19 Agustus 2022

Citranews Indonesia

Berani , Kritis Dan Membangun

Tips Merekam Video dengan Smartphone Agar Hasilnya Bagus

4 min read

JAKARTA | citranewsindonesia,com – Smartphone adalah gadget multifungsi yang tak hanya Anda gunakan untuk menelpon, memotret makanan kesukaan, hingga merekam perjalanan saat membuat vlog. Jika ingin jadi vlogger atau Youtuber maka perlu memperhatikan tips merekam video yang bagus. Dengan hasil rekaman akan stabil dan mendapatkan banyak viewers.

Untuk mendalami videografi, maka Anda bisa membaca berbagai referensi. Tak hanya belajar tetapi wajib juga mempraktikkannya. Hasilnya, video akan lebih jernih, suaranya bagus, tidak pecah, dan membuat pusing penonton.

Jika video buatan Anda sudah baik, bahkan seperti film pendek yang dibuat oleh profesional, pasti menambah subscriber dan penonton setia.

Sumber foto : https://www.pexels.com/photo/female-taking-video-of-traveler-during-hike-in-countryside-in-daylight-6324297/

 

Cara Menghasilkan Video yang Bagus dengan Smartphone
Untuk membuat video dengan hasil memukau maka tidak bisa instan. Berikut ini step by step yang bisa Anda praktikkan agar kualitas video semakin baik.

1. Pilih HP dengan Kamera yang Beresolusi Tinggi
Untuk memproduksi video berkualitas nomor wahid tentu kamera HP-nya juga harus ciamik. Jika ingin jadi vlogger profesional maka tak ada salahnya membeli gadget yang memiliki spesifikasi yang cocok bagi Youtuber. Untuk itu, jangan asal beli HP karena terbujuk iklannya, tetapi perhatikan kameranya.

Smartphone terbaru dilengkapi dengan 2, 3, bahkan 4 kamera. Bandingkan antara 1 merek dengan merek lain, dan juga seri-serinya. Pastikan Anda memiliki hp dengan kamera yang beresolusi bagus, sehingga menghasilkan video yang menawan.

Baca juga review smartphone tersebut atau tonton video ulasannya di Youtube agar lebih yakin akan hasil rekaman kameranya.

2. Kunci Fokus pada Objek dan Konsisten
Tips merekam video yang bagus yang selanjutnya adalah konsistensi. Misalnya di awal video memakai tampilan horizontal, jangan diubah tiba-tiba dengan tampilan vertikal. Jika memaksakan untuk berubah maka hasilnya jadi kacau-balau dan membuat pusing para penonton.

Video yang bagus akan fokus pada objek. Misalnya Anda jalan-jalan di taman lalu merekam untuk vlog pribadi. Fokuslah pada suasana taman, orang-orangnya, langitnya, atau objek tertentu.
Jangan tiba-tiba pindah ke jalan atau tempat lain. Kecuali jika memang ingin membuat video bertemakan a day in my life yang tempatnya berpindah-pindah.

BACA JUGA :   Bupati Nias Barat Lakukan KUNKER Di Kepulauan Hinako Kecamatan Sirombu

3. Memakai Gimbal Seperti Moza Mini MX
Pernahkah Anda melihat video yang gambarnya goyang-goyang? Hal ini bisa dihindari dengan pemakaian gimbal alias stabilizer. Moza Mini MX membantu agar smartphone lebih stabil saat rekaman, sehingga hasilnya rekamannya bagus. Keunggulan dari produk ini adalah desainnya super ergonomis sehingga mudah dibawa dan tidak mudah rusak.

Moza Mini MX merupakan gimbal yang ukurannya imut tetapi hasilnya maksimal, sehingga video buatan Anda semakin baik kualitasnya layaknya profesional. Jika ingin jadi vlogger yang memproduksi video dengan hasil baik maka peralatannya harus bagus juga, seperti gimbal ini.

4. Perhatikan Pencahayaan yang Menyinari Objek
Sebelum syuting, Anda wajib meneliti tips merekam yang bagus agar hasilnya lebih maksimal dan cetar. Salah satunya adalah dengan memperhatikan pencahayaan. Jangan menantang cahaya matahari karena hasilnya jadi terlalu terang dan jika diedit juga akan sangat melelahkan.

Jika cuaca masih berubah-ubah maka pastikan ada sumber pencahayaan lain misalnya ring light atau lighting kit sehingga Anda masih bisa melakukan rekaman meski sedang mendung. Jangan hanya mengandalkan cahaya matahari karena kalau ada awan gelap, rencana syuting jadi berantakan dan jadwal selanjutnya juga harus diubah.

5. Memilih Waktu Rekaman Video
Waktu untuk syuting juga harus diperhatikan. Misalnya untuk rekaman di tempat publik seperti di pasar, jangan terlalu siang karena bisa jadi sudah tutup dan akibatnya batal ngevlog. Jangan juga rekaman di waktu yang terlalu ramai pengunjung karena jika terlalu padat, hasilnya tidak maksimal. Perhatikan juga waktu syuting jika di jalanan atau di tempat yang banyak dilewati orang. Jangan sampai proses rekaman malah mengganggu ketertiban umum dan Anda ditegur oleh petugas. Tak ada salahnya untuk meminta izin terlebih dahulu, dan jangan sampai waktu syuting jadi kacau karena banyak orang yang mengerubuti dan menggagalkan rekamannya.

BACA JUGA :   Ditbinmas Polda Banten Kembali Gelar Sosialisasi Dan Workshop Kampung Bersih Dan Aman

6. Gunakan Mikrofon
Pastikan Anda menggunakan mikrofon ketika rekaman agar hasilnya lebih bagus. Jika hanya mengandalkan suara alami maka akan kurang jelas, kurang kencang, dan berpotensi terganggu oleh suara atau bunyi lain di sekitarnya.
Saat ini banyak mikrofon ukuran mini, bahkan bisa disematkan ke kerah baju sehingga mudah dibawa ke mana-mana dan tidak merepotkan. Mikrofonnya juga wireless sehingga tidak ribet.

Mikrofon harganya beragam dan ketika akan membeli gimbal dan HP, pastikan sekalian membeli mikrofon juga. Ini adalah satu paket sebelum memulai karir sebagai vlogger yang akan menghasilkan video-video berkualitas bagus.
Jangan pelit dan hanya mengandalkan smartphone, karena hasil videonya akan beda jika didukung oleh kinerja mikrofon tersebut. Untuk membuat video yang bagus alias gambarnya tidak goyang, tidak pecah, atau suaranya error, maka harus memperhatikan banyak hal.

Pertama, pilih HP yang memiliki kamera berkualitas baik, dan harganya bisa saja agak tinggi tetapi jangan dikeluhkan karena hasilnya akan bagus. Kedua, harus memakai gimbal sebagai penstabil gadget. Pastikan juga pencahayaan saat rekaman sudah mencukupi dan ada mikrofon agar suaranya lebih bagus.
Di mana Anda bisa mendapatkan gimbal Moza Mini Mx dan perangkat lain untuk menunjang syuting? Jangan pusing karena semuanya bisa didapatkan hanya di Blibli, marketplace terpercaya di Indonesia yang memberikan harga bersaing dan barang-barangnya super lengkap. Setelah membaca tips merekam video yang bagus pasti Anda ingin melengkapi peralatan untuk ngevlog.

(Rilis)

Facebook Comments
IKUTI CITRANEWS    OK TERIMAKASIH