23 Mei 2022

Citranews Indonesia

Berani , Kritis Dan Membangun

Peran Serta Orangtua Sangat Penting Dalam Pendidikan Selain Disekolah

3 min read
Tangsel,citranewsindonesia,— Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan, sekolah SDN 03 Pondok Kacang Barat pada Sabtu (05/11/2016) menggelar seminar mengenai peranan orang tua murid dalam dunia pendidikan. Acara seminar di selenggarakan di Aula SDN 03 Pondok Kacang Barat, di Jl.AMD Raya, Pondok Kacang Barat, Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan, dengan tema ” Peran Serta Orangtua Dan Masyarakat Dalam Dunia Pendidikan “.
Acara seminar dibuka langsung oleh Drs.H.Mathoda, M.Si selaku Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan, Kepala Sekolah  Pondok Kacang Barat 03 Narsum, S.Pd, dan Ir.H.Anwar Martadiharja selaku Pemerhati Pendidikan yang juga sebagai Narasumber, Hartono selaku Pengawas UPT Dindik Pondok Aren, Muhidin selaku Ketua Komite Sekolah, Rully selaku Ketua Paguyuban Wali Murid, Dewan Guru, dan Para Orang Tua Siswa – Siswi SDN 03 Pondok Kacang Barat.
Drs.H.Mathoda, M.Si selaku Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan, dalam sambutannya mengatakan bahwa Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan sangat mengapresiasi sekali dengan kegiatan seminar tentang peranan orang tua murid dalam dunia pendidikan yang diselenggarakan pada hari ini, karena dalam dunia pendidikan itu selain peranan guru dalam proses belajar mengajar di lingkungan sekolah, peranan orang tua juga sangat diharapkan sekali untuk di lingkungan rumah.
“Semoga dengan adanya seminar yang positif ini, perhatian orang tua terhadap anak – anaknya bisa lebih bertambah lagi, sehingga nantinya menghasilkan generasi penerus bangsa yang cerdas dan religius ” harap H.Mathoda
Sementara Narsum, S.Pd selaku Kepala Sekolah SDN 03 Pondok Kacang Barat, mengatakan Tujuannya dalam kegiatan ini agar orang tua dan masyarakat itu mengetahui bahwa pendidikan anak itu bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, melainkan juga tnggung jawab meraka sebagai orang tua dan masyarakat. 
“Baik dari sisi pendidiknnya maupun dari pembiayaan juga orang tua dan masyrakat punya tanggung jawab, Bahkan orang tua sangat besar peranannya dibandingkan dengan pemerintah atau sekolah.” Terang Narsum
“Selama ini orang tua, karena dengan kesibukannya jarang memperhatikan perkembangan anaknya karena merasa sudah dititipkn di sekolah.”
Maka dengan adanya seminar ini, kami berharap orang tua mulai memperhatikan pendidikan anaknya di rumah. Di sekolah tanggung jawab pemerintah dan guru, di rumah tanggung jawab mereka orang tua kami sifatnya membantu kedua orangtuanya yang memiliki peranan besar. Terutama ibunya. Karena waktu juga lebih banyak di rumah dibandingkan disekolah. Paparnya
Ir.H.Anwar Martadiharja selaku Pemerhati Pendidikan yang juga sebagai Narasumber, dalam materinya mengatakan bahwa latar belakang keluarga sangat besar pengaruhnya terhadap pembentukan karakter anak, karena karakter ini bisa dibentuk dari hasil belajar dan menyerap dari perilaku kita sebagai orang tua.
“Peranan orang tua sangat besar pengaruhnya terhadap perkembangan anak, begitu juga seorang pemimpin harus menjadi panutan bawahannya, karena sistem budaya Indonesia adalah menganut orientasi vertikal yang artinya seorang anak akan meniru kelakuan orang tuanya, atau bawahan akan meniru kelakuan atasannya. Maka dari itu, jauhkanlah dilingkungan kita akan peribahasa yang mengatakan : guru kencing berdiri, murid kencing berlari ” paparnya.
Selain itu juga Ir.H.Anwar Martadiharja dalam wawancaranya kepada media seusai acara seminar, menambahkan bahwa dalam mendidik anaknya, orang tua haruslah kompak keduanya, Ayahnya mengatakan ” TIDAK ” sang Ibu juga harus mengatakan ” TIDAK ” juga, jangan berlainan dalam memutuskan sesuatu kepada anaknya.
Dan menghimbau kepada para orang tua agar mendidik buah hatinya dengan sebaik-baiknya, walaupun sesibuk apapun aktivitas orang tua dalam mencari nafkah, agar menyempatkan waktunya setiap harinya untuk berkomunikasi dan memberikan perhatian dengan buah hatinya. Pungkasnya (DR)
Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

IKUTI CITRANEWS    OK TERIMAKASIH