PEMKAB Nias Barat Gelar RAKOR Persiapan Festival Pesona Aekhula & PRSU ke-49 Tahun 2023

PEMKAB Nias Barat Gelar RAKOR Persiapan Festival Pesona Aekhula & PRSU ke-49 Tahun 2023

Nias Barat | Citranewsindonesia.com – Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu memimpin pelaksanaan Rapat Koordinasi (RAKOR) persiapan pelaksanaan Festival Pesona Aekhula (FPA), Pesta Budaya Rakyat Nias Barat dan persiapan keikutsertaan Nias Barat pada Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) ke-49 tahun 2023. Bertempat di Ruang Aekhula-Jumat, (03/03/2023).

Rapat Koordinasi ini dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Nias Barat Drs. Evolut Zebua, para Asisten Setda Kabupaten Nias Barat, Kadis Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga selaku Ketua Panitia, Kepala OPD dan personil Panitia yang terlibat pada pelaksanaan kegiatan dimaksud.

Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu melalui arahannya mengatakan bahwa penyelenggaraan event FPA dan Pesta Budaya Rakyat serta keikutsertaan Nias Barat pada PRSU ke-49 Tahun 2023 merupakan salah satu upaya untuk mempromosikan potensi pariwisata dan melestarikan kekayaan budaya Nias Barat selain pembangunan dan penataan destinasi wisata.

Hal tersebut, menurut Bupati Kabupaten Nias Barat Khenoki Waruwu, dilakukan sebagai upaya mendongkrak industri pariwisata di Kabupaten Nias Barat.

“Di tengah proses pengembangan sektor pariwisata, perlu diadakan berbagai event kepariwisataan dan kebudayaan, selain pembangunan destinasi wisata, dengan tujuan untuk mempromosikan, melestarikan dan meningkatkan kunjungan wisatawan di Kabupaten Nias Barat,” ungkap Bupati Nias Barat.

Penyelenggaraan FPA, Pesta Budaya Rakyat dan keikutsertaan Nias Barat pada PRSU pada tahun ini, sangat erat kaitannya dengan budaya, sebagai nilai jual pada event tersebut. Untuk itu Bupati Nias Barat berharap agar seluruh personil yang terlibat pada kegiatan tersebut, saling bahu membahu dan bersinergi, sehingga terlaksana dengan baik dan membawa dampak terhadap pertumbuhan ekonomi terutama bagi masyarakat di sekitar kawasan pelaksanaan event.

BACA JUGA :   Upacara HUT TNI ke-78 Tahun 2023 di Kodim 0104/Atim Berlangsung Khidmat

“Diharapkan agar pertunjukan budaya yang ditampilkan pada setiap event menampilkan ciri khas Nias Barat dan dikemas dengan baik sehingga dapat menghibur dan dinikmati oleh seluruh kalangan masyarakat sekaligus dapat meningkatkan nilai jual dari pelaksanaan event tersebut”, harap Bupati Khenoki Waruwu.

Hal yang sama diungkapkan oleh Ketua DPRD Kabupaten Nias Barat Drs. Evolut Zebua. Ia berharap agar pada setiap event yang dilaksanakan, dapat ditampilkan ciri khas Nias Barat sehingga memiliki daya tarik tersendiri, dapat dinikmati oleh orang di luar Nias Barat sehingga dengan demikian, dapat berdampak pada pergerakan ekonomi masyarakat.

“Hasil akhir yang kita harapkan melalui pelaksanaan setiap event, tentunya bertumpu pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, pariwisata dan kebudayaan Nias Barat semakin dikenal luas dan kunjungan wisatawan semakin meningkat”, ujar Evolut Zebua.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga, April Imelda Juita Hia, S.Pd., M.Si., mengatakan bahwa penyelenggaraan event FPA, Pesta Budaya Rakyat dan keikutsertaan pada PRSU ke-49 tahun 2023 merupakan salah satu upaya mewujudkan visi misi Pemerintah Kabupaten Nias Barat di sektor pariwisata, kebudayaan dan ekonomi kreatif, dengan tujuan untuk mempromosikan kekayaan budaya, potensi pariwisata, pertanian, perikanan dan sektor lainnya.

BACA JUGA :   PEMKOT Tangerang Telah memperbaiki 366 ruas Jalan Kota Sejak Tahun 2013 Hingga 2016

Selain itu, lanjut Imelda Hia, pelaksanaan event diharapkan menjadi wadah untuk memperkenalkan produks UMKM daerah, menggerakan ekonomi kreatif, menjadi sarana edukasi bagi generasi muda milenial untuk mencintai dan melestarikan kebudayaan daerah dan meningkatkan kunjungan wisatawan di daerah.

Pelaksanaan FPA dan Pesta Budaya Rakyat direncanakan pada tanggal 9-11 Juni 2023 di Lapangan Bola Tetesua sedangkan PRSU dilaksanakan pada 16 Juni sampai 17 Juli 2023 di Kawasan PRSU di Medan.

Pada pelaksanaan PRSU ke-49 Tahun 2023, Kabupaten Nias Barat akan menampilkan ritual dan petjunjukan budaya Famadogo Omo, sedangkan pada pelaksanaan FPA dan Pesta Budaya Rakyat, dilaksanakan lomba permainan rakyat, lomba Aekhula Voice, pertunjukan seni dan budaya antar kecamatan dan pertunjukan budaya Famadogo Omo.

Facebook Comments
KEPULAUAN NIAS NEWS NIAS BARAT