Desa Pesanggrahan Gelar Acara Sedekah Bumi, Ribuan Warga Antusias Turun ke Jalan

Desa Pesanggrahan Gelar Acara Sedekah Bumi, Ribuan Warga Antusias Turun ke Jalan

Kab. Cilacap | CitraNewsIndonesia.com – Ribuan Masyarakat tumpah ke jalan mengikuti acara sedekah bumi yang digelar Kepala Desa Pesanggrahan.

Acara sedekah bumi dengan mengusung tema: Memetri Bumi Hamemayu Hayuning Bawa Masyarakat Pesangrahan pinaringan urip ayom, ayem, tentrem, guyup rukun, luput ing sambekala, cinaketing nugraho jinangkung Gusti Ingkang Maha Kuasa.

Tugiman Kepala Desa Pesanggrahan, Kecamatan Kesugihan merasa senang melihat warganya yang begitu luar bisa antusias mengikuti acara arak-arakan hasil sedekah bumi.

“Terima kasih kepada semua pihak, khususnya panitia dan Ketua Adat yang telah memprakarsai acara ini sehingga bisa terselenggara kembali”, kata Tugiman. Sabtu, (03/06/2023).

Ia berharap melalui sedekah bumi tersebut, membawa keberkahan bagi warganya dan Desa Pesanggrahan menjadi lebih maju dan sejahtera serta hasil alamnya yang melimpah.

Dalan acara tersebut hadir Anggota DPRD Kabupaten Cilacap dari Fraksi PDI Perjuangan Anggit Adi Juwita, dari pihak kecamatan, Babinsa, Baktimas Kecamatan Kesugihan.

BACA JUGA :   DPMP3AKB Tangerang Selatan Gelar Pelatihan Seni Kaligrafi

Anggit menjelaskan, sedekah bumi ini merupakan kegiatan tradisi budaya masyarakat Jawa yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya hanya dalam dua tahun belakang ini tidak diadakan karena Indonesia dilanda Covid – 19.

“Dan Alhamdulilah setelah pandemi Covid usai masyarakat kembali normal beraktifitas seperti sediakala termasuk kegiatan dengan massa yang besar sudah diperbolehkan, termasuk sekarang ribuan masyarakat Desa Pesanggrahan tumpah ke jalan untuk acara sedekah bumi yang digelar di balai Desa”, kata Anggit.

Lanjut Anggit mengatakan, Acara ini juga untuk membangun solidaritas antar sesama bahwa kita semua bersaudara dibumi ini, adalah milik kita semua tidak hanya segelintir orang karena itu bumi ini perlu kita jaga dan kita doakan serta kita bersyukur atas semua yang Tuhan berikan kepada kita.

Dengan terlaksnanya acara ini Anggit berharap yang terbaik untuk masyarakat Desa Pesanggrahan, mudah-mudahan keberuntungan dan kelimpahan sumber daya alam juga lebih baik daripada hari ini.

BACA JUGA :   Ketua DPRD Banten Apresiasi Audiensi SMSI Yang Membuka Wawasan Terhadap Dunia Pers

Diketahui acara sedekah bumi itu masing-masing  RW dan RT membawa berbagai hasil bumi di balai desa, ada yang masih mentah juga ada yang siap santap di ditempat.

Setiap hasil bumi yang dibawa ke balai desa akan dinilai oleh tim juri yang dibentuk oleh panitia, setelah itu yang jadi juara akan mendapatkan hadiah dari panitia.

Peserta juara satu RT. 01/RW. 06 dengan jumlah nilai 409, juara dua RT. 01/RW. 03 dengan jumlah nilai 407, juara tiga RT. 01/RW. 04 dengan nilai 406, juara empat RT. / 01/RW 05  dengan nilai 405, juara lima RT. 01/RW. 01 dengan nilai 404, juara enam RT. 01/RW. 03.

(Jos)

Facebook Comments
CILACAP JAWA TENGAH NEWS