Pj Gubernur Al Muktabar : Pemprov Banten Dukung Pengembangan Energi Baru Terbarukan

Pj Gubernur Al Muktabar : Pemprov Banten Dukung Pengembangan Energi Baru Terbarukan

BANTEN | Citranewsindonesia.com – Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan, Pemerintah Provinsi Banten mendukung pengembangan energi baru terbarukan. Salah satunya, pengembangan listrik.tenaga panas bumi atau geothermal di kawasan Rawa Dano, Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang.

“Prinsipnya ini adalah PSN (Proyek Strategis Nasional, red) yang sebenarnya banyak hal-hal yang berdampak positif bagi masyarakat,” kata Al Muktabar usai mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) di Ruang Rapat Lantai 2 Utara, Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi Jalan M.H Thamrin No. 8, Jakarta Pusat, Senin (13/2/2023).

Dikatakan, untuk bisa diterima oleh seluruh lapisan masyarakat, pihaknya bersama Forkopimda Provinsi Banten dan Kabupaten Serang akan mengintensifkan komunikasi dengan warga sekitar. Karena Al Muktabar menyadari kunci suksesnya program Pemerintah itu diantaranya bisa diterima oleh masyarakat.

BACA JUGA :   45 Anggota DPRD Sergai Periode 2019-2024 Resmi Dilantik

Rapat yang dipimpin oleh Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi M. Rachmat Kaimuddin itu juga dihadiri oleh Bupati Serang Tatu Chasanah, Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho, Komandan Korem 064/Maulana Yusuf Brigjen TNI Tatang Sobarna, Komandan Kodim 0602/Serang Letkol ARM Fajar Catur Prasetyo, Kapolres Serang Kota Kombes Pol Nugroho Arianto, Plt Kepala Dinas ESDM Provinsi Banten Deri Dariawan, serta perwakilan dari Kejati Banten dan Kejari Serang serta Direktur Utama PT Sintesa Banten Geothermal Shinta Widjaja Kamdani.

Al Muktabar melanjutkan, Provinsi Banten ditunjuk sebagai lokasi PSN PLTP sejak 11 tahun lalu, karena berdasarkan kajian ilmiah, mempunyai potensi besar untuk pengembangan energi baru terbarukan dengan melalui panas bumi.

BACA JUGA :   Pengurus DPD LAN Provinsi Riau Periode 2019-2024 Resmi Dilantik

“Kita semua akan melakukan komunikasi yang baik dengan masyarakat, termasuk juga pihak dari pengembang. Mudah-mudahan nanti tidak ada hal mendasar yang menjadikan kita semua terdikotomi, sehingga ini bisa dipahami bersama bahwa PSN ini bermanfaat bagi masyarakat,” jelasnya.

Plt Kepala Dinas ESDM Provinsi Banten Deri Dariawan menambahkan, PLTP ini merupakan langkah Pemerintah dalam mengurangi emisi gas karbon yang saat ini programnya tengah digalakkan. Sehingga PSN ini sangat strategis untuk dikembangkan di Provinsi Banten.

“PLTP ini dalam pelaksanaannya sangat patuh terhadap SOP, sehingga dampak negatifnya bisa diminimalisir,” katanya.

Facebook Comments
BANTEN NEWS