20 Mei 2022

Citranews Indonesia

Berani , Kritis Dan Membangun

Tangsel Targetkan Raih Swasti Saba Wiwerda Sebagai Kota Sehat

2 min read
Tangsel,citranewsindonesia,— Kota Tangerang Selatan melalui Dinas Kesehatan bertekad mendapatkan penghargaan Kota Sehat Swasti Saba Wiwerda (Pembinaan). Kota Sehat merupakan proses dalam menciptakan dan meningkatkan kualitas fisik, sosial dan budaya dengan pengembangan potensi masyarakat. Sedangkan tujuan penyelenggaraan Kota Sehat ini tercapainya kondisi Kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni dan ditempati warganya dengan melaksanakan program kesehatan lintas sektor terkait.
Untuk tahun ini empat kecamatan sebagai lokasi khusus (lokus) disiapkan untuk mengikuti verfikasi dari tim penilaian dari Pemerintah provinsi Banten. Ke empat kecamatan yakni, Serpong Utara untuk tatanannya adalah kawasan industri dan perkantoran sehat dengan lokusnya PT. Indah Kiat dan Kantor BP2T Kota Tangerang Selatan.   
Kemudian Kecamatan Serpong dinilai tatanan kehidupan masyarakat sehat yang mandiri. Lokusnya adalah Puskesmas Serpong 2, Kantor PDAM Tirta Kerta Rahardja, Sekretariat Forum Komunikasi Kecamatan Serpong dan Sekretariat Pokja Kelurahan Serpong. 
Sementara untuk Kecamatan Pondok Aren akan dinilai tatanan kehidupan sosial yang sehat. Lokusnya adalah Bina Keluarga Balita (BKB) Flamboyan dan Tempat Penitipan Anak (TPA) Baitul Maal.
Serta Kecamatan Ciputat Timur sudah disiapkan tatanan yang akan dinilai, yakni kawasan pemukiman sarana dan prasarana sehat di Cirendeu. Untuk lokusnya, Bank Sampah Sampurna, Pasar Sektor 2 Bintaro, Sekretariat Forum Komunikasi (Forkom) Kecamatan Ciputat Timur dan Sekretariat Pokja Kelurahan Rengas. 
Salah satu Tim Verifikasi Kota Sehat dari Pemprov Banten Novy Dwi R.A mengatakan, untuk di Kecamatan Serpong pihaknya sudah memonitor sejumlah lokasi. Yakni, pemeriksaan dokumen di Kantor Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan. Setelah itu, tim bergerak ke Sekretariat Forum Kota Sehat (FKS), Kantor Kecamatan Serpong, Puskesmas Serpong 2 dan Kantor PDAM Tirta Kerta Rahardja. “Ada beberapa catatan yang kami berikan dan harus dilengkapi seperti dokumentasi. Secara umum sudah memnuhi persyaratan,” kata Kasubid Kesehatan dan Gender pada Bappeda Provinsi Banten ini saat ditemui di sela verfikasi di Kantor Kecamatan Serpong pada Senin, (24/10/2016).
Sementara Kepala Bidang Promosi Kesehatan dan Sumber Daya Kesehatan pada Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan Iin Sofiawati mengatakan, verifikasi kota sehat akan berlanjut ke tingkat nasional jika lolos dari verifikasi di tingkat Provinsi Banten. Sebelum kedatangan tim verifikasi,pihaknya telah mempersiapkan di setiap lokus. “Kita optmis lolos di tingkat Provinsi Banten. Tahun lalu kita mendapat penghargaan Kota Sehat Swasti Saba Padapa,” Tutupnya (Red)
Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

IKUTI CITRANEWS    OK TERIMAKASIH