Kembangkan Kesehatan Berwawasan Kebaharian Lantamal IX Dan Lanal Tual Melatih Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Maluku Tual

Kembangkan Kesehatan Berwawasan Kebaharian Lantamal IX Dan Lanal Tual Melatih Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Maluku Tual

Ambon | Citranewsindonesia–TNI AL, Rumkital dr. F.X. Suhardjo Lantamal IX dan Lanal Tual yang tergabung dalam TIM Evakuasi Medis Laut memberikan pelajaran Materi Kesehatan Matra Laut dan praktek Evakuasi Media Laut (EML) kepada 90 mahasiswa D3 Keperawatan Poltekkes Kemenkes Maluku Prodi Tual di Dermaga Lanal Tual, Kota Tual Maluku. Sabtu(07/12/2019)

Komandan Lanal Tual Kolonel Laut (P) I Gusti Putu Wisnawa, M.Tr.Hanla mengatakan materi kesehatan matra laut ini merupakan salah satu bagian konsekuensi kita sebagai daerah maritim mengingat kondisi geografis Maluku 92,4 persen wilayahnya merupakan laut, sehingga bermanfaat jika terjadi insiden di laut.

Lebih lanjut dikatakan, Lanal Tual selalu terbuka dan mendukung penuh kegiatan ini. Diharapkan pelatihan yang diberikan dapat menjadi bekal nantinya apabila diperlukan pertolongan korban tenggelam dan mahasiswa memiliki keahlian di bidang kesehatan bahari serta dapat diaktualisasikan untuk melahirkan tenaga kesehatan berwawasan bahari yang mampu menerapkan prinsip-prinsip keselamatan dan penyelamatan di laut, karena itu pengetahuan materi kesehatan matra laut akan menjadi bekal keterampilan bagi para mahasiswa setelah menamatkan pendidikan serta melakukan pengabdian di masyarakat.

BACA JUGA :   DPRD Depok Gelar Rapat Paripurna Penutupan Masa Sidang II Tahun 2018-2019

Pelatihan yang diberikan diantaranya materi kesehatan bahari yakni pengenalan alat-alat pertolongan korban di laut dan penanganan korban tenggelam secara perorangan maupun kelompok menggunakan tandu air. Hahasiswa juga dikenalkan olah gerak perahu karet dan pengoperasian motor tempel dengan harapan mampu memberikan pertolongan pada kasus kegawat daruratan di air dan mampu melaksanakan prosedur evakuasi menggunakan transportasi air secara mandiri dari pulau terpencil menuju tempat pertolongan lanjutan.

Selain itu, mahasiswa juga diajari teknik menaikan korban dari laut ke perahu karet dengan satu maupun dua orang penolong, teknik bertahan hidup di laut dengan cara mengapung dan menunggu (uitemate).

BACA JUGA :   Bedah Rumah Menyentuh 7 Kecamatan, Pilar: di Pamulang 65 Unit Rumah Diperbaiki

Selaku Kaprodi Keperawatan Poltekkes Kemenkes Maluku Tual Ns. Lucky H. Noya, S.Kep, M.Kep berterimakasih kepada Lantamal IX Ambon dan Lanal Tual yang tergabung dalam TIM Evakuasi Medis Laut, sebenarnya kegiatan pemberian materi Matra Laut sudah digagas cukup lama tetapi baru bisa terealisasi tahun 2019, materi ini sejalan dengan kondisi geografis Provinsi Maluku sekaligus perwujudan Visi Misi dari Institusi Poltekkes Kemenkes Maluku dan Prodi Keperawatan Tual untuk memajukan tingkat kesehatan masyarakat di Kepulauan Maluku serta mewujudkan Mahasiswa kesehatan yang berwawasan kebaharian.

(DISPEN LANTAMAL IX)

Facebook Comments
NEWS TNI DAN POLRI