Timun Suri Buah Lokal Kaya Manfaat Dan Pelepas Dahaga Di Bulan Ramadhan

Timun Suri Buah Lokal Kaya Manfaat Dan Pelepas Dahaga Di Bulan Ramadhan

Kota Tangerang,Citranewsindonesia.com- Timun Suri adalah buah musiman yang biasa muncul saat bulan Ramadan. Buah Timun Suri menjadi primadona saat berbuka puasa, daging buahnya yang berwarna putih dan bertekstur lembut, semakin memanjakan lidah para penikmatnya. Terlebih bila sudah dicampur dengan es dan sirop, es Timun Suri bisa melegakan tenggorokan saat berbuka puasa. Buah yang memiliki nama ilmiah Cucumis Sativus ini, nyatanya memiliki banyak manfaat. Oleh karena itu, bisa menjadi buah wajib saat berbuka puasa selain kurma. 

 

Adalah Mak Icot (53) warga Kelurahan Sudimara Pinang, Kecamatan Pinang, kota Tangerang, saat disambangi oleh reporter Citranewsindonesia.com pada Kamis (17/05/2018) siang, mengaku dirinya sudah puluhan tahun setiap memasuki bulan Ramadhan, bersama para tetangga lainya di Sudimara Pinang, berjualan buah musiman Timun Suri disepanjang jalan raya pintu gerbang utara Graha Raya, Sudimara Pinang, Kota Tangerang.

“Timun Suri itu buah khas masyarakat Betawi yang ditanam tiap menjelang bulan puasa, Timun Suri memiliki kulit buah tipis berwarna kuning dan katanya mengandung vitamin A dan vitamin C. Kandungan vitamin A dan C bisa menyegarkan tubuh dan memulihkan stamina yang hilang usai berpuasa. Buah Timun Suri ini katanya juga kaya serat larut, sehingga bisa menyehatkan organ pencernaan dan menghindarkan dari sembelit serta kanker usus,” terangnya.

Lebih lanjut Mak Icot menambahkan bahwa, Timun Suri juga dapat menurunkan resiko Kanker, karena mengandung Antioksidan alami. Meskipun rendah gula, Timun Suri bisa menjadi sumber energi lantaran mudah dicerna tubuh. Buah Timun Suri juga mengandung glukosa dan fluktosa yang baik untuk tubuh. 

Kandungan air dan serat yang tinggi, membuat timun sari jadi ‘alat’ detoksifikasi untuk tubuh. Racun-racun dalam tubuh akan keluar melalui urin atau feces, setelah mengkonsumsi timun suri. Selain itu, timun suri mengandung asam linoleat yang bisa menurunkan risiko penyakit jantung.  

“Timun Suri sangat mudah diolah, cukup dikupas kulitnya kemudian dipotong-potong, campur Timun Suri dengan air Kelapa muda dan sirop atau susu kental manis, dan biar makin segar, bisa ditambah es. Es Timun Suri sangat segar untuk melepas dahaga setelah kita berpuasa,” pungkas Mak Icot.(BTL)
Facebook Comments
NEWS TANGERANG SELATAN