Dinas Komunikasi dan Informatika Nias Barat Berharap Media Harus Berimbang Dalam Menulis Berita

Dinas Komunikasi dan Informatika Nias Barat Berharap Media Harus Berimbang Dalam Menulis Berita

NIAS BARAT | Citranewsindonesia.com – Sekretaris Dinas Kominfo Nias Barat, Sonifati Zebua, M.M mengharapkan agar dalam pemberitaan media hendaknya berimbang dan memenuhi unsur penulisan berita. Hal tersebut disampaikan di kantornya Sabtu, (28/5/2022) menyusul akhir-akhir ini banyak media menyajikan berita yang terkesan tidak berimbang dan banyak menimbulkan kebingungan.

Menurut Sonifati Zebua, perkembangan teknologi informasi yang pesat menyebabkan transformasi dan pertukaran informasi kepada masyarakat melalui media sangat pesat juga. Untuk itu, kita dituntut memanfaatkan hal tersebut ke arah yang positif, untuk menambah pengetahuan, memperluas wawasan, menyebarkan nilai-nilai positif, nilai-nilai optimisme, nilai-nilai kejujuran dan fakta.

BACA JUGA :   Bupati Dan Wabup Terpilih Nias Barat, Bertemu Masyarakat Nias Barat Di Depok

Disadari juga bahwa pesatnya perkembangan teknologi informasi juga memberikan dampak yang negatif bagi masyarakat. “Kita saksikan akhir-akhir ini banyak beredar informasi melalui pemberitaan media yang tidak berimbang, tidak jelas siapa narasumbernya, terkesan menyudutkan salah satu pihak bahkan menyajikan data dan informasi yang tidak benar,” katanya.

Berdasarkan kondisi tersebut, Ia berharap jurnalis harus menjadi ujung tombak dalam mengedukasi masyarakat dalam penyampaian informasi yang benar dan akurat sehingga masyarakat tidak terjerumus dari informasi yang tidak benar (hoax).

BACA JUGA :   Kadis PMD Nias Barat , Hadiri Pelatihan BPD Di Kecamatan Mandehe

Ditambahkan bahwa “Jurnalis harus profesional dan berimbang dalam memberitakan sesuatu dengan cara menyajikan pemberitaan yang baik, tepat, aktual dan edukatif serta mengedepankan ketentuan yang berlaku,” harapnya.

(Alexander Zai).

Facebook Comments
KEPULAUAN NIAS NEWS NIAS BARAT