WABUP Nias Barat Dr. Era Era Hia, MM.,M.Si Buka RAKORPEMDA Kab.Nias Barat Tahun 2023

Nias Barat | Citranewsindonesia.com – Wakil Bupati Nias Barat Dr. Era-Era Hia, MM.,M,SI hadir sekaligus membuka Rapat Koordinasi Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Barat (RAKORPEMDA) Tahun 2023 bertempat di Aula Soguna ba Zato Onolimbu-Lahomi-Nias Barat-Senin, (20/2/2023).

Rapat koordinasi yang di gelar oleh Pemerintah Daerah Kabupaten ini bertujuan untuk membangun komunikasi lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Tujuan Rakor ini adalah untuk membangun komunikasi lintas OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Nias Barat serta mengambil langkah-langkah konrit dalam mengatasi permasalahan Nias Barat saat ini yaitu tingkat kemiskinan dan stunting yang tinggi,” Ucap Wabup dalam sambutannya.

Lebih lanjut Ketua DPD Golkar Nias Barat ini menjelaskan bahwa tingkat kemiskinan di Nias Barat saat ini mencapai 24,74 persen, sementara angka stunting 29,4 persen.

BACA JUGA :   Kapolres Tangsel Hadiri Safari Dakwah di Mako Polsek Cisauk

”Oleh karena itu Rakor ini menjadi penting agar masing-masing OPD saling berkoordinasi serta meningkatkan kinerja terutama OPD yang bersentuhan langsung terhadap pemberdayaan masyarakat,” Jelasnya

Dikatakannya juga bahwa langkah yang dilakukan pemerintah adalah menurunkan beban masyarakat dan mengupdate data terpadu kesejahteraan sosial.

”Salah satu yang harus dilakukan oleh pemerintah adalah menurunkan beban masyarakat melalui program yang sudah berjalan selama ini seperti pemberian PKH dan BLT. Oleh karenanya dinas terkait agar mengupdate Data Terpadu Kesejahteraan Sosial agar tidak ada yang terlewatkan masyarakat yang benar-benar membutuhkan bantuan,” tegasnya

”Pemerintah wajib berupaya meningkatkan pendapatan masyarakat, salah satunya melalui kegiatan padat karya pada kegiatan proyek dana desa. Setiap dana desa dikerjakan oleh warga desa dan tidak boleh menggunakan padat modal seperti penggunaan peralatan Beko. Ini tujuannya agar masyarakat memiliki kesempatan untuk mendapatkan penghasilan,”tuturnya.

BACA JUGA :   Komsos Di Bulan Puasa, Babinsa Jalin Silaturahmi Dengan Tokoh Pemuda

Langkah ketiga adalah melalui upaya menimalisasi kantong kemiskinan. OPD memastikan nama dan alamat yang masuk kategori miskin dan stunting kemudian pemerintah menjadikan mereka sebagai sasaran perhatian utama dalam program pemerintah, ucap Doktor Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta ini.

Berdasarkan pemantauan media masa, Rakor ini berjalan dengan baik dan akhirnya disepakati perlu adanya aksi percepatan penurunan kemiskinan dan stunting di Nias Barat.

Selain Wakil Bupati Nias Barat, hadir juga Sekda, para Staf Ahli, Asisten, Kepala Dinas dan sejumlah Pegawai dan staf lainnya.

Facebook Comments

Alexander zai

KEPALA BIRO

Mungkin Anda Menyukai

IKUTI CITRANEWS OK TERIMAKASIH