2 Desember 2022

Citranews Indonesia

Berani , Kritis Dan Membangun

Kunjungan Wakil Bupati Nias Barat di SD Negeri No. 071184 Tetesua Kec. Sirombu

3 min read

Nias Barat | Citranewsindonesia.com – Selasa, 15 Maret 2022. Wakil Bupati Nias Barat Bapak Dr. Era Era Hia, MM.,M.Si melakukan kunjungan di SD Negeri No. 071184 Tetesua Kec. Sirombu Kabupatèn Nias Barat untuk melihat langsung kondisi sekolah itu setelah diterapkannya mètode belajar tatap muka setelah sekian lama belajar daring (belajar dirumah), disambut baik oleh Kepala Sekolah SALOME DAELI, S.Pd.K beserta sejumlah Guru-Guru baik PNS, PPPK dan Honor Daerah.

Saya datang disini bukan SIDAK melainkan ingin berdiskusi dan berdialog dengan Bapak-Ibu juga kepada para Murid untuk memberikan motifasi dan penguatan agar anak anak didik memiliki semangat untuk belajar lebih giat. Wakil Bupati Nias Barat mengunjungi seluruh ruang belajar sambil berdialog dengan para Murid. Kesuksesan ada karena belajar. Anak-anak kami harus mampu membagi waktu, ada waktu untuk belajar, ada waktu istrahat dan ada waktu untuk bermain. Anak-anak harus belajar sopan kepada Orangtua dan Guru, setiap salam kepada Bapak/Ibu Guru harus cium tangan, himbau Wakil Bupati.

Ketika Wakil Bupati bertanya kepada para Murid; apakah mau jadi Bupati atau Wakil Bupati?….semua murid menjawab “mauuuuu…!!”
Saat Wakil Bupati tiba di kelas II (dua), beliau berdialog dengan salah seorang murid, sembari mengajak murid untuk belajar menghitung dan perkalian.
Orangtua kita boleh tidak SUKSES tapi kita harus SUKSES…! Orangtua saya hanya petani tetapi saya bisa menjadi Wakil Bupati; sambil beliau bertanya kepada para Murid dikelaa itu “setuju”….?? serentak murid menjawab SETUJU…!!

BACA JUGA :   Wapub Nias Barat Dr. Era Era Hia, MM.,M.Si Hadiri Syukuran Kepala Bappeda Eta Fajar W. Daeli, SE.,M.Si

Usai mengunjungi ruang belajar, Wakil Bupati melakukan disukusi dengan para Guru-guru. Beliau menjelaskan bahwa latar belakang saya (Wabup) adalah Dosen, sehingga saya merasa sangat peduli dengan yang namanya dunia Pendidikan. Sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai, ajak siswa/murid untuk berdoa walau hanya satu menit. Alangkah baiknya setiap hari kita harus bersukacita dan bahagia agar dalam melaksanakan tugas mengajar kita lebih bersemangat, harap Wakil Bupati.

Penggunaan Dana BOS agar sesuai dengan aturan dan kebutuhan sekolah. Kemudian Bapak/Ibu menjaga kekompakkan dan kita dituntut kerja keras. Kepala sekolah adalah manager disekolah, oleh itu harapan agar Ibu mampu bekerjasama dengan semua Bapak/Ibu Guru. Saat ini semua berbasis IT dan sekolah-sekolah diterapkan mètode digitalisasi pendidikan. Salah seorang Guru mengajukan tanggapan untuk menyampaikan keluhan tentang ruang belajar khusus Agama; karena di sekolah ini ada tiga Agama yakni Kristen Protestan, Kristen Katolik dan Islam. Kemudian sekolah ini sangat kekurangan sarana dan peralatan IT sementara saat ini dunia Pendidikan berbasis digital sesuai penyampaian Bapak Wakil Bupati tadi. Beliau mengharapkan kiranya Bapak Wakil Bupati dapat memfasilitasi akan hal ini, harapnya.

BACA JUGA :   Wakil Bupati: Dunia Anak itu; Dunia Bermain, maka ciptakan metode belajar melalui pendekatan sederhana.

Menanggapi pertanyaan/tanggapan dari salah seorang Guru tersebut, maka Walil Bupati Nias Barat meminta Kepala Sekolah untuk mencatat arahan beliau yakni 1. Buatkan Nota Dinas dan ditujukan kepada Bapak Bupati melalui Kadis Pendidikan perihal penyampaian Pembangunan ruang kelas baru dan renofasi rumah Dinas Sekolah. kalau bisa sertai dg foto-2 sebagai bahan. 2. Buat lagi Nota Dinas tujukan kepada Bapak Bupati Nias Barat melalui Kadis pendidikan, perihal percepatan penggunaan “lab” IT; artinya kita bekerjasama, tandas Polirisi Partai Golkar itu.

Terkait Pembangunan Gedung baru, buatkan proposal dan draft-nya kirim dulu ke saya (Wabup-Red) biar saya koreksi, saatnya kita bekerja dan bekerjasama. Nanti proposal itu saya bawa kalau saya berkunjung ke kementrian Pendidikan di Jakarta, tegas Ketua DPD Partai Golkar Kab.Nias Barat itu.

Dalam kata penutupnya, Kepala Sekolah menyampaikan rasa terimaksihnya yang tak terhingga, atas kedatangan Bapak Wakil Bupati. menurut beliau bahwa kedatangan Bapak Wakil Bupati merupakan sukacita bagi mereka semuanya, baik para Guru-Guru juga para siswa/murid. Beliau juga berterimakasih atas wejangan, arahan dan bimbingan Wakil Bupati, sehingga mereka lebih semangat dalam melaksanakan tugas melatih, membimbing dan mengajar para murid/siswa.

(Alexander Zai).

Facebook Comments
Subscribe for notification