Disdukcapil Terima Kunjungan Kab.Tanjung terkait Pemanfaatan Data

Disdukcapil Terima Kunjungan Kab.Tanjung terkait Pemanfaatan Data

TANGSEL,Citranewsindonesia– Menjadi pilot project Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait pemanfaatan data, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) banyak dikunjungi oleh Kabupaten/Kota yang ada di Indonesia, untuk melihat mekanisme pemanfaatan data tersebut.

Seperti yang dilakukan Disdukcapil Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi, yang melakukan kunjungan kerja (kunker) di Disdukcapil untuk mengetahui mengenai pemanfaatan data tersebut.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi, Aruji, menjelaskan, kunjungan dirinya bersama kepala Kominfo Tanjung Jabung Timur dan staf Disdukcapil terkait penerapan aplikasi berbasis nomor induk kependudukan. “Kita ingin belajar di Disdukcapil terkait pemanfaatan data kependudukan ini, karena Disdukcapil Tangsel merupakan pilot project Kementerian,” ungkapnya.

BACA JUGA :   Bupati Rohil Melantik Lima Penghulu Kecamatan Tanjung Medan

Banyak pengetahuan dan inovasi yang didapat dalam kunjungan ini, seperti halnya inovasi Siduta atau sistem informasi data kependudukan. “Kita akan ingin mengadopsi siduta tersebut, dan diterapkan di Tanjung Jabung Timur,”katanya.

Kepala Bidang Pemanfaatan Data & Inovasi Pelayanan pada Disdukcapil, Ernawati, menjelaskan, semenjak menjadi pilot project banyak kabupaten/kota yang berkunjung ke Tangsel, mereka datang untuk melihat pemanfaatan data yang ada di Tangsel, serta inovasi apa saja yang sudah dilakukan di Tangsel.

BACA JUGA :   Surat Peringatan Tak DiIndahkan,Camat Bagan Sinembah Perintahkan Bongkar Habis.

“Mereka banyak menanyakan masalah pengelolaan jaringan di disdukcapil Tangsel seperti apa, dan aplikasi yang dibuat apakah sudah terintegrasi dengan kominfo atau belum, dan mereka juga ingin adopsi aplikasi siduta,”ungkapnya.

Banyak dari kabupaten/kota yang datang dan belajar, “Alhamdulillah, Disdukcapil Tangsel dipercaya oleh Kemendagri untuk pemanfaatan data ini, karena hanya Tangsel yang bisa langsung datanya terkoneksi kemendagri,”singkatnya.

Humas Kominfo

Facebook Comments
NEWS TANGERANG SELATAN