Bupati Nias Barat Terima Hadiah Kejuaraan Lomba Inovasi Daerah Provinsi Sumatera Utara Tahun 2022

Bupati Nias Barat Terima Hadiah Kejuaraan Lomba Inovasi Daerah Provinsi Sumatera Utara Tahun 2022

Nias Barat | Citranewsindonesia.com – Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu menerima hadiah dan penghargaan atas prestasi yang diraih oleh Kabupaten Nias Barat pada lomba Inovasi Daerah Provinsi Sumatera Utara Tahun 2022, yang diserahkan langsung oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi di Aula Tengku Rizal Nurdin – Selasa, (06/12/2022).

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Badan Penelitian dan Pengembangan sebelumnya telah menetapkan Nias Barat sebagai Juara Harapan I Lomba Inovasi Daerah Kategori Kabupaten/Kota Provinsi Sumatera Utara dengan Inovasi Aplikasi Santunan Duka.

Ketua Dewan Juri Lomba Inovasi Daerah Provinsi Sumatera Utara Prof. Dr. Ir. Harmein Nasution, MSIE, IPU., menyampaikan bahwa Lomba Inovasi Daerah dapat meningkatkan manajemen atas inovasi yang dikelola secara profesional untuk mencapai tujuan yang diharapkan, selain itu Lomba Inovasi Daerah bisa menjadi memotivasi untuk mempercepat pertumbuhan kinerja organisasi.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dalam arahannya mengatakan bahwa Lomba Inovasi Daerah mendorong agar OPD dan Daerah Kabupaten/Kota dapat terus menciptakan inovasi-inovasi.

“Inovasi ini membuat sesuatu dari tidak ada menjadi ada dan bermanfaat bagi orang lain,” ujar Gubernur Edy Rahmayadi dalam arahannya.

BACA JUGA :   Untuk Membentuk Karakter Dan Mental Personel, Satbrimob Polda Banten Rutin Laksanakan Binrohtal

Atas prestasi yang diraih oleh Kabupaten Nias Barat sebagai Juara Harapan I pada lomba inovasi daerah di 33 Kabupaten/Kota se Sumatera Utara, Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu menyampaikan bahwa penghargaan yang diraih adalah hasil dari kerja keras dan kerjasama seluruh OPD di Kabupaten Nias Barat.

“Hari ini Kabupaten Nias Barat mendapat penghargaan sebagai Juara Harapan I Lomba Daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Utara. Prestasi ini merupakan hasil kerja keras dan kerjasama semua pihak. Kiranya hal ini menjadi motivasi bagi seluruh OPD dan seluruh jajaran ASN untuk lebih meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat”, ujar Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu.

Sebagaimana diketahui bahwa pada pelaksanaan Lomba Inovasi Daerah Provinsi Sumatera Utara Tahun 2022, Kabupaten Nias Barat mengikutkan 3 inovasi yang telah digagas dan diimplementasikan sejak awal pemerintahan Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu, yaitu Ambulance Gratis 24 Jam Soguna ba Zato, Sistem Informasi Pelayanan Media Massa (SIPMASS) dan Santunan Duka.

BACA JUGA :   YULI ZAKI ISKANDAR PIMPIN KEMBALI PKK KAB. TANGERANG BANTU SUKSESKAN 15 PROGRAM UNGGULAN.

Adapun program pemberian Santunan Duka merupakan program yang digagas oleh Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu yang dilatarbelakangi oleh rasa kepedulian untuk mengurangi beban bagi keluarga yang mengalami duka.

Untuk membantu mempercepat pelaporan data kematian dan mempercepat penyaluran santunan duka kepada keluarga yang mengalami duka, pemerintah Kabupaten Nias Barat telah membangun Aplikasi Santunan Duka berbasis website yang dikelola oleh Bagian Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Nias Barat.

Pemberian santunan duka tersebut sangat bermanfaat dan berdampak bagi masyarakat terutama untuk membantu memenuhi pembiayaan pemakaman seperti biaya peti mati, biaya acara adat, dan kemudahan pengurusan dokumen kematian. Disamping itu juga masyarakat dapat merasakan kehadiran pemerintah daerah pada setiap kondisi yang mereka alami, dan bukti kepada masyarakat bahwa pemerintah daerah hadir untuk berbuat dan melayani masyarakat untuk SOGUNA BA ZATO.

(Alexander Zai)

Facebook Comments
NEWS NIAS BARAT