Pemko Gunungsitoli Laksanakan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD TA 2023

Pemko Gunungsitoli Laksanakan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD TA 2023

Gunungsitoli | Citranewsindonesia.com – (28/01/2022), Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) Daerah Kota Gunungsitoli melaksanakan Forum Konsultasi Publik Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Gunungsitoli Tahun 2023 bertempat di Ruang Rapat Lantai II Kantor Walikota Gunungsitoli, Kamis (27/01/2022).

Wali Kota Gunungsitoli Ir. Lakhmizaro Zebua dalam sambutannya menyampaikan bahwa forum yang dilaksanakan merupakan tahapan awal dalam penyusunan rencana kerja tahunan Pemerintah Daerah yang memuat tema pembangunan, sasaran dan prioritas daerah serta penjabaran Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Gunungsitoli Tahun 2021-2026.

“Secara umum rancangan awal RKPD Tahun 2023 menggambarkan penjabaran Visi dan Misi daerah yaitu Kota Gunungsitoli Berdaya Saing, Nyaman dan Sejahtera yang selanjutnya dikembangkan melalui perumusan arah kebijakan pembangunan daerah disertai dengan beberapa fokus pembangunan yang akan dicapai sebagaimana termuat dalam RPJMD Kota Gunungsitoli periode 2021-2026,”ucap Wali Kota Gunungsitoli.

BACA JUGA :   Pemkab Nias Selatan Gelar Bimtek Panitia Pilkades 2019

Masih disampaikan Wali Kota Gunungsitoli bahwa arah kebijakan pembangunan tahun 2023 sebagaimana disesuaikan dalam RPJMD adalah percepatan penguatan daya saing daerah melalui peningkatan ekonomi dan infrastruktur wilayah serta kapabilitas tata kelola pemerintahan berbasis digital dengan dukungan aspek pembangunan strategis lainnya dengan prioritas pembangunan pada tahun 2023 diarahkan pada, peningkatan kualitas infrastruktur dan prasarana wilayah yang berwawasan lingkungan, peningkatan aktivitas sektor perdagangan dan jasa, pertanian dan perikanan, peningkatan akses dan kualitas pendidikan dan kesehatan serta peningkatan kerukunan kehidupan sosial masyarakat, serta peningkatan kualitas tata kelola Pemerintahan dan pelayanan publik.

“Berdasarkan arah kebijakan pembangunan di atas, maka tema pembangunan Kota Gunungsitoli Tahun 2023 yang telah dirumuskan adalah Penguatan infrastruktur wilayah dan ekonomi untuk peningkatan daya saing daerah. Oleh karena itu melalui forum ini saya berharap agar penyusunan rancangan awal Rencana Kerja Perangkat Daerah untuk Tahun 2023 diselaraskan dengan arah kebijakan dan tema pembangunan Kota Gunungsitoli Tahun 2023, prioritas pembangunan yang telah ditetapkan, serta permasalahan pembangunan saat ini,”ucapnya.

BACA JUGA :   PEMKAB Nias Barat Gelar MUSRENBANG Di Kecamatan Mandrehe Dan Kecamatan Lahomi

Sebelum mengakhiri sambutannya, Wali Kota Gunungsitoli menyampaikan kendala yang ditemui dalam penetapan prioritas progam pembangunan adalah tingkat kesenjangan antara anggaran yang tersedia dengan kebutuhan pembangunan, hal tersebut sebagai akibat pandemi Covid-19 yang telah memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap kemampuan keuangan daerah. Namun Pemerintah telah melakukan optimalisasi pada sumber-sumber pendapatan asli daerah untuk percepatan pemulihan pembangunan pasca pandemi Covid-19.

Adapun yang menjadi narasumber pada acara tersebut adalah Plt. Kepala Bappelitbang Karya Bate’e, SSTP, MAP., dengan moderator Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Deslawati Zega, SH., M.Si dengan peserta adalah seluruh Kepala Perangkat Daerah, Perwakilan Ormas/OKP dan Tokoh Masyarakat.

(Gustan lase)

Facebook Comments
GUNUNG SITOLI KEPULAUAN NIAS NEWS