29 Januari 2023

Citranews Indonesia

Berani , Kritis Dan Membangun

H. Darmadji Prawirasetia, M.Kes : Dewan Kebudayaan Banjar Harus Segera Terbentuk

2 min read

BANJAR,Citranewsindinesia–Wakil Walikota Banjar, drg. H. Darmadji Prawirasetia, M.Kes., menegaskan bahwa pada bulan Agustus Tahun 2018, Dewan Kebudayaan Kota Banjar, harus segera terbentuk dan segera dikukuhkan.

Mengingat pentingnya kemajuan kebudayaan diwilayah Kota Banjar, dengan harapan besar ini menjadi salah satu upaya bersama untuk penyelamatan peradaban manusia.

“Pembentukan Dewan Kebudayaan Kota Banjar ini, jangan dilama-lamakan, segera bentuk dan dikukuhkan, bila perlu pada akhir bulan Agustus ini harus terbentuk kemudian dikukuhkan,” ucap Wakil Walikota drg. H. Darmadji Prawirasetia, ditemui usai mengahadiri Kemah Budaya Pra Kondisi Pembetukan Dewan Kebudayaan Kota Banjar, di Aula Batalyon Raider 323/Buaya Putih, Senin (20/08/2018).

Darmadji, menerangkan upaya melestarikan budaya tersebut bukan pertama kali dibuat. Sebelumnya pihaknya sudah berinisiatif untuk membentuk dewan kebudayaan. Namun harapan itu belum juga tercapai hingga kini karena berbagai kendala.

BACA JUGA :   Tingkatkan Kebersihan Dan Protokoler Covid-19, UNTAR Dan TNGGP Resort Cibodas Gelar Bakti Sosial

“Maka dengan upaya yang dilakukan oleh teman-teman, tokoh seni budaya muda ini, mudah-mudahan akan segera terealisasi. Tadi sudah saya sampaikan kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banjar, agar bulan Agustus ini, Dewan Kebudayaan di Kota Banjar segera dibentuk,” jelasnya

Sementara Deklarator Pembentukan Dewan Kebudayaan Kota Banjar, Syarif Hidayat, mengatakan membentuk Dewan Kebudayaan merupakan amanah dari Undang-undang No 05 Tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan. Bahwa isi perundang-undangan ini setiap daerah wajib mendirikan Dewan Kebudayaan sebagai wadah berkumpulnya pada seniman dan budayawan serta akademisi merumuskan perlindungan, pelestatian, pengembangan kebudayaan.

“Ini merupakan satu tantangan bersama ketika peradaban dunia berkembang sangat pesat. Maka ini pun berdampak pada pola kehidupan manusia terutama di Indonesia. Apalagi arus globalisasi yang sangat cepat masuk berpengaruh pada pergeseran kebiasaan struktur masyarakat. Maka perlu adanya upaya bersama berpikir keras bagaimana caranya kita bisa menyelamatkan peradaban masa yang akan datang,” katanya

BACA JUGA :   Program Cakades nomor urut 2 Di Desa Iwul

Pendiri Etnografi News Institute ini, menambahkan bahwa hadirnya Dewan Kebudayaan Kota Banjar, nanti harus menjadi satu ruh bersama para penggiat seni serta budaya bersatu dalam satu ikatan untuk bersinergi dengan pemerintah membangun peradaban masyarakat yang berkarakter sesuai dengan marwah kebangsaan Indonesia.

“Kami ucapakan terima kasih kepada Komandan Batalyon Raider 323/Buaya Putih yang telah mengijinkan kami untuk berkemah dan berdiskusi membahas kebudayaan bersama seniman, budayawan serta akademisi,” imbuh Syarif.

Diketahui Deklarasi Pembentukan Dewan Kebudayaan Kota Banjar, ini diinisiasi Jurnalis Banjar Patroman (JBP) juga Penggiat Muda Seni Jawa Barat.

(***)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKUTI CITRANEWS OK TERIMAKASIH