativitas serta mempererat rasa persaudaraan sesama anggota Pramuka.

Sementara Ka Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Sergai Drs. Joni Walker Manik, MM menyampaikan bahwa apa yang ditampilkan hari ini adalah wujud kerja keras dari pendidikan di Serdang Bedagai. Betapa banyak halangan untuk berkreasi serta berprestasi, namun pendidikan dan Pramuka Sergai tetap unggul, keren, cerdas dan berani.

Sambutan Bupati Sergai Ir H Soekirman :Pramuka harus keren, harus cerdas dan harus berani, seperti halnya 3 orang Pramuka yang membacakan Teks Pancasila, Proklamasi dan Dasa Dharma Pramuka diluar kepala dan tanpa salah pada Apel yang baru dilaksanakan tadi.

Walau kita anak kampung, tapi kita tidak kampungan.

Walau para pramuka tidak pegang senjata dan tidak ikut politik praktis, namun semangat perjuangan persatuan bangsa Indonesia para masa perjuangan dahulu penuh dengan peran pandu Pramuka yang menjadikan lagu Indonesia Raya boleh diperdengarkan sehingga menjadi semangat perjuangan bangsa Indonesia hingga merdeka sampai saat ini.

Oleh karena itu diminta kepada pembina dan semuanya bahwa kita bangga membimbing adik-adik Pramuka kita disini dengan segala keunggulannya.

Kecerdasan seperti tadi perlu diasah bagi semua Pramuka agar siap menghadapi segala tantangan yang ada. Seperti halnya anak Sergai yang menjadi juara pertama Sarhil dan Fahmil Quran pada perhelatan MTQ Nasional ke-72 Tahun 2018 yang baru ditutup kemarin.

Sumbangan prestasi tersebut turut andil atas suksesnya Sumut meraih peringkat tiga MTQ Nasional ke-72 Tahun 2018.

Kehebatan Pramuka ini akan selalu menjadi kenangan seumur hidupmu.

Sehubungan dengan perhatian pemerintah daerah kepada Pramuka, dalam waktu dekat kita akan memiliki Bumi Perkemahan Pramuka di Pantai Cermin yang lengkap dengan hutannya sehingga para Pramuka dapat mengaplikasikan kecintaan kepada kelestarian alam.

Terkait makin dekatnya gelaran Pemilu pada 2019 nantinya, dihimbau kepada masyarakat untuk memilih pemimpin yang berasal dari daerah kita sendiri, hal ini tentu akan dapat membuat Sergai disegani bukan hanya di Sumatera Utara bahkan secara nasional.

Pada akhir acara, turut diserahkan Piala Bupati Sergai kepada pemenang Defile Terbaik dalam rangka Hari Pramuka ke-57 Tahun 2018 yang diraih Kwartir Ranting Perbaungan. Untuk peringkat kedua diraih Kwartir Ranting Dolok Masihul, sementara Kwartir Ranting Pantai Cermin meraih peringkat ketiga.

Reporter : Herry

Facebook Comments
KABUPATEN SERGAI NEWS SUMATERA