21 Mei 2022

Citranews Indonesia

Berani , Kritis Dan Membangun

Wakil Dubes AS Menyerahkan Secara Simbolis 600.000 Buku Bacaan Berjenjang

2 min read
Tangsel,citranewsindonesia.com,—Wakil Duta Besar AS, Brian McFeeters, bersama dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Anies Baswedan, mengunjungi SDN Jelupang 2 sekolah dasar negeri di Tangerang Selatan Banten untuk menyerahkan secara simbolis 600.000 buku bacaan berjenjang. 
Buku ini akan didistribusikan ke 986 sekolah dasar di tujuh kabupaten di Banten. Dalam kunjungan tersebut,mereka mengamati pembelajaran siswa kelas I dan kelas III menggunakan buku tersebut.
“Buku ini akan membantu siswa meningkatkan kemampuan membaca dan meningkatkan kenikmatan membaca. Semakin bagus kemampuan membaca seorang siswa. semakin baik kemampuan belajar mereka.” kata Wakil Dubes AS. Brian McFeeters
“Lebih dari l00.000 siswa di Banten akan mendapatkan keuntungan dari dukungan ini.“
Sebelumnya. dalam kunjungan ke Lebak, Banten pada bulan Maret 20I6, Anies Baswedan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menekankan pentingnya mengembangkan minat baca siswa di sekolah melalui, antara lain. memperkenalkan waktu membaca di sekolah selama 15 menit setiap pagi sebelum memulai pembelajaran.
“Peluncuran gerakan ini menjadi tidak bermakna jika tidak ada proses pembiasaan membaca di sekolah.” Ungkap Hamid Muhammad dalam sambutannya Selasa (24/05/2016)
USAID PRIORITAS (Priontizing Reform, lnnovation, Opportunities for Reaching Indonesia’s Teacher, Administrators, and Students) adalah program lima tahun yang didesain untuk menghadirkan pendidikan kelas dunia kepada siswa Indonesia. Sejak 2012, USAID PRIORITAS telah bekerja bersama 7 pemerintah kebupaten di Banten untuk meningkatkan kualitas pendidikan dasar.
Program ini telah menyediakan dukungan teknis untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan manajemen di lebih dari 2.192 sekolah dasar dan sekolah menengah, dan telah melatih lebih dari I0.786 guru. Pemerintah daerah telah menerima dukungan dalam kegiatan koordinasi, perencanaan dan pendanaan jasa pendidikan, terutama dalam penataan dan pemerataan guru.
Di Provinsi Banten USAID PRIORITAS bekerja di 7 kabupaten dan kota (Cilegon, Lebak. Kata Tangerang Kabupaten Serang. Pandeglang, Kabupaten Tangerang, dan Tangerang Selatan) dan dua Lembaga Pendidikan Tema Kependidikan (LPTK): Universitas Negeri Banten UTIRTA dan Universitas Negeri Islam Banten IAIN SMH.
USAID PRlORlTAS merupakan satu dari sejumlah program pendidikan di Indonesia yang membantu individu, organisasi dan Institusi mendapatkan pengetahuan kemampuan dan kapasitas untuk mendukung upaya lndonesia dibidang pembangunan. USAID memimpin upaya Pemerintah Amerika Serikat dalam pendampingan pembangunan dan kemanusiaan.
Dalam pemberian buku tersebut dihadiri juga oleh Stuart Weston (Direktur Program USAID Prioritas), Hamid Muhammad (Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud), Andrew Sisson (Direktur USAID Indonesia), Brian Mcfeeters (Wakil Duta Besar Amerika Serikat), Benyamin Davny (Wakil Walikota Tangerang Selatan), Engkos Kosasih S (Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Banten), Mathodah (Kepala Dinas Pendidikan Tangsel) dan seluruh guru SDN Jelupang 2 dan para siswa. (Dede Richal)
Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

IKUTI CITRANEWS    OK TERIMAKASIH