1 Oktober 2022

Citranews Indonesia

Berani , Kritis Dan Membangun

Ayam Pelung, Unggas Asli Cianjur Yang Bersuara Emas Seperti Betharia Sonata

2 min read

Cianjur,Citranewsindonesia- Bukan hanya beras dan Taucho Cianjur saja kekayaan kuliner yang dimiliki oleh wilayah kabupaten Cianjur, Jawa Barat ini, selain memiliki panorama keindahan alamnya yang cantik tiada tara, eksotis dan sejuk, kabupaten Cianjur juga memiliki aset binatang unggas ayam Pelung yang memiliki suara yang sangat khas dan indah laksana melodi lagu tanah Pasundan yang dapat menentramkan jiwa.

Kepada reporter Citranewsindonesia.com, Minggu (25/02/2018) Jalaludin atau biasa orang sekitar memanggilnya si Kembar adalah salah seorang peternak dan penjual ayam Pelung khas Cianjur, yang tinggal di Kampung Gunung Lanjung, Desa Cijedil, kecamatan Cugenang, kabupaten Cianjur, menerangkan bahwa, ayam Pelung adalah ayam khas Cianjur yang dahulu pertama kali diperkenalkan oleh Mamah Jarkasih.

“Ayam Pelung memiliki ciri postur tubuhnya yang besar dan yang paling membedakan dengan jenis ayam lainnya adalah, ayam Pelung memiliki suara yang sangat khas yaitu suaranya sangat panjang dan memiliki cengkok suara hingga empat cengkokkan yang paling bagus seperti suara emasnya penyanyi Betharia Sonata,” terang Jalaludin.

BACA JUGA :   Rano Karno Resmikan Galeri Lukisan Partai Nasden Provinsi Banten

Lebih lanjut Jalaludin menginformasikan bahwa, bibit ayam Pelung biasa yang berusia satu bulan itu harganya 200 ribuan, sedangkan untuk bibit ayam pelung unggulan harganya antara 500 ribu hingga 1 jutaan.

Sedangkan untuk harga ayam Pelung biasa yang sudah dapat bersuara diusia Delapan hingga Satu tahun itu, harganya 2 jutaan. Dan ayam Pelung unggulan yang sudah dapat bersuara itu harganya antara 5 hingga 30 jutaan (yang sudah menang kontes-red).

“Cara pemeliharaan ayam Pelung itu cukup mudah kok, sama dengan ayam biasa. Malah lebih sulit cara memelihara ayam Bangkok, makannyapun mudah hanya diberikan dedek saja. Saya berharap kedepannya pemerintah daerah kabupaten Cianjur akan lebih dapat memperhatikan dan membina para peternak ayam Pelung Cianjur dengan lebih baik, agar kualitas peternak ayam Pelung di Cianjur akan dapat menghasilkan bibit-bibit yang lebih bagus dan baik lagi dan dapat meningkatkan sumber penghasilan warga masyarakatnya dan menambah daya tarik serta keragaman destinasi wisata yang ada di kabupaten Cianjur disamping panorama alamnya memang yang sudah sangat indah,” pungkasnya.

(BTL)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

IKUTI CITRANEWS OK TERIMAKASIH