TINJAU OPERASI PENANGGULANGAN BERSAMA RUMPON, DIROPS SATGAS 115 KUNJUNGI LANTAMAL IX AMBON

AMBON,Citranewsindonesia– Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IX (Danlantamal IX) Ambon Laksamana Pertama TNI Nur Singgih Prihartono, S.E., M.Tr (Han)., menyambut kedatangan Direktur Operasi (Dirops) Satuan Tugas (Satgas) 115 Laksamana Pertama TNI Wahyudi Hendro Dwiyono, M.M., di Posko Penanggulangan Bersama Rumpon yang berada di Mako Lantamal IX Ambon. Rabu (20/12/2017).

Dirops Satgas 115 tiba di Lantamal IX bersama Direktur Operasi Laut (Diropsla) Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI Laksamana Pertama TNI Rahmat Eko Rahardjo, S.T., M.Tr (Han)., bertujuan untuk melaksanakan inspeksi dan supervisi serta kordinasi terhadap pelaksanaan kegiatan operasi penanggulangan bersama rumpon di Perairan Laut Seram Provinsi Maluku oleh Tim Satgas 115.

Dalam rangkaian kegiatan itu Asisten Operasi Guskamlatim Kolonel Laut (P) Ketut Budiantara mewakili Komandan Guskamlatim Laksamana Pertama TNI Agus Hariyadi memaparkan tentang operasi penyapuan rumpon Satgas 115 di Perairan Seram Provinsi Maluku.

Pada paparan itu disebutkan tugas pokok operasi ini adalah melaksanakan penyapuan dan pembersihan rumpon selama 30 hari di Laut Seram dalam rangka pemberantasan penangkapan ikan secara ilegal di Perairan Yurisdiksi Nasional.

BACA JUGA :   Soliditas TNI Dan Polres Lebak, Bubarkan Kerumunan Massa Dengan Tegas Dan Humanis

“Hasil Operasi penanggulangan bersama rumpon tahun 2017 di Perairan Maluku sampai dengan saat ini sementara sebanyak 60 buah rumpon terdiri dari rumpon jenis rakit, gabus, besi dan rumpon jenis drum, barang bukti berada di Lantamal IX, Stasiun PSDKP Ambon dan di KRI Soputan-923,” jelas Asops Guskamlatim.

Lebih lanjut dikatakan, operasi ini dilatarbelakangi keluhan dari masyarakat nelayan atas penangkapan ikan secara ilegal dengan alat bantu rumpon sehingga mengurangi hasil tangkapan nelayan tradisional di sekitar Laut Seram, seperti pernah diberitakan disebuah media nasional pada Bulan Januari yang lalu.

Pada kesempatan yang sama Dirops Satgas 115 mengatakan operasi penanggulangan bersama rumpon tahun 2017 ini merupakan pelaksanaan operasi rumpon yang kedua. Selain itu, dikatakan operasi rumpon tahun Ini merupakan prestasi yang luar biasa, karena dibandingkan dengan operasi tahun lalu mengalami peningkatan hingga dua kali lipat.

“Prestasi yang luar biasa, saya mewakili pimpinan Satgas 115 menyampaikan apresisasi dan terimakasih kepada tim Satgas 115 atas pelaksanaan tugas yang dilaksanakan dengan serius sehingga operasi rumpon tahun ini mengalami peningkatan dibanding tahun lalu,” ujar Dirops Satgas 115.

BACA JUGA :   Jaga Ketahanan Pangan, Wakil Wali Kota Tangsel Pilar : Kembangkan Urban Farming

Setelah menerima paparan, Dirops Satgas 115 didampingi Danlantamal IX serta seluruh tamu undangan meninjau barang bukti rumpon hasil operasi penanggulangan bersama rumpon di Perairan Laut Seram Provinsi Maluku oleh Satgas 115 yang berada di dermaga dan KRI Soputan-923 yang sandar di Dermaga Irian Lantamal IX.

Acara dihadiri oleh pimpinan instansi-intansi Maritim di Provinsi Maluku yang tergabung dalam Tim Satgas 115 meliputi para Asisten Danlantamal IX, Dirpol Airud Polda Maluku Kombes Pol Supeno Amir R., Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Timur Bakamla Vetty Vionna Salakay, S.H., M.si., Komandan KRI Soputan-923 Mayor Laut (P) Petrus Indra Cahyono, Dansatkamla Lantamal IX, Pilot Pesud P-851, Kepala Stasiun PSDKP Ambon Harlym Raya Maharbhakti, S.Pi, M.Si., dan perwakilan Dinas Kelautan dan Perikanan Maluku.

(DISPEN LANTAMAL IX).

Facebook Comments

YusmanH

UKW 2018

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

IKUTI CITRANEWS OK TERIMAKASIH