20 Mei 2022

Citranews Indonesia

Berani , Kritis Dan Membangun

Taman Nasional Gede Pangrango Lakukan Uji Coba Pendakian di Tengah Pandemi Covid-19

2 min read

JAWABARAT|Citranewsindonesia.com– Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGP) telah dibuka untuk pendakian terhitung sejak kamis 20/08/2020 hingga Minggu 23/08/2020. Dengan status uji coba.

Para pendaki hanya bisa mendapatkan surat Surat Ijin Masuk Kawasan Konservasi (Simaksi) secara langsung di Balai Taman Nasional Gunung Gede Pengrango (TNGP).

Hal ini di jelaskan Sobirin Yuliawan (49) selaku Kepala Resort Cibodas Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Cibodas Jawa-Barat. Sobirin menambahkan penutupan pendakian TNGGP dilaksanakan  secara rutin tiap tanggal 1 Januari – 31 Maret dalam rangka pemulihan ekosistem dan diperpanjang saat pandemi covid-19.

“Sehubungan pada tahun ini terjadi pandemi covid -19, maka penutupan aktifitas pendakian diperpanjang hingga tgl 19 Agustus 2020 kemarin dan di era New Normal, TNGP melakukan.pendakian dibuka dalam masa uji coba yaitu melalui aplikasi online termasuk protokol covid-19 dari tanggal 20-23 Agustus 2020. Untuk pendakian selanjutnya akan dikaji lebih lanjut atas hasil data pada masa uji coba tersebut,” terangnya.

Dari kuota yang ditargetkan yaitu 600 pendaki pada hari pertama dan kedua saat uji coba pendakian di berlakukan Sobirin menjelaskan puluhan pengunjung mulai mendaftarkan diri.

BACA JUGA :   Munas Istimewa HPPMI, Aldi Supriyadi Dipilih Sebagai Ketua Umum
“Dua (2)hari kemarin untuk tahap uji coba aplikasi booking online yaitu terhimpun data sebanyak 78 orang pada Kamis 20/08/2020, dan 76 orang pada Jumat 21/08/2020,” terang pria asal Sumedang tersebut saat ditemui di ruang kerjanya di Taman Nasional Gede Pangrago (TNGP) Cibodas Jawa-Barat. Minggu 23/08/2020.

Sobirin melanjutkan penambahan jumlah pendaki atau lonjakan pendaki ditengah pandemi yaitu pada saat hari ketiga pemberlakuan uji coba.

“Di hari ketiga yaitu pada Sabtu 22/08/2020 jumlah pendaki mengalami peningkatan hingga 516 pendaki, para pendaki lebih memilih akhir pekan (week-end/ red) atau saat malam libur, namun jumlah pendaki biasanya mengalami penurunan pada saat hari hari biasa,, sementara untuk hari ini yaitu hari terkhir pada tahap uji coba pendakian, pada Minggu 23/08/2020 sampai dengan pukul 09.30 WIB baru masuk terhimpun data 22 orang,” paparnya.

Sobirin berharap kedepan para pendaki tetap memperhatikan SOP yang berlaku terutama pada saat pendemi covid 19 masih terjadi.

“Kami berharap kedepan para pendaki akan lebih cerdas lagi untuk tetap mematuhi semua standard operation procedure (SOP) Yang berlaku yang ditetapkan oleh pengelola (Balai Besar TNGGP) Serta standard Covid -19 di era New Normal,” pungkasnya.

#Hen

Facebook Comments
IKUTI CITRANEWS    OK TERIMAKASIH