Nabi Muhammad SAW Diutus Untuk Menyempurnakan Akhlak

Nabi Muhammad SAW Diutus Untuk Menyempurnakan Akhlak

TANGSEL,Citranewsindonesia – Akhkak budi pekerti Rasulullah SAW adalah budi pekerti yang dibentuk oleh Al-Quran, bukan karakter alamiah yang terpisah dari al-Quran. Dengan kata lain, budi pekerti (adab) Rasulullah SAW adalah Islam dan syariat. Akhlak Rasulullah SAW merupakan wujud dari ketaatan beliau terhadap perintah dan larangan Allah SWT. Beliau senantiasa mengerjakan apa yang diperintahkan Allah, dan meninggalkan apa yang dilarang oleh-Nya
.
Demikian petikan ceramah Kepala Kantor Kemenag Tangsel, Abdul Rojak, pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Jami’ Darusalam, Kompleks MA Pamulang Indah, Ahad malam (02/12/2018). Peringatan Maulid Nabi SAW ini dihadiri oleh ketua DKM Masjid Darusalam, Syahroni, ketua RW, Agus, tokoh masyarakat perumahan Pamulang Indah, Hamid Fahiri, dan jemaah masjid Darussalam.
.
Lebih lanjut, Kepala Kantor menegaskan tentang pentingnya meneladani akhlak nabi Muhammad SAW dalam seluruh aspek kehidupan sehari-hari, karena masalah yang terjadi saat ini adalah krisis keteladanan dan krisis moral.
.
“Akhlak yang baik sebagai bukti dari keimanan, dan akhlak yang buruk sebagai bukti atas lemahnya iman. Semakin sempurna akhlak seorang muslim, berarti semakin kuat imannya,” ujar Kepala Kantor.
.
Kepala Kantor juga menjelaskan bahwa akhlak yang baik adalah bagian dari amal shalih yang dapat menambah keimanan dan memiliki bobot yang berat dalam timbangan.
.
“Akhlak itu bukan hanya sebatas hubungan manusia dengan manusia, tetapi hubungan manusia dengan khaliqnya. Akhlak terikat dengan perintah dan larangan Allah, karena akhlak Rasulullah SAW itu adalah Al-Quran itu sendiri. Dengan demikian akhlak tidak bisa dipisahkan dari aqidah,” jelas Kepala Kantor di hadapan ratusan jemaah yang hadir.
.
“Itulah makna dari hadits yang menyatakan bahwa Rasulullah SAW diutus untuk menyempurnakan akhlak yang mulia/shalih. Semoga kita semua dapat terus meneladani beliau dalam kehidupan sehari-hari,” pungkas Kepala Kantor. (#af_m)

Facebook Comments
NEWS TANGERANG SELATAN