DBPR TANGSEL GELAR PELATIHAN PENINGKATAN KELEMBAGAAN KSM AIR BERSIH

TANGSEL,Citranewsindonesia– Pelayanan air bersih perpipaan di perkotaan Indonesia umumnya masih tergantung oleh PDAM. Namun kondisi tingkat pelayanan PDAM saat ini belum optimal. Dari 7 kecamatan yang ada di Kota Tangerang Selatan, sistem penyediaan air minum perpipaan baru  melayani Kecamatan Serpong, Kecamatan Serpong Utara dan sebagian kecil Kecamatan Setu juga bekerjasama dalam bidang distribusi air dengan pengelola perumahan di Bintaro, BSD dan Alam Sutera. Perencanaan kedepannya Pemerintah Kota Tangerang Selatan melalui BUMD diharapkan dapat melaksanakan pelayanan air minum di Kota Tangerang Selata, dengan memanfaatkan  pembangunan Sarpras  SPAM Zona 3 (Wil. pelayanan Pamulang, Ciputat dan Ciptim) dan SPAM Zona 4 (Wilayah Pelayanan Kec. Setu, Serpong dan Serut).

Pelatihan Peningkatan kapasitas Kelompok  Swadaya Masyarakat (KSM) Pengelola Air Bersih merupakan bagian tidak terpisahkan dari upaya Pemerintah Kota Tangerang Selatan melalui Dinas Bangunan dan Penataan Ruang dalam menyelenggarakan Sistem Pelayanan air minum (SPAM) khususnya non perpipaan.  Pelayanan ini dimungkinkan bahwa Kota Tangerang Selatan  saat ini masih banyak mengandalkan hal tersebut dan masih sedikit yang sudah terlayani oleh sistem perpipaan, Pelatihan KSM Air minum juga bertujuan  untuk memberikan pemahaman bagi calon KSM yang telah menpatkan bantuan penyediaan sarana prasarana yang dibangun pada tahun 2017 berupa Hidran Umum, Sumur Dalam, jaringan distribusi dan pipa Sambungan Rumah (SR) dan Meteran Air yang selanjutnya melayani 50 Sambungan rumah atau KK, aspek pemberdayaan KSM, operasional dan pemeliharaan sarana prasarana Air bersih,  partisipasi masyarakat dalam bentuk iuran warga, serta melindungi ketersediaan sumber air baku yang bebas dari pencemaran.

BACA JUGA :   Gembyar HUT Tangsel 8 Kecamatan Setu 2016

Pelatihan ini dikuti oleh antara lain KSM Villa Bontang Mas Kel.  Kranggan, KSM Perum Pondok Pucung Indah II RW.06 Kel.  Pondok Pucung, KSM Perum Pondok Kacang Prima RT.03 RW.08 Kel.  Pondok Kacang Timur, KSM RT.07 RW.11 Kel.  Jurang Mangu Barat, KSM Ceger RT.01 RW.05 Kel. Jurang Mangu Barat, KSM Perum Graha Permai RW.09 Kel. Sawah, KSM Pondok Maharta RW.11 Kel. Pondok Kacang Timur, KSM Perum Pesona Serpong Kel. Kademangan, KSM Reni Jaya RW.20 Kel. Pamulang Barat, KSM Perum Japos Graha Lestari RW.09 Kelurahan Jurang Mangu Barat, KSM RW.08 Kel.  Pondok Benda, KSM RT.013 RW.05 Kel. Keranggan, KSM Perum Citra Prima RT.13 RW.05 Kel. Muncul

Kepesertaan acara ini adalah Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Pengelola dan Calon Pengelola Air Bersih, hal ini sesuai sebagaimana tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 122 Tahun 2016 tentang Kelompok masyarakat yaitu kumpulan, himpunan, atau paguyuban yang dibentuk masyarakat sebagai partisipasi masyarakat dalam Penyelenggaraan SPAM untuk memenuhi kebutuhan sendiri. Dijelaskan bahwa Kelompok Masyarakat dapat melaksanakan pelayanan air minum yang dilakukan untuk memberikan pelayanan Air Minum kepada masyarakat yang berada di luar jangkauan pelayanan BUMN/BUMD dan UPT/UPTD dan dilaksanakan untuk memenuhi Kebutuhan Pokok Air Minum Sehari-hari bagi masyarakat di kawasannya.

BACA JUGA :   Airin Resmikan Kantor KPU Tangsel

Pelatihan ini juga sarana untuk mengetahui perkembangan tiap KSM dalam melaksanakan pengeloaan beserta permasalahan yang terjadi, seperti perubahan kualitas air, tingkat kehilangan air (lost), penambahan Sambungan Rumah  dan lain-lain, juga dimaksudkan untuk mempersiapkan KSM yang telah eksis untuk mempersiapkan tahapan pembentukan badan hukum bagi kelompok tersebut.

Karena program ini merupakan penyelenggaraan yang didasarkan pada konsep pemberdayaan masyarakat, dengan harapan program ini dapat mengembangkan potensi masyarakat yang ada serta menjaga program yang berkelanjutan. Oleh karena itu penguatan kapasitas yang dikembangkan di masyarakat menjadi agenda pokok dalam tahap pengelolaan ini.(ADV)

Facebook Comments

YusmanH

UKW 2018

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

IKUTI CITRANEWS OK TERIMAKASIH