Kredibilitas Dan Kualitas SMA Katolik Xaverius Beserta Alumni Bagi Pemajuan Kepulauan Nias Dan Indonesia

Kredibilitas Dan Kualitas SMA Katolik Xaverius Beserta Alumni Bagi Pemajuan Kepulauan Nias Dan Indonesia

Gunungsitoli | Citranewsindonesia.com – Agenda dan rangkaian penyelenggaraan kegiatan Reuni Alumni SMA Katolik Santu Xaverius (selanjutnya disingkat SMA Xaverius), sudah dimulai sejak Hari Jumat, tanggal 20 Mei 2022. Reuni Alumni tersebut tidak sekadar Reuni Berkumpul dan Bertemu saja, juga bukan Reuni untuk Reuni semata. Reuni Alumni merupakan Reuni Sosial dan Kultural yang diselenggarakan dan ditumbuhkan sebagai Reuni untuk Membangun dan Membudayakan Persaudaraan dan Persahabatan. Semangat Persaudaraan dan Persahabatan yang saling Membangun dan Memajukan. Ada sejumlah agenda dan rangkaian acara dilaksanakan sejak hari pertama sampai dengan hari ketiga yang merupakan hari terakhir.

Penyelenggaraam Reuni Alumni di hari pertama berkegiatan dan bertempat di Museum Pusaka Nias, di Gusit, Kepni. Agenda dan rangkaian acara, yaitu Bincang Alumni dan beberapa kegiatan lain yang bertujuan untuk membangun Persaudaraan dan Persahabatan yang otentik dan konkrit. Juga agar semakin meningkatkan kualitas Persatuan Alumni dan kualitas hubungan dan kerjasama yang efektif dan produktif dengan Pimpinan dan Guru-Guru SMA Xaverius. Lagi pula merupakan momentum dan menjadi instrumen “pembelajaran dan pembumian” untuk Bergotongroyong Membangun dan Memajukan bagi semua pihak. Terutama bagi Murid-Murid SMA Xaverius.

Substansi agenda dan acara Bincang Alumni, diawali dengan Kata Sapaan dari Ketua Panitia Penyelenggara Reuni Alumni Pastor Fidelis Mendrofa ; Kata Sambutan dari Ketua Dewan Pembina Persatuan Alumni Firman Jaya Daeli ; Kata Nasehat dari Kepala SMA Xaverius yang pertama Suster Theresia Hondro ; Kata Sapaan dari Kepala SMA Xaverius yang sekarang Suster Albertine Situmorang. Selanjutnya, ada beberapa alumni yang menyampaikan Kata Sapaan dan Sambutan Persahabatan dan Keakraban. Kegiatan tersebut di atas secara keseluruhan dipandu oleh salah seorang Panitia Penyelenggara Sitepanus Zebua bersama Tim Reuni Alumni.

Keseluruhan kegiatan Reuni Alumni berlangsung selama tiga hari (Jumat-Minggu / 20-22 Mei 2022) di sejumlah titik kawasan dan lokasi tempat di kota Gusit. Ada di Museum Pusaka Nias ; ada di kawasan SMA Xaverius, ada di Aula Santo Yakobus Gedung Laverna ; ada di Taman Ya’ahowu, dan lain-lain. Reuni Alumni dilaksanakan dalam bentuk kerjasama program kegiatan antar Alumni dan Sekolah SMA Xaverius. Tentu pada gilirannya, melibatkan Guru dan Murid serta Civitas Akademika Sekolah. Kegiatan Reuni, Bertemakan : Merajut Kasih Dan Mempererat Persaudaraan”. Tema dirumuskan dan dibumikan untuk memaknai filsafat pemikiran penyelenggaraan Reuni Alumni.

Rangkaian penyelenggaraan Reuni Alumni sudah berlangsung beberapa kali di berbagai angkatan, tingkatan, dan kewilayahan. Khusus untuk Reuni Umum untuk semua angkatan, tingkatan, dan kewilayahan, sudah berlangsung pada November tahun 2018 di Jakarta, yang dihadiri juga Kepala SMA Xaverius yang pertama Suster Theresia Hondro, dan Guru-Guru pada masanya, Kepala SMA Xaverius saat itu Suster Virgin Samosir, dan para Alumni. Konstruksi dan substansi Reuni Alumni tersebut pada gilirannya berdampak dan bermakna bagi pemikiran, perencanaan, dan penyelenggaraan Reuni Alumni dan sejumlah program dan kegiatan selanjutnya.

Agenda lanjutan berikut yang bersifat kegiatan resmi adalah Pengukuhan Organisasi Persatuan Alumni dan Pelantikan Kepengurusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Persatuan Alumni SMA Xaverius. Pengukuhan dan Pelantikan dilaksanakan pada Desember 2019, di Gusit, Kepni. Kegiatan Pengukuhan dan Pelantikan disaksikan oleh Kepala SMA Xaverius saat itu Suster Virgin Samosir, Kepala SMA Xaverius yang pertama Suster Theresia Hondro, dan Pastor Samueli Gulo. Hadir juga Wakil Walikota Gunungsitoli, Pimpinan dan Perwakilan institusi-institusi terkait, tamu dan undangan lainnya. Ada Pimpinan Sekolah, Guru-Guru, Murid-Murid, dan Alumni SMA Xaverius.

Susunan dan tahapan kegiatan Reuni Alumni, yang sudah berlangsung sejak hari Jumat, dilanjutkan pada hari Sabtu, tanggal 21 Mei 2022, dimulai sejak pagi sampai malam bersama dengan Guru-Guru dan Murid-Murid SMA Xaverius. Ada beberapa acara atau rangkaian acara kegiatan hari Sabtu. Kegiatan dimulai dengan Pertemuan Alumni, Guru, Murid SMA Xaverius ; selanjutnya kegiatan Pawai keliling kota Gusit dengan kegiatan Marching Band Murid-Murid SMA Xaverius dan diikuti oleh Alumni dan Guru dengan berjalan kaki ; kemudian Dialog Interaktif ; kemudian dilanjutkan dengan Pagelaran Kesenian dan Kebudayaan.

Rangkaian acara Pawai keliling kota Gunungsitoli, diawali dengan kegiatan persahabatan dan temu keakraban Alumni, Guru, Murid SMA Xaverius. Ada Kata Sapaan Motivasi dari Suster Theresia Hondro, Suster Albertine Situmorang, Pastor Fidelis Mendrofa, dan Firman Jaya Daeli. Kegiatan tersebut dipandu oleh salah seorang Panitia Penyelenggara Emilia Fau bersama Tim Reuni Alumni. Jajaran Polres Nias dan Dinas Perhubungan Kota Gusit, pada dasarnya sangat mendukung dan menyukseskan kegiatan Pawai tersebut secara penuh dan maksimal. Masyarakat umum yang berada dan melintas di sekitar kawasan, pada dasarnya memberikan atensi dan menyampaikan apresiasi.

BACA JUGA :   Wakil Bupati Nias Barat Hadiri Musrenbang RKPD Kecamatan Mandehe Barat

Kemudian rangkaian acara pada hari kedua, hari Sabtu sore, tanggal 21 Mei 2022, kegiatan Reuni Alumni dilanjutkan dengan kegiatan Dialog Interaktif antar Alumni, Guru, dan Murid SMA Xaverius. Dialog diawali dengan Materi Pemikiran dan Pengalaman dari beberapa Alumni sebagai Pembicara (Narasumber), antara lain : (1). Firman Jaya Daeli (Ketua Dewan Pembina Persatuan Alumni SMA Xaverius), (2). Sowa’a Laoli (Wakil Walikota Gunungsitoli), (3). Fadel Perdamaian Bate’e (Hakim Pengadilan Negeri Gunungsitoli), (4). Ester Zalukhu (Pengusaha sukses dan Motivator kemanusiaan). Ada sejumlah pertanyaan, pemikiran, saran, dan pertimbangan dalam Dialog. Semuanya diabdikan untuk pengembangan dan pemajuan SMA Xaverius, pendidikan, dan peningkatan kualitas manusia.

Reuni Alumni, juga menghadirkan sejumlah kegiatan lain yang berkaitan dengan pengembangan dan pemajuan SMA Xaverius. Bertalian dengan agenda untuk menguati dan memaknai Alumni, dan untuk menumbuhkan hubungan dan kerjasama strategis dengan kalangan eksternal. Setiap acara dan kegiatan, semua rangkaian acara dan kegiatan Reuni Alumni, diselenggarakan dan dibangun secara saling menguati, melengkapi, dan memaknai. Dengan demikian, Reuni harus senantiasa relevan dan menjadi tanggapan terhadap dan jawaban atas Tema kegiatan serta kebijakan dan agenda peningkatan kualitas manusia melalui Pendidikan.

Kegiatan berikut dilanjutkan dengan acara Pagelaran yang merupakan Puncak dari keseluruhan rangkaian kegiatan Reuni Alumni. Pagelaran berbasis dan berintikan pada agenda kreasi dan inovasi Murid-Murid SMA Xaverius untuk berkesenian dan berkebudayaan. Ada juga sejumlah rangkaian acara yang merupakan agenda kegiatan terkait. Ada beberapa tamu kehormatan dan undangan khusus yang diundang untuk menghadiri dan mengikuti acara Pagelaran. Panitia Penyelenggara Reuni Alumni secara khusus mengundang Guru-Guru pada masanya yang pernah melayani mengajar di SMA Xaverius. Juga mengundang Guru-Guru yang saat ini sedang melayani di SMA Xaverius.

Penampilan Murid-Murid SMA Xaverius dalam acara Pagelaran sangat mewarnai dan memaknai kegiatan puncak Reuni Alumni. Ada sejumlah penampilan tari-tarian yang bersifat sosial, kultural, dan plural dari dari beberapa etnik-daerah, dan tari perang. Pagelaran juga semakin berarti karena diperkuat dengan adanya Pameran foto-foto kegiatan Alumni, Guru, Murid, dan SMA Xaverius pada umumnya. Kegiatan tersebut merefleksikan dan menunjukkan aneka ragam kegiatan positif dan produktif dari Civitas Akademika SMA Xaverius. Ada juga tarian Maena sosial dan kultural yang dipandu oleh Guru dan Murid SMA Xaverius, diikuti oleh Alumni, Tamu dan Undangan.

Acara Pagelaran selain diisi dengan sejumlah kegiatan penampilan kesenian dan kebudayaan dari Murid-Murid SMA Xaverius, juga diisi dengan beberapa kegiatan. Ada Tari Adat Kebudayaan Pemberian Sekapur Sirih kepada beberapa Tamu dan Undangan. Kemudian ada Kata Sambutan Pelaporan dari Ketua Panitia Penyelenggara Pastor Fidelis Mendrofa ; ada Kata Sambutan Penjelasan dari Kepala SMA Xaverius ; ada Kata Sambutan Persaudaraan dari Ketua Dewan Pembina Persatuan Alumni ; ada Kata Sambutan Pengalaman dari Guru-Guru pada masanya yang diwakili oleh Manatona Harefa ; dan ada Kata Sambutan Pengarahan Tertulis dari Walikota Gunungsitoli. Selanjutnya Alumni menyampaikan dan menyematkan Bunga Tanda Kasih kepada Kepala SMA Xaverius yang pertama Suster Theresia Hondro dan kepada semua Kepala SMA dan Guru-Guru SMA Xaverius pada masa dulu dan pada masa kini. Juga kepada Kepala SMA Xaverius pada masanya Edison Waruwu dan Kepala SMA Xaverius pada masa kini Suster Albertine Situmorang.

Reuni Alumni, mengundang dan menghadirkan sejumlah kalangan. Ada undangan internal dan eksternal untuk datang menghadiri dan mengikuti kegiatan. Kalangan internal, misalnya dari komunitas Alumni, komunitas Guru pada masanya, Guru pada masa kini, dan Murid. Kemudian dari eksternal, antara lain Forkompimda Gunungsitoli dan Kepulauan Nias (antara lain Walikota Gunungsitoli), lalu komunitas pemerintahan, pendidikan, kebudayaan, kesenian, kewirausahaan, media, kalangan profesional, dan lain-lain. Kepanitiaan penyelenggaraan Reuni Alumni, mengundang kalangan eksternal untuk menunjukkan dan semakin memastikan posisi SMA Xaverius beserta Alumni sebagai teladan dan panutan bagi kalangan eksternal dan publik.

Keseluruhan rangkaian kegiatan Reuni Alumni diletakkan, diselenggarakan, dan ditumbuhkan sebagai sebuah tarikan dan ikatan nafas panjang kesejarahan pergerakan dan pelayanan. Intinya dan utamanya adalah dinamika dan dialektika kesejarahan pergerakan dan pelayanan Civitas SMA Xaverius Mengabdi Bagi Masyarakat, Bangsa, dan Negara. Kesejarahan yang semakin mengukuhkan dan menumbuhkan Kredibilitas Dan Kualitas Pelayanan SMA Xaverius Beserta Alumni Bagi Pemajuan Kepulauan Nias Dan Indonesia. Panitia Penyelenggara dipimpin oleh Pastor Fidelis Mendrofa (Ketua) ; Albertha Berliana Halawa (Sekretaris) ; dan Tice Novelia Halawa (Bendahara) beserta keseluruhan dan segenap Fungsionaris Panitia Penyelenggara.

BACA JUGA :   LANAL NIAS PERINGATI HARI JADI TNI ANGKATAN LAUT KE-73 DI POSAL GUNUNGSITOLI NIAS

Hari Ketiga Reuni Alumni, berlanjut lagi dengan sejumlah kegiatan, pada hari Minggu, tanggal 22 Mei 2022. Intinya adalah olahraga dan terutama senam kesegaran, kebugaran, dan kesehatan. Kegiatan berlangsung di kawasan Taman Ya’ahowu, Gunungsitoli, yang juga didukung oleh Dinas PUPR Kota Gunungsitoli. Kegiatan senam olahraga diikuti oleh Alumni, Guru, dan Murid SMA Xaverius. Juga Pimpinan Sekolah SMA Xaverius pads masanya dan pada masa kini. Suasana pelaksanaan beberapa kegiatan, misalnya keolahragaan, kebudayaan, kesenian, pawai, dialog, pagelaran, dan pameran, pada dasarnya berfungsi baik dan berdampak positif. Bermuara pada tumbuhnya dan terbangunnya pesan moral dan peran kultural yang kuat, jelas, dan tegas.

Kegiatan akhir di hari ketiga dan tahapan-tahapan kegiatan di hari terakhir, berlangsung di Museum Pusaka Nias. Ada beberapa agenda kegiatan dan rangkaian acara. Pastor Fidelis Mendrofa dan Pdt. Rosmina Bate’e (salah seorang Alumni SMA Xaverius) memimpin dan memandu acara kerohanian saat acara Pembukaan di hari pertama, saat acara Pagelaran di hari kedua, dan saat acara Penutupan di hari ketiga. Disain dan teknis acara Reuni Alumni pada dasarnya diorganisasikan oleh Tim Acara yang ditata dan dipandu oleh Marselina M. Ndruru. Kegiatan teragendakan dan terselenggarakan lainnya di hari ketiga, antara lain : Kesan Persaudaraan dan Pesan Pengharapan dari yang mewakili Alumni sebagai Peserta Reuni yang berasal dari luar Kepulauan Nias yang disampaikan oleh Sintong Silitonga ; Nasehat Moral dari yang mewakili komunitas Kepala Sekolah dan Guru-Guru pada masanya dan pada masa kini yang disampaikan oleh Suster Theresia Hondro ; Pendapat Persatuan dan Pemajuan yang disampaikan oleh Ketua Dewan Pembina Persatuan Alumni Firman Jaya Daeli ; dan Pernyataan Akhir Penutupan yang disampaikan oleh Nestor Sarsono Harefa.

Materi Catatan Inti dan Perumusan Utama dari keseluruhan proses dan hasil Reuni Alumni, disampaikan (dibacakan) oleh Robert Arozatulo Zebua. Materi catatan dan perumusan disampaikan dalam bentuk dan jenis Rekomendasi Reuni Alumni. Rekomendasi bersifat dan berorientasi pada pengembangan dan penguatan komunitas alumni dan kepengurusan Persatuan Alumni SMA Xaverius. Juga pembangunan dan pemajuan SMA Xaverius. Intinya dan utamanya adalah kebijakan strategis dan agenda teknis untuk menjaga dan membangun Kredibilitas Dan Kualitas SMA Katolik Xaverius Beserta Alumni Bagi Pemajuan Kepulauan Nias Dan Indonesia. Berikut adalah Rekomendasi dari Reuni Alumni :

“REKOMENDASI REUNI ALUMNI SMA KATOLIK SANTU XAVERIUS GUNUNGSITOLI KEPULAUAN NIAS”

(1). Persatuan Alumni memiliki pengharapan penuh dengan semangat persatuan dan persaudaraan kepada Civitas Akademika SMA Xaverius, khususnya kepada jajaran SMA Xaverius untuk senantiasa dan semakin terpanggil untuk meningkatkan kualitas dan kredibilitas SMA Xaverius.

(2). Persatuan Alumni SMA bersama Civitas Akademica SMA Xaverius, kalangan Guru-Guru Pada Masanya, dan para pemangku kepentingan pendidikan, memandang dan mengapresiasi bahwa kegiatan Reuni adalah kegiatan yang berdampak positif dan bermakna strategis bagi semua pihak, khususnya bagi Alumni, Murid, Guru, dan bagi SMA Xaverius secara umum.

(3). Persatuan Alumni menilai bahwa kegiatan Reuni dan kualitas keberadaan Persatuan Alumni dan kemajuan SMA Xaverius dengan berbagai program dan kegiatan, pada dasarnya dapat berfungsi dan bermakna bagi peningkatan kualitas manusia, percepatan kualitas Pembangunan Kepulauan Nias dan Indonesia.

(4). Persatuan Alumni menggagas dan merencanakan kegiatan Reuni Umum dan Reuni Kewilayahan dengan berbasis pada semangat persatuan dan gotongroyong secara internal serta hubungan dan kerjasama eksternal, yang dikuati dengan etos pelayanan dan pengabdian bagi kebangkitan Alumni dan kemajuan SMA Xaverius.

(5). Persatuan Alumni melaksanakan kebijakan program dan agenda kegiatan yang menyemangati dan menguati dengan berorientasi dan bertujuan untuk saling membangun dan memajukan internal Alumni dan eksternal terutama SMA Xaverius, sembari merumuskan teknis penyelenggaraan program kerjasama, khususnya pembangunan Aula Serbaguna SMA Xaverius, dan lain-lain.

Gunungsitoli, Kepulauan Nias, Minggu, 22 Mei 2022.

Salam sehat, sukses, dan bahagia bagi kita semua khususnya bagi Alumni SMA Xaverius Gunungsitoli, Kepulauan Nias.

“Salam Saling Membangun Dan Memajukan Alumni, Murid, Guru SMA Xaverius”

Facebook Comments
GUNUNG SITOLI KEPULAUAN NIAS NEWS