Minimalisasi Warga Terdampak Covid, Pemkot Tangsel Buat Surat Edaran Jaring Pengaman Sosial

Minimalisasi Warga Terdampak Covid, Pemkot Tangsel Buat Surat Edaran Jaring Pengaman Sosial

TANGSEL,Citranewsindonesia.com – Pemerintah Kota Tangerang Selatan terbitkan surat edaran melalui Dinas Sosial dalam rangka mengefektifkan dan memperkuat jaring pengaman sosial untuk meminimalisasi masyarakat terhadap dampak pandemi virus corona baru (Covid-19).

Surat edaran tentang pelaksanaan jaring pengaman sosial dalam penanganan pandemi virus Covid-19 Tangsel tersebut tertuang dalam surat bernomor 460/1390/Dinsos/V/2020.

Kepala Dinas Sosial Wahyunoto Lukman mengatakan ada beberapa langkah yang disiapkan Pemerintah Kota Tangerang Selatan sebelum menyalurkan bantuan, seperti memastikan penerima manfaat atau warga terdampak merupakan penduduk yang benar-benar terdampak pandemi Covid-19 dalam penyaluran bantuan memanfaatkan data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS).

“Sinkronisasi dan harmonisasi data penerima bantuan sosial sesuai kriteria dan keadaan faktual di lapangan melalui verifikasi, validasi, penambahan, penghapusan dan perbaikan data lainnya secara berkesinambungan,” terang Wahyu saat di konfirmasi melalui pesan WhatsUp Sabtu 19/09/2020.

BACA JUGA :   Pemkot Serahkan Penghargaan Satya Lencana Karya Satya Kepada 150 ASN

Sementara terkait adanya kritik dugaan adanya data ganda tentang penerima bantuan sosial, Wahyu mempertanyakan temuan tersebut. Menurut Wahyu Siapapun bisa mendapatkan data penerima bansos dari website Pemkot Tangsel dalam format PDF.

Wahyu juga menekankan untuk tidak mengkonversi format PDF ke format excel, karena ada kemungkinan akan muncul kesalahan beberapa data saat proses konversi tersebut.

“Bisa jadi dalam proses konversi mengalami kesalahan bahkan ada data yang tidak terbaca,” tandasnya.
Wahyu

BACA JUGA :   POLRES TANGSEL DIMINTA TURUNKAN ANGKA KRIMINALITAS

melanjutkan dalam proses verifikasi yang dilakukan Dinsos Tangsel bersama Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, seluruh data dapat dipastikan sudah clear dari duplikasi, bahkan menurutnya sudah dilakukan proses audit.”Saya memastikan, mekanisme penyaluran bantuan sosial yang dilakukan Pemkot Tangsel sudah mendapat apresiasi dari Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan,” pungkasnya./ hen.

Facebook Comments
NEWS TANGERANG SELATAN