Bijak Menyikapi Kelebihan dan Kekurangan Pinjaman Online

JAKARTA | Citranewsindonesia.com — Mungkin beberapa waktu belakangan ini, kamu sering dikejutkan oleh pesan singkat yang masuk dalam telepon genggam. Pesan yang berisi penawaran singkat tentang solusi mengatasi permasalahan keuangan berupa pinjaman uang online. Solusi yang terkadang bisa menjebak seseorang dalam persoalan baru, jika kurang bijak menyikapi kelebihan dan kekurangan
pinjaman dana online itu sendiri.

Sekilas penawaran pinjaman online tersebut sangat menarik perhatian. Sehingga terkadang tanpa pikir panjang, kamu pun tergoda mencobanya, atau langsung memanfaatkannya untuk mengatasi problem keuangan. Padahal, produk keuangan satu ini, memiliki kelebihan dan kekurangan yang wajib kamu ketahui, agar kedepannya lebih bijak menyikapinya.

Kelebihan Dan Kekurangan Pinjaman Dana Online Sebelum kamu memanfaatkan fasiitas ini, yuk pelajari terlebih dahulu, kelebihan dan kekurangan pinjaman dana online ini agar tak menjadi persoalan baru di kemudian hari. Kelebihan Pinjaman Online

1. Mudahnya Persyaratan
Mayoritas pinjaman uang secara online hanya meminta kelengkapan dokumen, berupa data diri seperti KTP sebagai persyaratan utama. Tanpa jaminan lain seperti sertifikat rumah atau kendaraan bermotor. Berbekal data diri dan mengisi formulir pengajuan pinjaman, maka kamu sudah bisa meminjam uang untuk kebutuhan atau mengatasi masalah keuangan.

2. Proses Cepat Dan Tidak Rumit
Proses pencairannya pun terbilang cukup cepat dan tidak terlalu rumit. Tak ada survey kondisi keluarga, jumlah penghasilan, lokasi tempat tinggal dan prosedur lain seperti pinjaman pada umumnya. Hanya dalam waktu singkat setelah meneliti keakuratan data, menunggu persetujuan, maka uang pinjaman langsung masuk ke rekening kamu.

3. Untuk Berbagai Kebutuhan
Pinjaman dana online ini bisa digunakan untuk keperluan apapun. Seperti tambahan biaya pendidikan, dana berobat, tambahan kebutuhan renovasi rumah atau keperluan lainnya. Berbeda dengan jenis pinjaman lainnya seperti kredit kepemilikan rumah, kredit usaha rakyat atau kredit kendaraan bermotor yang jelas peruntukannya, dan tidak bisa dialihkan untuk kebutuhan lainnya.

Kekurangan Pinjaman Dana Online Di balik kelebihan yang ada, pinjaman dana online juga memiliki kekurangan diantaranya :

1. Memiliki Batas Nominal Pinjaman
Pinjaman online memiliki batas maksimal pinjaman yang tidak terlalu besar. Terkadang hanya sampai dengan maksimal sebesar antara dua hingga tiga puluh juta rupiah saja.Sehingga pinjaman online ini sangat tidak cocok untuk kamu, yang hendak membeli rumah atau mendirikan usaha bermodal besar.

2. Perhitungan Bunga
Perhitungan bunga dihitung secara harian. Nominal suku bunga yang ditawarkan biasanya kecil. Namun jika terakumulasi selama satu bulan, maka otomatis bunga tersebut pada akhirnya terlihat besar dan memberatkan. Dan hal ini sangat berpengaruh ketika masa angsuran cukup lama hingga lunas nanti.

3. Masa Angsuran
Masa angsuran pinjaman tidak terlalu lama. Berbeda dengan pinjaman lain yang dapat diangsur dalam jangka waktu lama, terkadang pinjaman online maksimal hanya menyediakan waktu hingga enam bulan kedepan. Tentunya jika kamu tidak mengatur keuangan dengan baik, maka bukan tidak mungkin pinjaman ini akan mempersulit kondisi keuangan di masa mendatang.

4. Rawan Kejahatan Penipuan
Apabila tidak mempunyai cukup informasi terkait penyedia fasilitas pinjaman online ini, maka kamu wajib waspada akan rawannya tindak kejahatan penipuan yang bisa saja terjadi. Terlebih untuk jasa penyedia pinjaman yang tidak berada dalam pengawasan negara, alamat tidak jelas, dan tidak mempunyai situs resmi yang bisa diakses. Tentunya akan menjadi kekhawatiran tersendiri, jika sudah memutuskan menggunakan jasa pinjaman online tersebut.

Terkait dengan pinjaman dana online, saat ini banyak sekali aplikasi yang bisa diunduh secara gratis, sebagai upaya mendukung program penyedia pinjaman tersebut. Seperti aplikasi Tunaiku, yang bisa kamu unduh secara gratis di Playstore.

Tunaiku adalah aplikasi penyedia jasa pinjaman online yang diluncurkan tahun 2014, dan merupakan produk unggulan dari PT Bank Amar Indonesia. Dengan persyaratan mudah, proses cepat, suku bunga terjangkau, maka Tunaiku dapat menjadi pilihan kamu yang ingin mengajukan pinjaman online.

Tak hanya itu. Kamu dapat mengajukan pinjaman uang di aplikasi Tunaiku hingga dua puluh juta rupiah lho. Masa angsurannya pun hingga dua puluh bulan. Tak ada biaya lain yang harus kamu sediakan untuk pengajuan pinjaman ini. Jaminan keamanan pun tetap kamu dapatkan, karena Tunaiku berada dalam pengawasan Otoritas Jasa Keuangan, yang berwenang mengawasi semua lembaga keuangan di Indonesia.

Jadi, apakah kamu berencana untuk mengajukan pinjaman online? Kamu tetap harus bijak menyikapi kelebihan dan kekurangan pinjaman dana online yang ada. Setelah melalui perencanaan matang, yuk segera unduh aplikasi Tunaiku, dan dapatkan segera solusi permasalahan keuangan kamu. (***)

Facebook Comments

Redaksi

***

Mungkin Anda Menyukai

IKUTI CITRANEWS OK TERIMAKASIH