Polda Banten Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila, Bangkit Bergerak Bersama Pancasila

Polda Banten Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila, Bangkit Bergerak Bersama Pancasila

BANTEN | citranewsindonesia.com – Polda Banten menggelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila yang diikuti 400 personel gabungan dari Polri dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lapangan Apel Polda Banten pada Sabtu (01/10).

Bertindak selaku Inspektur Upacara Kapolda Banten Irjen Pol Prof. Dr. Rudy Heriyanto, Komandan Upacara Wadansat Brimob Polda Banten AKBP Hadi Saepul Rahman. Turut hadir Wakapolda Banten Brigjen Pol Drs. Ery Nursatari dan Pejabat Utama Polda Banten.

Adapun tema pada Hari Pancasila kali ini adalah Bangkit Bergerak Bersama Pancasila. Jalannya upacara diawali dengan pembacaan teks Pancasila oleh Inspektur Upacara, kemudian pembacaan naskah pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 oleh AKBP Syamsul Bahri dan dilanjutkan dengan pembacaan naskah ikrar oleh AKBP Umi Indrajayanti.

BACA JUGA :   Koptu Hadi Purnomo Hadir Bantu Proses Perontokan Padi Hasil Panen

Ditemui dilokasi, salah satu Dirpamobvit Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi mengungkapkan jika upacara ini digelar serantak. “Hari ini secara serentak seluruh Indonesia Polda jajaran melaksanakan upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila,” kata Edy.

Tujuan digelarnya upacara ini adalah untuk memperingati jasa para pahlawan yang telah gugur. “Tujuan dilaksanakannya upacara ini adalah untuk memperingati bagaimana Pancasila diperjuangkan oleh pendahulu kita yang gugur sekaligus mencegah rongrongan dari dalam dan luar negeri yang dahulu pernah dialami bangsa Indonesia,” tambah Edy.

BACA JUGA :   LANTAMAL IX PERINGATI HARI KESAKTIAN PANCASILA 1 OKTOBER 2018

Terakhir, Edy berharap masyarakat dapat menjaga dan memeliharabkeutuhan Pancasila sebagai ideologi bangsa. “Harapannya dengan upacara Hari Kesaktian Pancasila ini kita semakin menumbuh kembangkan semangat mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia serta ikut memelihara keutuhan Pancasila. Mari kita jaga dan bangkit bersama memelihara Pancasila. Karena kita hidup di Negara Indonesia yang memilliki keragaman, banyak suku bangsa sehingga kita harus mempererat persatuan dan kesatuan,” tutup Edy.

(Bidhumas)

Facebook Comments
BANTEN NEWS